Kunci Jawaban Prediksi Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018

Kamis, Februari 22, 2018
Kunci Jawaban Prediksi Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018
untuk yang Belum mendapatkan soalnya silahkan lihat disini : Soal Prediksi TKD SBMPTN SOSHUM 2018
1.    Pembahasan CERDAS:
Pithecanthropus erectus atau Homo erectus merupakan jenis manusia pur-ba yang memiliki daerah persebaran paling luas di Indonesia. Fosil Pithecan-thropus erectus pertama kali ditemu-kan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di daerah Kedungbrubus, Trinil, dan Ngawi.
----------------------------------Jawaban: C

2.    Pembahasan CERDAS:
Indonesia merupakan wilayah dengan penemuan fosil manusia yang lebih ba¬-nyak jika dibandingkan dengan wi¬layah lain. Kondisi ini membuktikan bah¬wa Indonesia merupakan tempat yang cocok bagi kehidupan manusia pur¬ba. Sejak awal, Indonesia memang menjadi salah satu tujuan bagi migrasi manusia purba dari wilayah lain. Kon¬disi ini dikarenakan Indonesia meru¬pa¬kan wilayah kepulauan dengan iklim tro¬pis yang nyaman untuk ditinggali makhluk hidup.
----------------------------------Jawaban: E

3.    Pembahasan CERDAS:
Pithecanthropus memiliki fisik yang le-bih sempurna dibandingkan manusia purba sebelumnya yaitu Megan¬thro-pus. Akan tetapi, Pithecanthropus be-lum memiliki kemiripan dengan ma¬nu-sia modern. Kondisi fisik yang lebih sem¬purna dari manusia purba sebe-lumnya menyebabkan Pithecan¬thro¬pus sudah mampu berjalan tegak de¬ngan dua kaki.
----------------------------------Jawaban: C

4.    Pembahasan CERDAS:
Tembok besar Cina dibangun pada ma-sa Dinasti Chin di bawah pemerin¬tah¬an Kaisar Shih Huang Ti. Pada saat itu keberadaan suku-suku di wilayah uta¬ra Cina mengancam kemakmuran dan keamanan bangsa Cina. Tembok besar Cina dibangun dengan tujuan mena¬han serangan dari suku bangsa Barbar dan bangsa Mongol yang berasal dari wilayah utara Cina.
----------------------------------Jawaban: B

5.    Pembahasan CERDAS:
Teknik mumifikasi digunakan oleh bang¬sa Mesir kuno dalam menga¬wet-kan jasad Firaun. Saat seorang Firaun wafat, jasadnya akan diawetkan kemu-dian dikuburkan di dalam piramida ber¬-sama dengan harta benda miliknya. Masyarakat Mesir menganggap bahwa Firaun tersebut akan tetap hidup asal-kan jasadnya utuh. Masyarakat Mesir Kuno juga meyakini bahwa setelah ke-matian, Firaun harus melakukan perja-lanan alam baka.
----------------------------------Jawaban: B



6.    Pembahasan CERDAS:
Julius Caesar menyempurnakan kalen-der yang dibuat bangsa Mesir Kuno de¬-ngan mengenalkan sistem tahun ka-bisat. Kalender tersebut dinamakan ka¬-lender Julian dan menjadi dasar bagi pembuatan kalender masa kini.
-----------------------------------Jawaban: E

7.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu usaha VOC untuk mengua-sai perdagangan rempah-rempah di Ma¬¬luku adalah melakukan Hongi Toch-ten (pelayaran Hongi). Pelayaran Ho¬ngi adalah pelayaran pantai yang di¬leng-kapi dengan angkatan perang un¬tuk mengawasi para pedagang Maluku agar tidak dijual kepada pedagang lain dan jika melanggar akan mendapat hu-kuman berat.
----------------------------------Jawaban: D

8.    Pembahasan CERDAS:
Perkebunan mengalami perkembang¬an cukup pesat pada masa liberal. Kon¬¬disi ini disebabkan dibukanya ke¬sempatan bagi investor asing untuk me¬nanamkan modalnya pada perke¬bunan-perkebunan di Indonesia. Pada masa ini muncul perkebunan-per¬ke¬bun¬an swasta di beberapa daerah di Indonesia.
----------------------------------Jawaban: B

9.    Pembahasan CERDAS:
Tujuan sistem tanam paksa adalah men¬¬da¬patkan komoditas-komoditas eks¬¬¬por yang laku di pasaran dunia. Un-tuk kelancaran sistem ini, lahan yang dipakai adalah lahan milik orang-orang pribumi dan tenaga kerja yang digu¬na-kan adalah orang-orang desa di Jawa yang dibujuk, bahkan dipaksa oleh pa¬ra penguasa (lokal) desa mereka.
----------------------------------Jawaban: D



10.    Pembahasan CERDAS:
Periode Demokrasi Liberal diwarnai ba¬-nyak dinamika terutama berkaitan dengan politik. Pada masa ini de¬mo-krasi di Indonesia menerapkan sistem multipartai. Sistem ini ternyata memi-liki dampak negatif bagi kegiatan poli¬tik di parlemen. Sistem multipartai ber¬¬-dampak pada terjadinya ekspe¬ri¬men demokrasi yang memicu per¬sa¬ing¬an antarfraksi politik di parlemen un¬tuk saling menjatuhkan.
----------------------------------Jawaban: D

11.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu hasil KMB adalah Indonesia harus menanggung utang-utang sejak masa Hindia Belanda. Utang-utang ter-sebut sangat memberatkan kondisi per¬¬ekonomian Indonesia karena usia negara masih sangat muda dan In¬do-nesia belum mampu mengelola pere-konomiannya dengan baik.
-----------------------------------Jawaban: E

12.    Pembahasan CERDAS:
Konsepsi Demokrasi Terpimpin telah dicetuskan oleh Presiden Soekarno se-jak tanggal 21 Februari 1957. Kon¬sep¬si ini dicetuskan untuk menyikapi krisis kewibawaan pemerintah yang ter¬lihat dari sering jatuh bangunnya kabinet yang terjadi pada masa De¬mo¬krasi Li-beral. Langkah pertama Pre¬siden Soe-karno untuk mewujudkannya adalah mem¬bentuk Dewan Nasional pada tang¬gal 6 Mei 1957.
----------------------------------Jawaban: A

13.    Pembahasan CERDAS:
Konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina terjadi karena Rusia melaku-kan pengambilalihan wilayah Crimea. Secara administratif, Crimea meru¬pa-kan wilayah Ukraina. Akan tetapi, se-bagian besar penduduk Crimea meru-pa¬kan etnik Rusia. Oleh karena itu, Ru-sia berusaha mengambil alih wilayah ter¬sebut dengan tujuan melindungi et-nik Rusia di Ukraina.
----------------------------------Jawaban: B

14.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Dalam upaya pembebasan Irian Barat, Amerika Serikat turut mendesak Be¬lan-da agar bersedia berunding dengan Indonesia.
Alasan: benar
Upaya pembebasan Irian Barat ber-lang¬sung pada masa Perang Dingin. Pa¬da saat itu, Uni Soviet bersedia mem¬bantu persenjataan TNI untuk membebaskan Irian Barat. Oleh kare¬na itu, Amerika Serikat mendesak Be¬lan¬da untuk mencegah terseretnya Uni Soviet lebih jauh dalam upaya pem¬be-basan Irian Barat.
----------------------------------Jawaban: A

15.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Salah satu agenda reformasi adalah a-mendemen UUD 1945. Munculnya ag-enda tersebut disebabkan UUD 1945 belum sempurna dan rentan disele-wengkan. Salah satu buktinya adalah belum ada pasal yang mengatur ten-tang masa jabatan presiden. 
Alasan: salah
Indoktrinasi yang dilakukan pemerin¬tah Orde Baru adalah indoktrinasi Pan-casila.
----------------------------------Jawaban: C

16.    Pembahasan CERDAS:
Pendekatan geografi yang sesuai un¬tuk mengkaji pelaksanaan program trans¬-migrasi adalah pendekatan kom¬pleks wilayah. Pendekatan ini meru¬pa¬kan perpaduan antara pendekatan ke-ruangan dan ekologi. Dengan pende-katan tersebut akan diperoleh lokasi transmigrasi yang baik dan sesuai un-tuk penduduk.
----------------------------------Jawaban: E
17.    Pembahasan CERDAS:
Pergeseran posisi Matahari ke arah Be¬lahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Se¬latan disebut gerak semu Matahari. Disebut sebagai gerak semu karena se-be¬narnya Matahari tidak bergerak. Ge-rakan ini terjadi akibat revolusi Bu¬mi de¬ngan sumbu rotasi yang miring. Aki-bat gerak semu Matahari, terdapat per¬ubahan musim di Bumi Bagian Uta-ra dan Bumi Bagian Selatan. Musim- musim di Bumi Bagian Utara adalah mu¬¬sim semi (21 Maret–21 Juni), mu-sim panas (21 Juni–23 September), mu-sim gugur (23 September–22 De-sember), dan musim dingin (22 De¬sem-ber–21 Maret).
----------------------------------Jawaban: C

18.    Pembahasan CERDAS:
Pelapukan adalah peristiwa ketika ba-tuan mengalami proses pengelupasan oleh tenaga eksogen atau dikatakan se¬bagai proses perusakan batuan. Fak-tor yang memengaruhi terjadinya pe¬la-pukan adalah temperatur harian, air, organisme, cuaca harian, angin, dan gletser.
-----------------------------------Jawaban: E

19.    Pembahasan CERDAS:
Tanah subur adalah tanah yang me¬mi-liki komposisi bahan organik dan anor-ganik yang tepat. Selain itu, tanah su-bur memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan ta¬nam-an. Karakteristik tanah subur, ya¬itu memiliki sirkulasi udara yang baik, mengandung banyak bahan organik, dan tekstur tanah gembur.
----------------------------------Jawaban: C

20.    Pembahasan CERDAS:
Radial sentripetal adalah pola menjari yang alirannya menuju satu titik atau pusat. Pola ini terbentuk di daerah lem¬-bah atau cekungan, seperti daerah yang dikelilingi gunung. Sementara itu, pola radial sentrifugal adalah pola alir-an menjari yang alirannya berasal dari pusat kemudian menyebar keluar. Po¬la ini terbentuk di daerah gunung atau bukit.
----------------------------------Jawaban: E

21.    Pembahasan CERDAS:
Awan cumulo nimbus dikenal sebagai awan penyebab terjadinya hujan lebat yang disertai dengan kilat dan guntur. Awan cumulo nimbus merupakan jenis awan hitam yang sangat tebal. Ben¬tuk-nya bergumpal bertumpuk-tumpuk ke atas dengan bagian bawah relatif rata.
----------------------------------Jawaban: B

22.    Pembahasan CERDAS:
Persaingan hidup antarfauna dapat me¬¬nyebabkan persebaran flora dan fau¬¬na. Fauna yang tidak mampu ber-saing dalam memperebutkan wilayah kekuasaan dan bahan makanan, akan melakukan migrasi ke tempat lain. Tu-juan migrasi adalah mencari wilayah baru yang dapat mendukung kelang-sung¬an hidup fauna.
----------------------------------Jawaban: B

23.    Pembahasan CERDAS:
Dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi di suatu wilayah adalah keku-rang¬¬an lapangan kerja dan sarana pen-didikan. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang baik bagi suatu ne-gara terhadap bidang pendidikan dan perekonomian jika angka pertum¬buh¬an penduduknya termasuk tinggi.
----------------------------------Jawaban: C

24.    Pembahasan CERDAS:
Minyak bumi adalah bahan tambang yang memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan, termasuk residunya. Man-faat residu minyak bumi sebagai beri-kut.
1)    Parafin digunakan dalam proses pem¬buatan obat-obatan, tutup bo¬¬tol, dan industri tenun.
2)    Aspal digunakan sebagi pengeras jalan raya.
----------------------------------Jawaban: B

25.    Pembahasan CERDAS:
Pohon di hutan lindung harus diper-tahankan keberadaannya. Melesta¬ri-kan hutan lindung dapat dilakukan de-ngan mencegah illegal logging dan per¬-buruan liar. Aktivitas tersebut me-nunjukkan upaya melestarikan ling-kung¬an hidup.
----------------------------------Jawaban: B

26.    Pembahasan CERDAS:
Kedua pernyataan merupakan pernya-taan yang benar dan saling berhu¬bung¬-an. Unsur-unsur lingkungan hidup antara satu dan lainnya saling terkait. Kerusakan pada satu unsur akan meng¬-aki¬batkan terjadinya ketidakse¬im-bangan ekosistem. Jadi, lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa subsistem yang menyusun lingkungan hidup.
----------------------------------Jawaban: A

27.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan dan alasan benar, kedua-nya saling berhubungan. Proyeksi peta harus memenuhi persyaratan berikut.
1)    Bentuk yang diubah harus tetap (con¬form).
2)    Luas permukaan yang diubah ha-rus tetap (equivalent).
3)    Jarak antara satu titik dan titik lain di permukaan daerah yang dipe¬ta-kan harus tetap (equidistance).
----------------------------------Jawaban: A

28.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1) dan (3). Penginderaan jauh digunakan untuk mendeteksi objek-ob¬-jek di Bumi. Objek yang dapat di¬in¬dera oleh teknologi penginderaan jauh adalah objek yang bersifat fisik, bukan prediksi dan aktivitas makhluk hidup. Dengan demikian, fenomena geosfer yang dapat dideteksi menggunakan peng¬inderaan jauh yaitu persebaran ba¬¬rang tambang, pola angin permu¬ka-an wilayah kutub, dan kondisi to¬po¬gra¬fi suatu wilayah.
----------------------------------Jawaban: B

29.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (2) dan (4). Desa swadaya dici-rikan dengan kondisi yang mulai ber-kembang. Penduduk desa masih me-miliki ikatan kuat terhadap adat istia-dat. Lembaga desa yang ada masih se-derhana. Sebagian besar penduduk de¬¬-sa berpendidikan rendah. Mata pen-caharian umum penduduk adalah pe-tani. Hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Desa ini biasanya ter¬dapat di daerah pegunungan atau perbukitan.
----------------------------------Jawaban: C

30.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1), (2), dan (3). Salah satu in¬di-kator yang menunjukkan negara ma¬ju adalah penduduknya memiliki ke¬se¬jah-te¬raan tinggi. Contoh negara maju di du¬nia adalah Jerman di Eropa serta Je-pang dan Taiwan di Asia. Argentina me¬rupakan negara berkembang di Ame¬¬¬rika.
----------------------------------Jawaban: A

31.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri Sosiologi yaitu bersifat empiris, teoretis, kumulatif, dan nonetis. Em-piris, artinya Sosiologi merupakan ilmu berdasarkan observasi dan logika, bu-kan atas dasar wahyu ataupun hasil spekulasi.
----------------------------------Jawaban: A
32.    Pembahasan CERDAS:
Nilai moral bersumber pada unsur ke-hendak (terutama pada tingkah laku manusia). Unsur kehendak manusia ber¬dasarkan norma sosial ataupun adat istiadat masyarakat. Minum-mi-numan keras, mengonsumsi nar¬ko¬ba, serta clubing merupakan contoh pe-lang¬garan terhadap nilai moral.
----------------------------------Jawaban: B

33.    Pembahasan CERDAS:
Motivasi merupakan dorongan dari da-lam diri seseorang untuk melakukan tindakan. Contoh interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor motivasi ada-lah Difta bersama kelompoknya ber¬la-tih menari agar dapat memenangi per-tandingan di tingkat kabupaten. Ada-nya keinginan tersebut menunjukkan motivasi dalam diri Difta dan kelom-poknya untuk mencapai tujuannya.
----------------------------------Jawaban: D

34.    Pembahasan CERDAS:
Ascribed status identik dengan stra-tifikasi sosial bersifat tertutup. Kedu-dukan yang diperoleh melalui kela¬hir-an. Keturunan sebagai bangsawan me-ru¬pakan kedudukan yang diperoleh me¬-lalui kelahiran.
----------------------------------Jawaban: A

35.    Pembahasan CERDAS:
Ilustrasi pada soal menunjukkan pro¬ses terjadinya mobilitas sosial antar-generasi vertikal turun karena anak ti-dak bersedia melanjutkan pendi¬dik¬an-nya. Akibatnya, terjadinya konflik an¬ta-ra orang tua dan anak yaitu kon¬flik antara generasi orang tua dan anak ka-rena orang tua tidak setuju dengan ke-putusan anak untuk tidak melan¬jutkan pendidikannya. Kondisi terse¬but terja¬di karena orang tua meng¬inginkan ke¬baik-an dan kesuksesan da¬lam kehi¬dup¬an anak.
----------------------------------Jawaban: B
36.    Pembahasan CERDAS:
Perubahan yang direncanakan (plan¬ned change) yaitu perubahan yang se¬ngaja dilakukan melalui pro¬gram-pro¬gram tertentu untuk meng¬ubah kehi¬dup¬an masyarakat menjadi lebih baik. Relokasi warga dan mem¬ber¬sihkan su-ngai untuk meminimalkan banjir me¬ru-pakan contoh perubahan yang di¬ren-canakan.
----------------------------------Jawaban: B

37.    Pembahasan CERDAS:
Operative Institutions merupa¬kan lem-baga yang bertugas meng¬himpun po¬la-pola atau cara untuk mencapai tuju¬an. Contoh operative Institutions yaitu lembaga lembaga industri, lem¬baga keluarga, dan lembaga pen¬di¬dikan.
----------------------------------Jawaban: B

38.    Pembahasan CERDAS:
Kaum borjuis merupakan orang-orang yang memiliki modal produksi dan tergolong orang kaya sehingga me¬mi-liki kemampuan ekonomi yang tinggi. Sementara itu, kaum buruh tergolong orang yang memiliki kemampuan eko-nomi rendah. Dengan demikian, ilus-tra¬si pada soal menunjukkan sistem stratifikasi sosial berdasarkan eko¬no-mi.
----------------------------------Jawaban: C

39.    Pembahasan CERDAS:
Faktor pendorong terwujudnya ketera-turan sosial sebagai berikut.
a.    Adanya nilai dan norma sosial da-lam struktur sosial.
b.    Dilaksanakannya proses sosialisasi untuk menerapkan nilai dan norma sosial dalam kepribadian individu.
c.    Individu atau kelompok wajib me-lanjutkan dan memahami peran ni-lai dan norma sosial secara rege¬ne-rasi (proses internalisasi dan en¬kul-turasi).
d.    Berfungsinya sistem pengenda¬li¬an sosial dalam kehidupan ma¬sya¬ra-kat.
e.    Terdapat lembaga sosial yang meng¬¬organisasikan seluruh kebu-tuh¬an dan aktivitas anggota ma¬sya-rakat.
----------------------------------Jawaban: E

40.    Pembahasan CERDAS:
Kelompok referensi yaitu kelompok sosial yang men¬jadi acuan bagi se¬se-orang (bukan anggota kelompok) un¬tuk membentuk pribadi dan perila¬kunya. Girl band asal Korea pada no¬mor (4) merupkan contoh kelompok referensi karena Fani dan temannya untuk meniru style girl band tersebut.
----------------------------------Jawaban: D

41.    Pembahasan CERDAS:
Konflik sosial merupakan proses sosial ketika individu/kelompok berusaha me-menuhi tujuannya dengan cara me-nentang pihak lawan disertai ancaman atau kekerasan. Faktor-faktor penye-bab konflik yaitu perbedaan kepen-tingan, perbedaan kebudayaan, perbe-daan keyakinan, kesenjangan sosial, dan perubahan sosial.
----------------------------------Jawaban: B

42.    Pembahasan CERDAS:
Berikut fungsi manifes lembaga aga-ma.
a.    Memberikan pegangan dalam men¬¬-jalani kehidupan dan menye¬lesaikan masalah.
b.    Mengajarkan baik-buruk atau be-nar-salah.
c.    Mengawasi perilaku anggota ma-sya¬rakat melalui ajaran-ajaran a¬ga¬¬-ma dengan sanksi yang ber¬sifat hakiki.
d.    Menjaga hubungan antarumat ber¬-agama karena pada dasarnya se¬ti-ap agama mengajarkan ke¬pa¬da u-matnya untuk saling menga¬sihi dan menghormati pemeluk agama lain.
----------------------------------Jawaban: E

43.    Pembahasan CERDAS:
Globalisasi ditandai dengan pening¬kat-an interaksi antarnegara tanpa menge-nal batas teritorial. Oleh karena itu, glo¬balisasi mendorong berkembang¬nya kerja sama antarnegara baik di ting¬kat regional dan internasional. Ne¬gara-negara di dunia menjalin kerja sa¬ma dengan negara lain agar dapat me-majukan negaranya dan mencukupi ke-butuhan domestik. Kondisi ini ter¬ja¬di karena suatu negara belum tentu da-pat mencukupi kebutuhannya sen¬di¬ri sehingga negara tersebut mela¬ku¬kan impor.
----------------------------------Jawaban: A

44.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan benar
Perubahan sistem bercocok tanam meng¬¬gunakan tenaga hewan ternak men¬jadi tenaga mesin menunjukkan per¬ubahan sosial yang dialami oleh ma¬-syarakat petani. Perubahan sosial tersebut merupakan perubahan dari masyarakat tradisional menjadi ma¬sya¬-rakat modern.
Alasan benar
Berdasarkan perkembangannya, peru-bah¬an sosial dapat dibedakan menjadi perubahan progres dan regres. Peru-bah¬an sosial dalam masyarakat yang mengarah pada kemajuan disebut pe-ru¬bahan progres, sedangkan peru¬bah-an sosial yang mengakibatkan kemun-duran dalam masyarakat disebut peru-bahan regres.
Pernyataan benar, alasan benar, tetapi nggak ada hubungan.
----------------------------------Jawaban: B

45.    Pembahasan CERDAS:
Teknik sampling berstrata yaitu teknik pengambilan sampel yang di¬gunakan apabila po¬pulasi terdiri atas susunan kelompok ber¬tingkat atau memiliki stra¬tifikasi berbeda. Teknik ini meng¬gu-nakan pro¬porsi besar kecil¬nya ang¬go¬ta lapisan dari populasi. Dengan de-mikian, pernyataan dan alasan pada so¬al benar dan menunjukkan hubung¬an sebab akibat.
----------------------------------Jawaban: A

46.    Pembahasan CERDAS:
Pd                =Ps-subsidi
-1/3Q+10    =1/3Q+4-2
-1/3Q+10    =1/3Q+2
-1/3Q-1/3Q=2-10
-2/3Q          =-8
      Q           =12
Jika Q=12, maka:
P=-1/3Q+10 =-1/3(12)+10=6
Jadi, nilai Q=12 dan P=6
----------------------------------Jawaban: A

47.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna an¬¬-tara lain terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang diperjual¬be¬likan bersifat homogen, penjual dan pem¬beli bebas keluar masuk pasar, pen¬¬jual dan pembeli memiliki infor¬ma¬si yang lengkap tentang pasar, harga terbentuk akibat kekuatan permintaan dan penawaran. Ciri-ciri yang disebut-kan pada soal termuat pada ciri pasar persaingan sempurna.
----------------------------------Jawaban: D

48.    Pembahasan CERDAS:
IL    = ∑ (Pn x Qo) / ∑ (Po x Qo) x 100 %
    =(81.600+224.000+226.400+324.000)/ (90.000+138.000+260.000+225.000) x 100 %
    = 856.000 / 713.000 x 100 %
    = 120,06 %
----------------------------------Jawaban: B

49.    Pembahasan CERDAS:
C    = a + bY
    = 120.000 + 0,6 Y
S    = -a + (1-b) Y
    = -120.000 + (1-0,6) 60.000.000
    = -120.000 + 0,4 (60.000.000)
    = -120.000 + 24.000.000
    = 23.880.000
Jadi, tabungan masyarakat adalah Rp 23.880.000,00
----------------------------------Jawaban: A

50.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu motivasi seseorang untuk memegang uang adalah motif ber¬tran-saksi. Hal ini dapat diartikan bahwa uang tersebut digunakan oleh sese¬o-rang untuk melakukan transaksi. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Pak Antoni. Ia bekerja untuk memper¬oleh uang yang nantinya akan digu¬na¬kan untuk bertransaksi yaitu untuk mem-beli keperluan sehari-hari dan un¬tuk membiayai sekolah anaknya.
-----------------------------------Jawaban: E

51.    Pembahasan CERDAS:
Komponen pengeluaran atau belanja pemerintah daerah meliputi belanja apa¬ratur daerah, belanja layanan pu-blik, dana bagi hasil, dan belanja tak terduga. Sedangkan belanja atau pe-nge¬luaran pemerintah pusat terdiri da-ri belanja pegawai, belanja modal, pem¬¬bayaran bunga utang, subsidi, be-lanja hibah, bantuan sosial, dan be¬lanja lain-lain.
----------------------------------Jawaban: A

52.    Pembahasan CERDAS:
Manfaat perdagangan internasional se¬¬suai dengan ilustrasi tersebut adalah diperolehnya transfer ilmu dan keah-lian dari tenaga kerja yang dida¬tang¬kan oleh perusahaan ke Indonesia. Hal ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan karena karyawan yang di-milikinya akan mengambil banyak pe¬la-jaran dari kemampuan orang Jepang tersebut sehingga akan meningkatkan keefektifan dan efisiensi perusahaan.
----------------------------------Jawaban: D


53.    Pembahasan CERDAS:
Transaksi ekstern merupakan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan de-ngan pihak-pihak di luar perusahaan, mi¬salnya dengan bank, konsumen, dan lain sebagainya. dari daftar transaksi di atas hanya nomor (1) dan (2) yang me-rupakan transaksi eksternal. Pada tran¬¬¬saksi nomor (1), pihak perusahaan memperoleh faktur atau surat bukti utang dari toko tempat membeli me-sin. Sedangkan transaksi nomor (2) pe-rusahaan melakukan transaksi pem¬ba-yaran hutang kepada pihak di luar pe-rusahaan.
----------------------------------Jawaban: C

54.    Pembahasan CERDAS:
Macam-macam kebutuhan manusia di¬-bagi menjadi empat, yaitu berda¬sar¬kan intensitasnya, berdasarkan waktu¬nya, berdasarkan sifatnya, serta ber-dasarkan subjeknya. Kebutuhan ber¬da-sarkan intensitasnya dibagi lagi men¬¬-jadi tiga, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan pri-mer meliputi kebutuhan untuk makan, menggunakan pakaian, serta memiliki tempat tinggal. Sedangkan kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer ter-penuhi seperti membeli mobil. Kebu-tuhan tersier merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pri-mer dan sekunder terpenuhi, seperti ba¬rang-barang mewah yang dimiliki untuk menunjukkan stasus sosial (pres-tige). Berdasarkan pilihan daftar kebutuhan Bu Desy, yang merupakan kebutuhan berdasarkan intensitasnya adalah nomor (1), (2), dan (5).
----------------------------------Jawaban: E

55.    Pembahasan CERDAS:
Kebijakan pemerintah untuk mengon-versi minyak tanah ke gas akan mem-buat pemerintah mengalihkan subsidi yang pada awalnya diperuntukkan un-tuk BBM sekarang subsidi dialihkan ke gas. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap bisa membeli gas sesuai dengan kemampuan mereka terutama untuk rakyat kecil.
----------------------------------Jawaban: B

56.    Pembahasan CERDAS:
Permasalahan pokok ekonomi modern dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a.    What: Apa jenis barang yang akan diproduksi
b.    How: Bagaimana cara mempro¬duk-si barang tersebut.
c.    For whom: Untuk siapa barang ter-sebut diproduksi
Dari kegiatan-kegiatan ekonomi yang terdapat pada soal, yang dapat men-jawab pertanyaan atas permasalahan po¬kok ekonomi modern adalah nomor (1), (2), dan (4).
----------------------------------Jawaban: C

57.    Pembahasan CERDAS:
Terdapat tiga alternatif pekerjaan yang dapat dipilih oleh Hendra setelah ia lu-lus S1. Namun, Hendra tidak memilih ketiga alternatif tersebut, justru ia me-milih untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri. Dengan demikian, biaya yang dikorbankan oleh Hendra adalah pekerjaan dengan gaji yang paling be-sar dibandingkan dengan alternatif pi-lih¬an yang lain.


Pekerjaan tersebut berasal dari pe¬ru-sa¬haan B dengan gaji:
Rp 6.000.000,00.
----------------------------------Jawaban: D

58.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri sistem ekonomi liberal antara lain pemerintah tidak ikut campur ta-ngan atas kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi berorientasi pada laba yang optimal, sumber produksi dikuasai o¬leh swasta, masyarakat berinovasi dan berinisiatif dalam kegiatan eko¬nomi, per¬¬saingan usaha ketat, efek¬ti¬vitas dan efisiensi produksi tinggi, ke¬sen-jang¬¬an ekonomi dan sosial tinggi, dan perekonomian cenderung tidak sta¬bil. Berdasarkan pernyataan-per¬nya¬taan     ter¬¬sebut tercantum pada ke¬baikan da¬ri sistem ekonomi liberal.
-----------------------------------Jawaban: E

59.    Pembahasan CERDAS:
Produsen adalah orang yang berperan untuk menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa dalam rangka untuk memperoleh keuntungan. Berdasar¬kan kutipan ilustrasi di atas, peran Ivan sebagai produsen ditunjukkan oleh pi-lihan B, C, D, dan E. Sedangkan pilihan A adalah peran Ivan sebagai seorang kon¬sumen.
----------------------------------Jawaban: A

60.    Pembahasan CERDAS:


 
Penjelasan kegiatan masing-masing a-rus yang ditunjukkan oleh gambar:
1    = Impor barang-barang dari luar ne-geri ke dalam negeri.
2    = Pembayaran atas impor barang dari luar negeri.
3    = Balas jasa berupa pembayaran a-tas kegiatan ekspor sumber da¬ya a-lam.
4    = Ekspor sumber daya alam dari dalam negeri ke luar negeri.
5    = Pembayaran pajak dari para pro¬¬¬¬dusen kepada pemerintah.
Jadi, jawaban yang sesuai dengan arus nomor 4 adalah terjadinya kegiatan ekspor sumber daya alam dari dalam negeri ke luar negeri.
----------------------------------Jawaban:  B

Demikian Kunci Jawban Prediksi Soal TKD SBMPTN Soshum 2018. semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »