Kunci Jawaban Prediksi 2 Soal TKD SOSHUM 2018

Jumat, Februari 23, 2018
 Kunci Jawaban Prediksi 2 Soal TKD SOSHUM
untuk Soal Prediksi dapat dilihat di Prediksi 2 Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018 dan Kunci Jawaban

1.    Pembahasan CERDAS:
Pada tanggal 19 Agustus 1945 PPKI mengadakan sidang lanjutan dan berhasil mengambil keputusan penting. Salah satu hasil keputusan tersebut adalah membentuk kementerian yang terdiri atas 12 kementerian yang me-mimpin departemen dan 4 menteri non departemen.
----------------------------------Jawaban: A
2.    Pembahasan CERDAS:
Pada tahun 1908 Soetan Kasajangan Soripada dan R.M Noto Soeroto memprakarsai berdirinya Indische vereniging. Selanjutnya, pada tahun 1913 Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hajar Dewantara masuk dan menjadikan Indische vereniging alat pergerakan na-sional.
----------------------------------Jawaban: D

3.    Pembahasan CERDAS:
Penemuan fosil manusia purba men-dapatkan titik temu ketika von Konigswald melakukan penelitian pada tahun 1936. Dengan bantuan warga, von Konigswald menemukan fosil ma-nusia jenis Homo erectus. Oleh karena fosil tersebut merupakan temuan fosil pertama, fosil itu diberi kode S1 (Sa-ngiran 1).
----------------------------------Jawaban: E

4.    Pembahasan CERDAS:
Masyarakat pada masa perundagian sudah mengenal sistem pembagian kerja berdasarkan kemampuan tiap-tiap individu. Golongan undagi, khususnya golongan yang ahli dalam pembuatan logam memiliki kedudukan terpandang dalam masyarakat.
----------------------------------Jawaban: E

 5.   Pembahasan CERDAS:
Sebelum budaya HinduBuddha masuk, masyarakat Indonesia dipimpin oleh kepala suku. Setelah budaya Hindu Buddha masuk, kedudukan kepala suku digantikan oleh raja. Kedudukan raja tidak lagi dipilih oleh masyarakat tetapi diwariskan secara turun temurun. Dalam ajaran Hindu, raja merupakan sosok yang dianggap sebagai titisan dewa. Oleh karena itu, raja memiliki kekuasaan yang besar.
----------------------------------Jawaban: A
6   Pembahasan CERDAS:
Menurut prasasti Mantyasih, Rakai Pa-nunggalan berkuasa di Mataram Kuno menggantikan Rakai Panangkaran. Selama berkuasa di Mataram Kuno, Rakai Panunggalan membangun banyak candi megah seperti candi Sewu, candi Sari, candi Pawon, candi Mendut, dan candi Borobudur. Akan tetapi, candi Borobudur selesai dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga (812– 833).
----------------------------------Jawaban: B
7.    Pembahasan CERDAS:
Pada masa pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi (1328–1350), Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Majapahit. Dalam upacara pelantikan tersebut Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Dalam sumpahnya tersebut Gajah Mada berjanji tidak akan menikmati kesenangan sebelum mampu menyatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Sumpah ini menunjukkan tekad kuat Gajah Mada untuk menciptakan persatuan wilayah Indonesia. Berbekal tekad yang kuat, Gajah Mada berusaha mewujudkan cita-citanya ini.
----------------------------------Jawaban: E
8    Pembahasan CERDAS:
Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa, Banten mencapai puncak kejayaan. Akan tetapi, setelah terjadi perselisihan dengan putranya, Sultan Haji, kondisi politik dan ekonomi Banten menjadi kacau. Dalam konflik internal tersebut VOC memihak Sultan Haji karena menginginkan hak monopoli perdagangan di Banten.
----------------------------------Jawaban: C
9    Pembahasan CERDAS:
Salah satu perlawanan di Kerajaan Ma-taram adalah pemberontakan Pangeran Mangkubumi. Perlawanan tersebut dilakukan karena merasa tersinggung oleh Gubernur Jenderal van Imhoff yang mengatakan bahwa perjuangan Pangeran Mangkubumi menumpas perlawanan Raden Mas Said hanya untuk mencari kekuasaan.
----------------------------------Jawaban: E
10.    Pembahasan CERDAS:
Di bawah kepemimpinan Alfonso d’Al-buquerque, Portugis berhasil menguasai bandar Goa pada tahun 1510. Selanjutnya, bandar Goa dijadikan mar-kas besar Portugis. Setelah berhasil menguasai Goa, Portugis mulai meng-incar Malaka. Pada tanggal 10 Agustus 1511 Portugis berhasil menaklukkan Malaka dan Alfonso d'Albuquerque di-angkat sebagai penguasa di Malaka.
----------------------------------Jawaban: B

11.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Pada masa Orde Baru ABRI mulai diberi peran untuk terlibat dalam politik melalui jatah 20% dalam keanggotaan DPR. Selain itu, Golkar menjadi partai pendukung pemerintah. Kedua unsur tersebut merupakan pendukung utama kebijakan pemerintah.
Alasan: benar
Dominasi ABRI dan Golkar dalam DPR menjadikan DPR tidak berfungsi sebagai alat kontrol pemerintahan yang dijalankan presiden. 
----------------------------------Jawaban: A

12    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Salah satu agenda reformasi adalah a-man¬demen UUD 1945. Munculnya agenda tersebut disebabkan UUD 1945 belum sempurna dan rentan diselewengkan. Salah satu buktinya adalah belum ada pasal yang mengatur tentang masa jabatan presiden. 
Alasan: salah
Indoktrinasi yang dilakukan pemerintah Orde Baru adalah indoktrinasi Pancasila.
----------------------------------Jawaban: C

13    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: Salah
Dalam sistem tanam paksa, pemerintah kolonial Belanda memberikan cul-tuurprocenten bagi penguasa pribumi yang mampu menyetorkan hasil lebih banyak. Hal tersebut semakin menimbulkan penderitaan rakyat Indonesia.
Alasan: Benar
Adanya sistem cultuurprocenten memaksa penguasa pribumi berusaha me¬-ningkatkan setorannya dengan me-lakukan penekanan kepada petani da-lam penyerahan hasil panen.
----------------------------------Jawaban: D

14    Pembahasan CERDAS:
    Pembentukan PRRI muncul sebagai bentuk ketidakpuasan pemerintah daerah terhadap sistem pemerintahan terpusat dan pengaruh komunis dalam pemerintahan. Adapun tokoh sipil yang terlibat dalam pembentukan PRRI antara lain Soemitro Djojo¬hadi¬kusumo, Syafruddin Prawiranegara, dan Burhanuddin Harahap. Jadi, jawabannya adalah A.
----------------------------------Jawaban: A

15    Pembahasan CERDAS:
Masa Demokrasi Terpimpin berlang-sung sejak keluarnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Corak politik yang muncul pada masa Demokrasi Terpimpin an-tara lain kebebasan partai politik yang dibatasi serta sentralisasi kekuasaan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Jadi, jawaban-nya adalah B.
----------------------------------Jawaban: B

16    Pembahasan CERDAS:
Prinsip korologi menjelaskan fenomena geografi dengan menggabungkan prinsip interelasi, prinsip distribusi, dan prinsip deskripsi. Aplikasi ketiga prinsip tersebut dalam menganalisis fenomena pada soal yaitu prinsip interelasi menjelaskan mengenai penyebab tanah di daerah sekitar gunungapi subur. Prinsip distribusi menjelaskan distribusi tanah subur yang berada di sekitar gunungapi. Prinsip deskripsi menjelaskan mengenai tanah subur secara keseluruhan.
----------------------------------Jawaban: C

17    Pembahasan CERDAS:
Gerakan tektonik selalu mengakibat-kan terjadinya gempa, baik itu gerakan konvergen, divergen, maupun trans-form. Gerakan divergen mengakibatkan terbentuknya tanggul dasar samudra. Gerakan konvergen memicu terbentuknya palung laut dan gunungapi. Gerakan transform dapat mengaki¬bat-kan terbentuknya dekstral.
----------------------------------Jawaban: E

18    Pembahasan CERDAS:
Banyak ilmuwan berpendapat bahwa ledakan besar menjadi awal terbentuknya jagat raya. Menurut teori Dentuman Besar (Big Bang), jagat raya pada mulanya adalah massa sangat besar yang memiliki massa jenis sangat besar pula. Reaksi inti menyebabkan massa tersebut meledak dahsyat dan mengembang sangat cepat dengan menjauhi pusat ledakan. Bintang yang terbentuk dan memiliki gravitasi terkuat menjadi pusatnya. Jagatraya yang memiliki sifat mengembang tersebut yang menjadi ciri khas dari Teori Big Bang sehingga dikatakan sebagai teori yang dinamis.
----------------------------------Jawaban: E

19    Pembahasan CERDAS:
Pelapukan mekanik atau pelapukan fi-sik merupakan proses penghancuran batuan secara fisik tanpa mengalami perubahan kimiawi. Air laut yang meresap melalui pori-pori batu karang mengubah susunan pori-pori tersebut. Pori-pori akan semakin besar dan la¬ma-kelamaan dapat hancur. Kenaikan suhu dapat menyebabkan air dalam batuan memuai. Jika air dalam batu memuai menyebabkan batuan terkikis hancur menjadi batuan pasir.
----------------------------------Jawaban: C
20    Pembahasan CERDAS:
Infiltrasi adalah meresapnya air ke da-lam tanah. Proses infiltrasi dipengaruhi oleh kemiringan lereng dan permeabilitas tanah. Semakin tinggi kemi-ringan lereng, maka proes infiltrasi akan semakin cepat, karena kemiringan lereng sangat memengaruhi kecepatan aliran air. Permebilitas tanah merupakan kemampuan tanah untuk dapat menyerap air, semakin tinggi tingkat permeabilitas tanah, maka akan sema-kin mudah tanah dalam melakukan infiltrasi.
----------------------------------Jawaban: B

21    Pembahasan CERDAS:
Arus Kurosiwo merupakan arus panas sedangkan arus Oyasiwo merupakan arus dingin. Pertemuan kedua arus tersebut mengakibatkan plankton dapat berkembang biak dengan baik. Plankton merupakan makanan ikan di laut sehingga ikan-ikan banyak yang terkonsentrasi di antara pertemuan dua arus tersebut karena banyak mendapatkan makanan.
----------------------------------Jawaban: B

22    Pembahasan CERDAS:
Fisiografi merupakan berkaitan dengan ketinggian tempat dan bentuk suatu wilayah. Faktor fisiografi yang ber-pengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di Bumi yaitu relief, ketinggian  tempat, dan letak. Semakin tinggi suatu tempat, maka semakin rendah suhu udaranya sehingga ha¬nya flora dan fauna tertentu yang dapat hidup di daerah tersebut.
----------------------------------Jawaban: A

23    Pembahasan CERDAS:
Pertumbuhan penduduk Indonesia yang tidak terkendali mengakibatkan permasalahan lapangan kerja dan tempat tinggal. Semakin tinggi jumlah penduduk, maka kebutuhan lapangan pekerjaan dan tempat tinggal semakin tinggi. Sayangnya, di Indonesia belum dapat mengimbangi hal tersebut se-hingga banyak terjadinya pengangguran akibat kurangnya lapangan kerja dan banyak permukiman kumuh akibat kurangnya tempat tinggal yang terjangkau dan memadai.
----------------------------------Jawaban: B

24    Pembahasan CERDAS:
Bahan galian golongan A merupakan golongan bahan galian yang memiliki nilai strategis untuk perekonomian negara. Contoh bahan galian A adalah minyak bumi, gas alam, nikel, dan batu bara.
----------------------------------Jawaban: E

25    Pembahasan CERDAS:
Penangkapan ikan dengan jala adalah salah satu pemanfaatan sumber daya laut yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut dikarenakan penangkapan ikan menggunakan jala hanya akan menjaring ikan-ikan yang besar saja, sedangkan ikan yang masih kecil mendapatkan kesempatan untuk besar dan berkembang biak, sehingga keberadaan ikan tidak akan cepat punah. 
----------------------------------Jawaban: E

26    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan dan alasan benar, kedua-nya saling berhubungan. Membuat sumur resapan dan penghijauan dapat mencegah banjir karena air hujan akan dengan mudah ditampung pada sumur resapan. Penghijauan akan membantu tanah dalam menyerap air dengan mudah sehingga potensi terjadinya banjir dapat diminimalisasi.
----------------------------------Jawaban: A

27    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan dan alasan benar, kedua-nya saling berhubungan. Peta tata guna lahan berisi tentang perencanaan dan tata guna lahan di suatu daerah sehingga cocok digunakan untuk membuat suatu perencanaan pembangunan wilayah.
----------------------------------Jawaban: A

28    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1) dan (3). SIG merupakan suatu sistem informasi keruangan yang mampu menyajikan data geospasial dengan keunggulan sebagai berikut.
    Data dapat dipanggil dengan cepat.
    Mampu menghasilkan visualisasi yang baik terhadap data spasial dan atributnya.
    Data dapat diubah dan dianalisis secara cepat, tepat, dan efisien.
    Semua operasi SIG dapat dilakukan secara interaktif.
    Mudah ditransformasikan dalam berbagai jenis data.
----------------------------------Jawaban: B

29    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (2) dan (4). Desa swakarya menunjukkan kondisi desa yang sedang berkembang (mengalami transisi). Pa-da tahap ini kondisi desa mulai dimasuki pengaruh dari luar dan mendapat bantuan dana pembangunan dari pemerintah. Bantuan dana pemerintah berfungsi sebagai perangsang perkembangan desa. Mata pencaharian penduduk mulai bervariasi (heterogen) dan lembaga pemerintahan sudah mulai berkembang baik. Desa swakarya umumnya berada di dataran rendah, terletak cukup jauh dari kota, dan me-miliki jaringan transportasi yang baik menuju kota.
----------------------------------Jawaban: C
30    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1), (2), dan (3). Karakteristik negara maju yaitu tingkat  pendidikan dan penguasaan teknologi tinggi, pen-dapatan per kapita penduduk tinggi, komoditas  ekspor berupa  produk  industri, kegiatan  industri  berteknologi tinggi, angka  kelahiran dan kematian  rendah, serta aktivitas perekonomian berbasis industri dan jasa.
----------------------------------Jawaban: A

31    Pembahasan CERDAS:
Untuk memahami kehidupan masya-rakat multikultural diperlukan pema-haman atas proses sosial dan struktur sosial masyarakat tersebut. Ilmu Sosio-logi akan mengajarkan kita cara memahami proses sosial daun struktur sosial dalam masyarakat multikultural. Dalam struktur sosial tersebut terda-pat norma sosial, sistem pelapisan sosial, lembaga sosial, serta kelompok sosial yang saling berhubungan.  Oleh karena itu, ilmu Sosiologi dapat membantu kita dalam menentukan tingkah laku sosial yang sesuai nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat.
----------------------------------Jawaban: E

 32   Pembahasan CERDAS:
Gotong royong merupakan kegiatan secara bersama-sama/kerja sama yang dilakukan tanpa pamrih. Fungsi nilai gotong royong pada soal adalah sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok (masyarakat Indonesia). Solidaritas tersebut tercipta ketika anggota masyarakat melakukan gotong ro¬yong sebelum pelaksanaan HUT kemerdekaan Indonesia.
----------------------------------Jawaban: E

33    Pembahasan CERDAS:
Inconvenient causal crowds adalah ke-rumunan yang terbentuk karena mem-pergunakan fasilitas-fasilitas sama. Immoral lawless crowds adalah kerumunan yang tidak mempedulikan nilai dan norma sosial dalam masyarakat. Planned expressive group adalah kerumunan yang tidak ingin menjadi pusat perhatian, tetapi lebih berfokus pada persamaan tujuan serta kepuasan yang dihasilkan. Panic causal crowds adalah kumpulan orang yang dalam keadaan panik dan berusaha menyelamatkan dari bahaya. Adapun specta-tors causal crowds adalah  kumpulan orang yang muncul karena ingin melihat peristiwa tertentu tanpa direncanakan.
----------------------------------Jawaban: C

34.    Pembahasan CERDAS:
Unsur-unsur struktur sosial menurut Soleman B. Taneko sebagai berikut.
    Kelompok sosial merupakan satu kesatuan yang di dalamnya terdiri atas sejumlah orang.
    Lembaga sosial merupakan sekumpulan norma dan aturan yang menjaga tata kelakuan atau pola perilaku masyarakat.
    Kaidah/norma sosial merupakan petunjuk atau pedoman masyarakat dalam berperilaku di lingkungannya.
    Stratifikasi sosial merupakan pembedaan masyarakat dalam kelas-kelas sosial secara bertingkat (hierarki).
Jawaban (1), (2), (3), dan (4) benar.
----------------------------------Jawaban: E

35.    Pembahasan CERDAS:
Pengusaha, direktur, dan karyawan menunjukkan penggolongan kelas sosial berdasarkan kekuasaan. Setiap status sosial tersebut memiliki kewajiban dan kekuasaan berbeda dalam perusahaan.
----------------------------------Jawaban: D

36.    Pembahasan CERDAS:
Urbanisasi menyebabkan jumlah pen-duduk usia produktif di daerah perdesaan berkurang. Kondisi ini terjadi karena penduduk usia produktif lebih memilih merantau ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Akibatnya, masyarakat desa tidak dapat memaksimalkan pengelolaan sum-ber daya di desa untuk memajukan masyarakat.
----------------------------------Jawaban: E

37    Pembahasan CERDAS:
Mobilitas sosial antargenerasi yaitu perpindahan status sosial yang terjadi di antara beberapa generasi. Mobilitas antargenerasi pada soal ditunjukkan oleh perbedaan status sosial antara orang tua dan anak. Sementara itu, mobilitas vertikal naik merupakan per-pindahan status sosial menuju status sosial yang lebih tinggi. Mobilitas vertikal antargenerasi naik pada soal ditunjukkan oleh perpindahan status sosial orang tua sebagai tukang becak dan buruh cuci, tetapi anaknya berhasil menjadi pengacara.
----------------------------------Jawaban: D

38    Pembahasan CERDAS:
Konflik berdasarkan pernyataan pada soal dilatarbelakangi oleh perbedaan kepentingan dan tujuan. Perbedaan kepentingan dan tujuan ditunjukkan oleh tugas polisi pamong praja untuk mentertibkan jalan. Sementara itu, kepentingan dan tujuan anak-anak jalanan adalah bersenang-senang, misalnya nongkrong di pinggir jalan raya.
----------------------------------Jawaban: D

39    Pembahasan CERDAS:
Perubahan yang direncanakan (planned change), yaitu perubahan yang sengaja dilakukan melalui pro¬gram-program tertentu. Perubahan ini dilakukan oleh pihak-pihak yang hendak mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Perubahan sosial yang direncanakan ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3). Adapun nomor (2) dan (4) merupakan perubahan sosial yang tidak direncanakan.
----------------------------------Jawaban: B
40.    Pembahasan CERDAS:
Sistem stratifikasi sosial terbuka (opened sosial stratification) mempermudah kesempatan anggota masyarakat berdasarkan kecakapan yang ia miliki untuk naik pada lapisan atas atau mengalami penurunan prestasi hingga masuk ke lapisan bawah. Sistem stratifikasi sosial terbuka ditandai dengan perubahan status sosial individu dapat berubah-ubah, tumbuhnya iklim kompetisi yang sehat, meningkatnya etos kerja masyarakat, dan berkembangnya sistem pembagian kerja.
----------------------------------Jawaban: E

41.    Pembahasan CERDAS:
Bab pendahuluan dalam penelitian berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Sementara itu, indeks terletak pada bagian akhir laporan penelitian.
----------------------------------Jawaban: A

42.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan benar
Kelompok formal adalah organisasi kelompok yang mempunyai peraturan tegas dan sengaja dibuat oleh anggota-anggotanya untuk ditaati serta berfungsi untuk mengatur hubungan antaranggota.
 Alasan salah
Kelompok informal merupakan organisasi kelompok yang tidak resmi, tidak mempunyai struktur/organisasi yang pasti, serta peraturan tidak tertulis.
----------------------------------Jawaban: C

43    Pembahasan CERDAS:
Akomodasi merupakan bentuk proses sosial asosiatif  yang dapat menciptakan integrasi sosial dan keteraturan sosial. Akomodasi yaitu bentu interaksi sosial dalam upaya menyelesaikan suatu pertentangan atau konflik sosial. Malalui akomodasi, kondisi sosial yang tidak teratur akibat konflik dapat dikembalikan menjadi teratur sehingga integrasi sosial tetap terjaga. Dengan demikian, antara pernyataan dan ala-san pada soal berhubungan.
----------------------------------Jawaban: A

 44.   Pembahasan CERDAS:
Pernyataan benar
Salah satu dampak positif konflik yaitu mempererat ikatan/solidaritas sosial antaranggota kelompok karena menghadapi musuh yang sama. Anggota kelompok tersebut bersatu untuk menghadapi musuh karena mereka memiliki tujuan yang sama.
Alasan salah
Berakhirnya konflik sosial dalam masyarakat menunjukkan konflik telah berhasil dikelola atau diselesaikan sehingga tidak menyebabkan konflik se-makin meluas. Kondisi ini menyebabkan ketegangan masyarakat akibat konflik akan mereda.
----------------------------------Jawaban: C

 45.   Pembahasan CERDAS:
Pernyataan benar:
Penyimpangan primer ialah penyimpangan sosial yang bersifat temporer. Penyimpangan ini bisa jadi baru dilakukan pertama kali, sementara, dan masih dapat ditolerir oleh masyarakat.
Alasan salah:
Penyimpangan sosial dapat dilakukan oleh individu ataupun kelompok. Oleh karena itu, penyimpangan primer juga dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Selain itu, penyimpangan so-sial dapat disebabkan oleh lemahnya pengendalian sosial, bukan nilai dan norma sosialnya.
----------------------------------Jawaban: C

46.    Pembahasan CERDAS:
Jika P=25, maka Qd= -2/5 P + 60 = 50
E= b x P
      Q
   = -2/5 x 25
         50
   = -0,2
Jadi, besar elastisitasnya adalah -0,2
----------------------------------Jawaban: D

47.    Pembahasan CERDAS:
Data Permintaan Daging Sapi:
P1    = Rp 120.000
Q1    = 150 kg
P2    = Rp 150.000
Q2    = 120 kg
(P-P1)/(P2-P1)=  (Q-Q1)/(Q2-Q1)
(P-120.000)/(150.000-120.000)=  (Q-150)/(120-150)

(P-120.000)/30.000=  (Q-150)/(-30)
-30(P-120.000)    = 30.000(Q-150)

-30P+3.600.000    = 30.000Q-4.500.000
-30P        = 30.000Q-4.500.000-3.600.000
-30P        = 30.000Q-8.100.000 : (-30)
Pd        = -1.000Q+270.000

 Pd       =    Ps
-1.000Q+270.000= 100Q+50.000
-1.000Q-100Q = 50.000-270.000
-1.100Q      = -220.000
Q      = 200
Maka:
100Q+50.000= 100 (200)+ 50.000
  = 20.000+50.000
P  = 70.000
Jadi, harga keseimbangan daging sapi di pasar adalah Rp 70.000,00.
----------------------------------Jawaban: E

 48. Pembahasan CERDAS:
Pd = Ps+t
20 – 0,8 Q= 10 + 0,4 Q+4
20 – 0,8 Q= 14 + 0,4 Q
 – 0,4 Q-0,8Q= 14-20
-1,2 Q = -6
Q  = 5
Maka:
P= 20 – 0,8 Q
P= 20-0,8(5)
P= 20-4,
P= 16
Jadi, titik keseimbangan pasar setelah adanya subsidi yaitu (Q,P) atau (5,16).
----------------------------------Jawaban: A

49.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna an-tara lain terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang diperjualbelikan bersifat homogen, penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar, penjual dan pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar, harga terbentuk akibat kekuatan permintaan dan penawaran. Ciri-ciri yang disebut-kan pada soal termuat pada cirri pasar persaingan sempurna.
----------------------------------Jawaban: A

50. Pembahasan CERDAS:
Pend. Nas.    = ekstraktif + agraris + industri + niaga + jasa
        =pertambangan + pertanian + industri + jasa
        = 30.000 + 28.800 + 18.000 + 3.000
        = 79.800
Jadi, apabila menggunakan pendekatan pendapatan, jumlah pendapatan nasional negara tersebut adalah 79.800 juta.
----------------------------------Jawaban: B

51. Pembahasan CERDAS:

Gross National Product    315.000
Penyusutan    (  3.600)
Net National Product    311.400
Pajak tidak langsung    (  22.500)
Net National Income     288.900
Jadi, besarnya Net National Income Negara X adalah 288.900 juta.
----------------------------------Jawaban: C

52    Pembahasan CERDAS:
Pendapatan per kapita = GNP : Jumlah Penduduk
Inggris    = 60.000 : 150 = 400
Belanda    = 50.000 : 200 = 250
Swedia    = 51.000 : 170 = 300
Jerman    = 45.000 : 90 = 500
Spanyol    = 35.000 : 100 = 350
Berdasarkan perhitungan pendapatan per kapita tersebut, negara yang me-miliki pendapatan per kapita paling tinggi adalah Jerman.
----------------------------------Jawaban: D

53.     Pembahasan CERDAS:


Kunci Jawaban Prediksi 2 Soal TKD SOSHUM 2018

IP    = ∑ (Pn x Qn) / ∑ (Po x Qn) x 100 %
    = (81.600+224.000+266.400+324.000) / (72.000+184.000+234.000+270.000) x 100 %
    = 896.000/760.000 x 100 %
    = 117,89%
----------------------------------Jawaban: E

 54.   Pembahasan CERDAS:
C    = a + By  = 120.000 + 0,6 Y
S    = -a + (1-b) Y
60.000    = -120.000 + (1-0,6) Y
60.000    = -120.000 + 0,4 Y
-0,4 Y    = -120.000-60.000
-0,4 Y    = -180.000
Y        = 450.000 (dalam jutaan rupiah)
Jadi, pendapatan nasionalnya adalah Rp 450.000.000,00
----------------------------------Jawaban: A

55.    Pembahasan CERDAS:

Pengangguran sukarela adalah pengangguran yang timbul karena keinginan seseorang itu sendiri. Hal ini biasanya didasari oleh pekerjaan lain yang menawarkan gaji lebih tinggi maupun alasan prinsipal dari orang tersebut. Dari pernyataan di atas, yang termasuk ke dalam jenis pengangguran sukarela adalah nomor 1 dan 3. Sedangkan untuk nomor 2, 4, dan 5 disebut pengangguran struktural.
----------------------------------Jawaban: B

56.    Pembahasan CERDAS:
Bank Indonesia memiliki banyak kebi-jakan di antaranya adalah dengan me-merintahkan Bank Umum untuk menjalankan kebijakan dalam hal pemberian kredit. Untuk memberikan kredit atau pinjaman kepada nasabah hendaknya Bank Umum memperhatikan syarat-syarat yang akan diberikan. Hal ini disesuaikan pula dengan keadaan perekonomian pada suatu negara. Apalagi apabila suatu negara dalam keadaan inflasi, maka sebaiknya syarat pemberian kredit diperketat lagi.
----------------------------------Jawaban: C

57. Pembahasan CERDAS:
Pembangunan ekonomi merupakan kondisi suatu negara di mana perekonomian yang ada di negara tersebut sedikit demi sedikit menuju ke arah yang lebih baik. Indikator untuk menilai bahwa suatu negara telah mengalami pembangunan ekonomi sesuai soal di atas antara lain terjadi kemajuan dan perbaikan pada sektor sosial budaya, politik, keamanan, perekonomian, maupun sektor kehidupan yang lain serta terjadinya perubahan ke arah yang lebih baik berdasarkan perencanaan yang telah disusun.
----------------------------------Jawaban: D

 58. Pembahasan CERDAS:
Sumber penerimaan pemerintah pusat antara lain berasal dari pajak pertambahan nilai dan cukai, pajak perdagangan internasional, dan penerimaan sumber daya alam. Sedangkan sumber penerimaan pemerintah daerah terdiri dari bagian laba BUMD, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus, dan pajak dan retribusi daerah.
---------------------------Jawaban: E


 59. Pembahasan CERDAS:
NJOP Bumi    = 1.200 x Rp 1.500.000,00            = Rp 1.800.000.000,00
NJOP Bangunan = 900 x Rp 6.000.000,00            = Rp 5.400.000.000,00 +
                                = Rp 7.200.000.000,00
NJOPTKP                            = Rp      12.000.000,00 –
NJOP perhitungan PBB                    = Rp 7.188.000.000,00
NJKP= 20% x Rp 7.188.000.000 = Rp 1.437.600.000,00
PBB yang terutang = 0,5% x Rp 1.437.600.000,00 = Rp 7.188.000,00
--------------------------Jawaban: A

60. Pembahasan CERDAS:
Transaksi berupa pembelian kertas, bolpoin, dan tinta print merupakan pembelian perlengkapan kantor secara kredit mengakibatkan bertambahnya harta perusahaan berupa perlengkapan kantor sebesar Rp 2.500.000,00, karena dibayar kredit mengakibatkan bertambahnya utang sebesar Rp 2.500.000,00.
----------------------------Jawaban: B

Artikel Terkait

Previous
Next Post »