Kunci Jawaban Prediksi Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018

Kunci Jawaban Prediksi Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018
untuk yang Belum mendapatkan soalnya silahkan lihat disini : Soal Prediksi TKD SBMPTN SOSHUM 2018
1.    Pembahasan CERDAS:
Pithecanthropus erectus atau Homo erectus merupakan jenis manusia pur-ba yang memiliki daerah persebaran paling luas di Indonesia. Fosil Pithecan-thropus erectus pertama kali ditemu-kan oleh Eugene Dubois pada tahun 1890 di daerah Kedungbrubus, Trinil, dan Ngawi.
----------------------------------Jawaban: C

2.    Pembahasan CERDAS:
Indonesia merupakan wilayah dengan penemuan fosil manusia yang lebih ba¬-nyak jika dibandingkan dengan wi¬layah lain. Kondisi ini membuktikan bah¬wa Indonesia merupakan tempat yang cocok bagi kehidupan manusia pur¬ba. Sejak awal, Indonesia memang menjadi salah satu tujuan bagi migrasi manusia purba dari wilayah lain. Kon¬disi ini dikarenakan Indonesia meru¬pa¬kan wilayah kepulauan dengan iklim tro¬pis yang nyaman untuk ditinggali makhluk hidup.
----------------------------------Jawaban: E

3.    Pembahasan CERDAS:
Pithecanthropus memiliki fisik yang le-bih sempurna dibandingkan manusia purba sebelumnya yaitu Megan¬thro-pus. Akan tetapi, Pithecanthropus be-lum memiliki kemiripan dengan ma¬nu-sia modern. Kondisi fisik yang lebih sem¬purna dari manusia purba sebe-lumnya menyebabkan Pithecan¬thro¬pus sudah mampu berjalan tegak de¬ngan dua kaki.
----------------------------------Jawaban: C

4.    Pembahasan CERDAS:
Tembok besar Cina dibangun pada ma-sa Dinasti Chin di bawah pemerin¬tah¬an Kaisar Shih Huang Ti. Pada saat itu keberadaan suku-suku di wilayah uta¬ra Cina mengancam kemakmuran dan keamanan bangsa Cina. Tembok besar Cina dibangun dengan tujuan mena¬han serangan dari suku bangsa Barbar dan bangsa Mongol yang berasal dari wilayah utara Cina.
----------------------------------Jawaban: B

5.    Pembahasan CERDAS:
Teknik mumifikasi digunakan oleh bang¬sa Mesir kuno dalam menga¬wet-kan jasad Firaun. Saat seorang Firaun wafat, jasadnya akan diawetkan kemu-dian dikuburkan di dalam piramida ber¬-sama dengan harta benda miliknya. Masyarakat Mesir menganggap bahwa Firaun tersebut akan tetap hidup asal-kan jasadnya utuh. Masyarakat Mesir Kuno juga meyakini bahwa setelah ke-matian, Firaun harus melakukan perja-lanan alam baka.
----------------------------------Jawaban: B



6.    Pembahasan CERDAS:
Julius Caesar menyempurnakan kalen-der yang dibuat bangsa Mesir Kuno de¬-ngan mengenalkan sistem tahun ka-bisat. Kalender tersebut dinamakan ka¬-lender Julian dan menjadi dasar bagi pembuatan kalender masa kini.
-----------------------------------Jawaban: E

7.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu usaha VOC untuk mengua-sai perdagangan rempah-rempah di Ma¬¬luku adalah melakukan Hongi Toch-ten (pelayaran Hongi). Pelayaran Ho¬ngi adalah pelayaran pantai yang di¬leng-kapi dengan angkatan perang un¬tuk mengawasi para pedagang Maluku agar tidak dijual kepada pedagang lain dan jika melanggar akan mendapat hu-kuman berat.
----------------------------------Jawaban: D

8.    Pembahasan CERDAS:
Perkebunan mengalami perkembang¬an cukup pesat pada masa liberal. Kon¬¬disi ini disebabkan dibukanya ke¬sempatan bagi investor asing untuk me¬nanamkan modalnya pada perke¬bunan-perkebunan di Indonesia. Pada masa ini muncul perkebunan-per¬ke¬bun¬an swasta di beberapa daerah di Indonesia.
----------------------------------Jawaban: B

9.    Pembahasan CERDAS:
Tujuan sistem tanam paksa adalah men¬¬da¬patkan komoditas-komoditas eks¬¬¬por yang laku di pasaran dunia. Un-tuk kelancaran sistem ini, lahan yang dipakai adalah lahan milik orang-orang pribumi dan tenaga kerja yang digu¬na-kan adalah orang-orang desa di Jawa yang dibujuk, bahkan dipaksa oleh pa¬ra penguasa (lokal) desa mereka.
----------------------------------Jawaban: D



10.    Pembahasan CERDAS:
Periode Demokrasi Liberal diwarnai ba¬-nyak dinamika terutama berkaitan dengan politik. Pada masa ini de¬mo-krasi di Indonesia menerapkan sistem multipartai. Sistem ini ternyata memi-liki dampak negatif bagi kegiatan poli¬tik di parlemen. Sistem multipartai ber¬¬-dampak pada terjadinya ekspe¬ri¬men demokrasi yang memicu per¬sa¬ing¬an antarfraksi politik di parlemen un¬tuk saling menjatuhkan.
----------------------------------Jawaban: D

11.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu hasil KMB adalah Indonesia harus menanggung utang-utang sejak masa Hindia Belanda. Utang-utang ter-sebut sangat memberatkan kondisi per¬¬ekonomian Indonesia karena usia negara masih sangat muda dan In¬do-nesia belum mampu mengelola pere-konomiannya dengan baik.
-----------------------------------Jawaban: E

12.    Pembahasan CERDAS:
Konsepsi Demokrasi Terpimpin telah dicetuskan oleh Presiden Soekarno se-jak tanggal 21 Februari 1957. Kon¬sep¬si ini dicetuskan untuk menyikapi krisis kewibawaan pemerintah yang ter¬lihat dari sering jatuh bangunnya kabinet yang terjadi pada masa De¬mo¬krasi Li-beral. Langkah pertama Pre¬siden Soe-karno untuk mewujudkannya adalah mem¬bentuk Dewan Nasional pada tang¬gal 6 Mei 1957.
----------------------------------Jawaban: A

13.    Pembahasan CERDAS:
Konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina terjadi karena Rusia melaku-kan pengambilalihan wilayah Crimea. Secara administratif, Crimea meru¬pa-kan wilayah Ukraina. Akan tetapi, se-bagian besar penduduk Crimea meru-pa¬kan etnik Rusia. Oleh karena itu, Ru-sia berusaha mengambil alih wilayah ter¬sebut dengan tujuan melindungi et-nik Rusia di Ukraina.
----------------------------------Jawaban: B

14.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Dalam upaya pembebasan Irian Barat, Amerika Serikat turut mendesak Be¬lan-da agar bersedia berunding dengan Indonesia.
Alasan: benar
Upaya pembebasan Irian Barat ber-lang¬sung pada masa Perang Dingin. Pa¬da saat itu, Uni Soviet bersedia mem¬bantu persenjataan TNI untuk membebaskan Irian Barat. Oleh kare¬na itu, Amerika Serikat mendesak Be¬lan¬da untuk mencegah terseretnya Uni Soviet lebih jauh dalam upaya pem¬be-basan Irian Barat.
----------------------------------Jawaban: A

15.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan: benar
Salah satu agenda reformasi adalah a-mendemen UUD 1945. Munculnya ag-enda tersebut disebabkan UUD 1945 belum sempurna dan rentan disele-wengkan. Salah satu buktinya adalah belum ada pasal yang mengatur ten-tang masa jabatan presiden. 
Alasan: salah
Indoktrinasi yang dilakukan pemerin¬tah Orde Baru adalah indoktrinasi Pan-casila.
----------------------------------Jawaban: C

16.    Pembahasan CERDAS:
Pendekatan geografi yang sesuai un¬tuk mengkaji pelaksanaan program trans¬-migrasi adalah pendekatan kom¬pleks wilayah. Pendekatan ini meru¬pa¬kan perpaduan antara pendekatan ke-ruangan dan ekologi. Dengan pende-katan tersebut akan diperoleh lokasi transmigrasi yang baik dan sesuai un-tuk penduduk.
----------------------------------Jawaban: E
17.    Pembahasan CERDAS:
Pergeseran posisi Matahari ke arah Be¬lahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Se¬latan disebut gerak semu Matahari. Disebut sebagai gerak semu karena se-be¬narnya Matahari tidak bergerak. Ge-rakan ini terjadi akibat revolusi Bu¬mi de¬ngan sumbu rotasi yang miring. Aki-bat gerak semu Matahari, terdapat per¬ubahan musim di Bumi Bagian Uta-ra dan Bumi Bagian Selatan. Musim- musim di Bumi Bagian Utara adalah mu¬¬sim semi (21 Maret–21 Juni), mu-sim panas (21 Juni–23 September), mu-sim gugur (23 September–22 De-sember), dan musim dingin (22 De¬sem-ber–21 Maret).
----------------------------------Jawaban: C

18.    Pembahasan CERDAS:
Pelapukan adalah peristiwa ketika ba-tuan mengalami proses pengelupasan oleh tenaga eksogen atau dikatakan se¬bagai proses perusakan batuan. Fak-tor yang memengaruhi terjadinya pe¬la-pukan adalah temperatur harian, air, organisme, cuaca harian, angin, dan gletser.
-----------------------------------Jawaban: E

19.    Pembahasan CERDAS:
Tanah subur adalah tanah yang me¬mi-liki komposisi bahan organik dan anor-ganik yang tepat. Selain itu, tanah su-bur memiliki kandungan unsur hara yang cukup untuk pertumbuhan ta¬nam-an. Karakteristik tanah subur, ya¬itu memiliki sirkulasi udara yang baik, mengandung banyak bahan organik, dan tekstur tanah gembur.
----------------------------------Jawaban: C

20.    Pembahasan CERDAS:
Radial sentripetal adalah pola menjari yang alirannya menuju satu titik atau pusat. Pola ini terbentuk di daerah lem¬-bah atau cekungan, seperti daerah yang dikelilingi gunung. Sementara itu, pola radial sentrifugal adalah pola alir-an menjari yang alirannya berasal dari pusat kemudian menyebar keluar. Po¬la ini terbentuk di daerah gunung atau bukit.
----------------------------------Jawaban: E

21.    Pembahasan CERDAS:
Awan cumulo nimbus dikenal sebagai awan penyebab terjadinya hujan lebat yang disertai dengan kilat dan guntur. Awan cumulo nimbus merupakan jenis awan hitam yang sangat tebal. Ben¬tuk-nya bergumpal bertumpuk-tumpuk ke atas dengan bagian bawah relatif rata.
----------------------------------Jawaban: B

22.    Pembahasan CERDAS:
Persaingan hidup antarfauna dapat me¬¬nyebabkan persebaran flora dan fau¬¬na. Fauna yang tidak mampu ber-saing dalam memperebutkan wilayah kekuasaan dan bahan makanan, akan melakukan migrasi ke tempat lain. Tu-juan migrasi adalah mencari wilayah baru yang dapat mendukung kelang-sung¬an hidup fauna.
----------------------------------Jawaban: B

23.    Pembahasan CERDAS:
Dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi di suatu wilayah adalah keku-rang¬¬an lapangan kerja dan sarana pen-didikan. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang baik bagi suatu ne-gara terhadap bidang pendidikan dan perekonomian jika angka pertum¬buh¬an penduduknya termasuk tinggi.
----------------------------------Jawaban: C

24.    Pembahasan CERDAS:
Minyak bumi adalah bahan tambang yang memiliki berbagai manfaat dalam kehidupan, termasuk residunya. Man-faat residu minyak bumi sebagai beri-kut.
1)    Parafin digunakan dalam proses pem¬buatan obat-obatan, tutup bo¬¬tol, dan industri tenun.
2)    Aspal digunakan sebagi pengeras jalan raya.
----------------------------------Jawaban: B

25.    Pembahasan CERDAS:
Pohon di hutan lindung harus diper-tahankan keberadaannya. Melesta¬ri-kan hutan lindung dapat dilakukan de-ngan mencegah illegal logging dan per¬-buruan liar. Aktivitas tersebut me-nunjukkan upaya melestarikan ling-kung¬an hidup.
----------------------------------Jawaban: B

26.    Pembahasan CERDAS:
Kedua pernyataan merupakan pernya-taan yang benar dan saling berhu¬bung¬-an. Unsur-unsur lingkungan hidup antara satu dan lainnya saling terkait. Kerusakan pada satu unsur akan meng¬-aki¬batkan terjadinya ketidakse¬im-bangan ekosistem. Jadi, lingkungan hidup merupakan suatu sistem yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa subsistem yang menyusun lingkungan hidup.
----------------------------------Jawaban: A

27.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan dan alasan benar, kedua-nya saling berhubungan. Proyeksi peta harus memenuhi persyaratan berikut.
1)    Bentuk yang diubah harus tetap (con¬form).
2)    Luas permukaan yang diubah ha-rus tetap (equivalent).
3)    Jarak antara satu titik dan titik lain di permukaan daerah yang dipe¬ta-kan harus tetap (equidistance).
----------------------------------Jawaban: A

28.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1) dan (3). Penginderaan jauh digunakan untuk mendeteksi objek-ob¬-jek di Bumi. Objek yang dapat di¬in¬dera oleh teknologi penginderaan jauh adalah objek yang bersifat fisik, bukan prediksi dan aktivitas makhluk hidup. Dengan demikian, fenomena geosfer yang dapat dideteksi menggunakan peng¬inderaan jauh yaitu persebaran ba¬¬rang tambang, pola angin permu¬ka-an wilayah kutub, dan kondisi to¬po¬gra¬fi suatu wilayah.
----------------------------------Jawaban: B

29.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (2) dan (4). Desa swadaya dici-rikan dengan kondisi yang mulai ber-kembang. Penduduk desa masih me-miliki ikatan kuat terhadap adat istia-dat. Lembaga desa yang ada masih se-derhana. Sebagian besar penduduk de¬¬-sa berpendidikan rendah. Mata pen-caharian umum penduduk adalah pe-tani. Hasil pertanian untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Desa ini biasanya ter¬dapat di daerah pegunungan atau perbukitan.
----------------------------------Jawaban: C

30.    Pembahasan CERDAS:
Jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka (1), (2), dan (3). Salah satu in¬di-kator yang menunjukkan negara ma¬ju adalah penduduknya memiliki ke¬se¬jah-te¬raan tinggi. Contoh negara maju di du¬nia adalah Jerman di Eropa serta Je-pang dan Taiwan di Asia. Argentina me¬rupakan negara berkembang di Ame¬¬¬rika.
----------------------------------Jawaban: A

31.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri Sosiologi yaitu bersifat empiris, teoretis, kumulatif, dan nonetis. Em-piris, artinya Sosiologi merupakan ilmu berdasarkan observasi dan logika, bu-kan atas dasar wahyu ataupun hasil spekulasi.
----------------------------------Jawaban: A
32.    Pembahasan CERDAS:
Nilai moral bersumber pada unsur ke-hendak (terutama pada tingkah laku manusia). Unsur kehendak manusia ber¬dasarkan norma sosial ataupun adat istiadat masyarakat. Minum-mi-numan keras, mengonsumsi nar¬ko¬ba, serta clubing merupakan contoh pe-lang¬garan terhadap nilai moral.
----------------------------------Jawaban: B

33.    Pembahasan CERDAS:
Motivasi merupakan dorongan dari da-lam diri seseorang untuk melakukan tindakan. Contoh interaksi sosial yang dipengaruhi oleh faktor motivasi ada-lah Difta bersama kelompoknya ber¬la-tih menari agar dapat memenangi per-tandingan di tingkat kabupaten. Ada-nya keinginan tersebut menunjukkan motivasi dalam diri Difta dan kelom-poknya untuk mencapai tujuannya.
----------------------------------Jawaban: D

34.    Pembahasan CERDAS:
Ascribed status identik dengan stra-tifikasi sosial bersifat tertutup. Kedu-dukan yang diperoleh melalui kela¬hir-an. Keturunan sebagai bangsawan me-ru¬pakan kedudukan yang diperoleh me¬-lalui kelahiran.
----------------------------------Jawaban: A

35.    Pembahasan CERDAS:
Ilustrasi pada soal menunjukkan pro¬ses terjadinya mobilitas sosial antar-generasi vertikal turun karena anak ti-dak bersedia melanjutkan pendi¬dik¬an-nya. Akibatnya, terjadinya konflik an¬ta-ra orang tua dan anak yaitu kon¬flik antara generasi orang tua dan anak ka-rena orang tua tidak setuju dengan ke-putusan anak untuk tidak melan¬jutkan pendidikannya. Kondisi terse¬but terja¬di karena orang tua meng¬inginkan ke¬baik-an dan kesuksesan da¬lam kehi¬dup¬an anak.
----------------------------------Jawaban: B
36.    Pembahasan CERDAS:
Perubahan yang direncanakan (plan¬ned change) yaitu perubahan yang se¬ngaja dilakukan melalui pro¬gram-pro¬gram tertentu untuk meng¬ubah kehi¬dup¬an masyarakat menjadi lebih baik. Relokasi warga dan mem¬ber¬sihkan su-ngai untuk meminimalkan banjir me¬ru-pakan contoh perubahan yang di¬ren-canakan.
----------------------------------Jawaban: B

37.    Pembahasan CERDAS:
Operative Institutions merupa¬kan lem-baga yang bertugas meng¬himpun po¬la-pola atau cara untuk mencapai tuju¬an. Contoh operative Institutions yaitu lembaga lembaga industri, lem¬baga keluarga, dan lembaga pen¬di¬dikan.
----------------------------------Jawaban: B

38.    Pembahasan CERDAS:
Kaum borjuis merupakan orang-orang yang memiliki modal produksi dan tergolong orang kaya sehingga me¬mi-liki kemampuan ekonomi yang tinggi. Sementara itu, kaum buruh tergolong orang yang memiliki kemampuan eko-nomi rendah. Dengan demikian, ilus-tra¬si pada soal menunjukkan sistem stratifikasi sosial berdasarkan eko¬no-mi.
----------------------------------Jawaban: C

39.    Pembahasan CERDAS:
Faktor pendorong terwujudnya ketera-turan sosial sebagai berikut.
a.    Adanya nilai dan norma sosial da-lam struktur sosial.
b.    Dilaksanakannya proses sosialisasi untuk menerapkan nilai dan norma sosial dalam kepribadian individu.
c.    Individu atau kelompok wajib me-lanjutkan dan memahami peran ni-lai dan norma sosial secara rege¬ne-rasi (proses internalisasi dan en¬kul-turasi).
d.    Berfungsinya sistem pengenda¬li¬an sosial dalam kehidupan ma¬sya¬ra-kat.
e.    Terdapat lembaga sosial yang meng¬¬organisasikan seluruh kebu-tuh¬an dan aktivitas anggota ma¬sya-rakat.
----------------------------------Jawaban: E

40.    Pembahasan CERDAS:
Kelompok referensi yaitu kelompok sosial yang men¬jadi acuan bagi se¬se-orang (bukan anggota kelompok) un¬tuk membentuk pribadi dan perila¬kunya. Girl band asal Korea pada no¬mor (4) merupkan contoh kelompok referensi karena Fani dan temannya untuk meniru style girl band tersebut.
----------------------------------Jawaban: D

41.    Pembahasan CERDAS:
Konflik sosial merupakan proses sosial ketika individu/kelompok berusaha me-menuhi tujuannya dengan cara me-nentang pihak lawan disertai ancaman atau kekerasan. Faktor-faktor penye-bab konflik yaitu perbedaan kepen-tingan, perbedaan kebudayaan, perbe-daan keyakinan, kesenjangan sosial, dan perubahan sosial.
----------------------------------Jawaban: B

42.    Pembahasan CERDAS:
Berikut fungsi manifes lembaga aga-ma.
a.    Memberikan pegangan dalam men¬¬-jalani kehidupan dan menye¬lesaikan masalah.
b.    Mengajarkan baik-buruk atau be-nar-salah.
c.    Mengawasi perilaku anggota ma-sya¬rakat melalui ajaran-ajaran a¬ga¬¬-ma dengan sanksi yang ber¬sifat hakiki.
d.    Menjaga hubungan antarumat ber¬-agama karena pada dasarnya se¬ti-ap agama mengajarkan ke¬pa¬da u-matnya untuk saling menga¬sihi dan menghormati pemeluk agama lain.
----------------------------------Jawaban: E

43.    Pembahasan CERDAS:
Globalisasi ditandai dengan pening¬kat-an interaksi antarnegara tanpa menge-nal batas teritorial. Oleh karena itu, glo¬balisasi mendorong berkembang¬nya kerja sama antarnegara baik di ting¬kat regional dan internasional. Ne¬gara-negara di dunia menjalin kerja sa¬ma dengan negara lain agar dapat me-majukan negaranya dan mencukupi ke-butuhan domestik. Kondisi ini ter¬ja¬di karena suatu negara belum tentu da-pat mencukupi kebutuhannya sen¬di¬ri sehingga negara tersebut mela¬ku¬kan impor.
----------------------------------Jawaban: A

44.    Pembahasan CERDAS:
Pernyataan benar
Perubahan sistem bercocok tanam meng¬¬gunakan tenaga hewan ternak men¬jadi tenaga mesin menunjukkan per¬ubahan sosial yang dialami oleh ma¬-syarakat petani. Perubahan sosial tersebut merupakan perubahan dari masyarakat tradisional menjadi ma¬sya¬-rakat modern.
Alasan benar
Berdasarkan perkembangannya, peru-bah¬an sosial dapat dibedakan menjadi perubahan progres dan regres. Peru-bah¬an sosial dalam masyarakat yang mengarah pada kemajuan disebut pe-ru¬bahan progres, sedangkan peru¬bah-an sosial yang mengakibatkan kemun-duran dalam masyarakat disebut peru-bahan regres.
Pernyataan benar, alasan benar, tetapi nggak ada hubungan.
----------------------------------Jawaban: B

45.    Pembahasan CERDAS:
Teknik sampling berstrata yaitu teknik pengambilan sampel yang di¬gunakan apabila po¬pulasi terdiri atas susunan kelompok ber¬tingkat atau memiliki stra¬tifikasi berbeda. Teknik ini meng¬gu-nakan pro¬porsi besar kecil¬nya ang¬go¬ta lapisan dari populasi. Dengan de-mikian, pernyataan dan alasan pada so¬al benar dan menunjukkan hubung¬an sebab akibat.
----------------------------------Jawaban: A

46.    Pembahasan CERDAS:
Pd                =Ps-subsidi
-1/3Q+10    =1/3Q+4-2
-1/3Q+10    =1/3Q+2
-1/3Q-1/3Q=2-10
-2/3Q          =-8
      Q           =12
Jika Q=12, maka:
P=-1/3Q+10 =-1/3(12)+10=6
Jadi, nilai Q=12 dan P=6
----------------------------------Jawaban: A

47.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna an¬¬-tara lain terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang diperjual¬be¬likan bersifat homogen, penjual dan pem¬beli bebas keluar masuk pasar, pen¬¬jual dan pembeli memiliki infor¬ma¬si yang lengkap tentang pasar, harga terbentuk akibat kekuatan permintaan dan penawaran. Ciri-ciri yang disebut-kan pada soal termuat pada ciri pasar persaingan sempurna.
----------------------------------Jawaban: D

48.    Pembahasan CERDAS:
IL    = ∑ (Pn x Qo) / ∑ (Po x Qo) x 100 %
    =(81.600+224.000+226.400+324.000)/ (90.000+138.000+260.000+225.000) x 100 %
    = 856.000 / 713.000 x 100 %
    = 120,06 %
----------------------------------Jawaban: B

49.    Pembahasan CERDAS:
C    = a + bY
    = 120.000 + 0,6 Y
S    = -a + (1-b) Y
    = -120.000 + (1-0,6) 60.000.000
    = -120.000 + 0,4 (60.000.000)
    = -120.000 + 24.000.000
    = 23.880.000
Jadi, tabungan masyarakat adalah Rp 23.880.000,00
----------------------------------Jawaban: A

50.    Pembahasan CERDAS:
Salah satu motivasi seseorang untuk memegang uang adalah motif ber¬tran-saksi. Hal ini dapat diartikan bahwa uang tersebut digunakan oleh sese¬o-rang untuk melakukan transaksi. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Pak Antoni. Ia bekerja untuk memper¬oleh uang yang nantinya akan digu¬na¬kan untuk bertransaksi yaitu untuk mem-beli keperluan sehari-hari dan un¬tuk membiayai sekolah anaknya.
-----------------------------------Jawaban: E

51.    Pembahasan CERDAS:
Komponen pengeluaran atau belanja pemerintah daerah meliputi belanja apa¬ratur daerah, belanja layanan pu-blik, dana bagi hasil, dan belanja tak terduga. Sedangkan belanja atau pe-nge¬luaran pemerintah pusat terdiri da-ri belanja pegawai, belanja modal, pem¬¬bayaran bunga utang, subsidi, be-lanja hibah, bantuan sosial, dan be¬lanja lain-lain.
----------------------------------Jawaban: A

52.    Pembahasan CERDAS:
Manfaat perdagangan internasional se¬¬suai dengan ilustrasi tersebut adalah diperolehnya transfer ilmu dan keah-lian dari tenaga kerja yang dida¬tang¬kan oleh perusahaan ke Indonesia. Hal ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan karena karyawan yang di-milikinya akan mengambil banyak pe¬la-jaran dari kemampuan orang Jepang tersebut sehingga akan meningkatkan keefektifan dan efisiensi perusahaan.
----------------------------------Jawaban: D


53.    Pembahasan CERDAS:
Transaksi ekstern merupakan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan de-ngan pihak-pihak di luar perusahaan, mi¬salnya dengan bank, konsumen, dan lain sebagainya. dari daftar transaksi di atas hanya nomor (1) dan (2) yang me-rupakan transaksi eksternal. Pada tran¬¬¬saksi nomor (1), pihak perusahaan memperoleh faktur atau surat bukti utang dari toko tempat membeli me-sin. Sedangkan transaksi nomor (2) pe-rusahaan melakukan transaksi pem¬ba-yaran hutang kepada pihak di luar pe-rusahaan.
----------------------------------Jawaban: C

54.    Pembahasan CERDAS:
Macam-macam kebutuhan manusia di¬-bagi menjadi empat, yaitu berda¬sar¬kan intensitasnya, berdasarkan waktu¬nya, berdasarkan sifatnya, serta ber-dasarkan subjeknya. Kebutuhan ber¬da-sarkan intensitasnya dibagi lagi men¬¬-jadi tiga, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan pri-mer meliputi kebutuhan untuk makan, menggunakan pakaian, serta memiliki tempat tinggal. Sedangkan kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer ter-penuhi seperti membeli mobil. Kebu-tuhan tersier merupakan kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pri-mer dan sekunder terpenuhi, seperti ba¬rang-barang mewah yang dimiliki untuk menunjukkan stasus sosial (pres-tige). Berdasarkan pilihan daftar kebutuhan Bu Desy, yang merupakan kebutuhan berdasarkan intensitasnya adalah nomor (1), (2), dan (5).
----------------------------------Jawaban: E

55.    Pembahasan CERDAS:
Kebijakan pemerintah untuk mengon-versi minyak tanah ke gas akan mem-buat pemerintah mengalihkan subsidi yang pada awalnya diperuntukkan un-tuk BBM sekarang subsidi dialihkan ke gas. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap bisa membeli gas sesuai dengan kemampuan mereka terutama untuk rakyat kecil.
----------------------------------Jawaban: B

56.    Pembahasan CERDAS:
Permasalahan pokok ekonomi modern dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a.    What: Apa jenis barang yang akan diproduksi
b.    How: Bagaimana cara mempro¬duk-si barang tersebut.
c.    For whom: Untuk siapa barang ter-sebut diproduksi
Dari kegiatan-kegiatan ekonomi yang terdapat pada soal, yang dapat men-jawab pertanyaan atas permasalahan po¬kok ekonomi modern adalah nomor (1), (2), dan (4).
----------------------------------Jawaban: C

57.    Pembahasan CERDAS:
Terdapat tiga alternatif pekerjaan yang dapat dipilih oleh Hendra setelah ia lu-lus S1. Namun, Hendra tidak memilih ketiga alternatif tersebut, justru ia me-milih untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri. Dengan demikian, biaya yang dikorbankan oleh Hendra adalah pekerjaan dengan gaji yang paling be-sar dibandingkan dengan alternatif pi-lih¬an yang lain.


Pekerjaan tersebut berasal dari pe¬ru-sa¬haan B dengan gaji:
Rp 6.000.000,00.
----------------------------------Jawaban: D

58.    Pembahasan CERDAS:
Ciri-ciri sistem ekonomi liberal antara lain pemerintah tidak ikut campur ta-ngan atas kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi berorientasi pada laba yang optimal, sumber produksi dikuasai o¬leh swasta, masyarakat berinovasi dan berinisiatif dalam kegiatan eko¬nomi, per¬¬saingan usaha ketat, efek¬ti¬vitas dan efisiensi produksi tinggi, ke¬sen-jang¬¬an ekonomi dan sosial tinggi, dan perekonomian cenderung tidak sta¬bil. Berdasarkan pernyataan-per¬nya¬taan     ter¬¬sebut tercantum pada ke¬baikan da¬ri sistem ekonomi liberal.
-----------------------------------Jawaban: E

59.    Pembahasan CERDAS:
Produsen adalah orang yang berperan untuk menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa dalam rangka untuk memperoleh keuntungan. Berdasar¬kan kutipan ilustrasi di atas, peran Ivan sebagai produsen ditunjukkan oleh pi-lihan B, C, D, dan E. Sedangkan pilihan A adalah peran Ivan sebagai seorang kon¬sumen.
----------------------------------Jawaban: A

60.    Pembahasan CERDAS:


 
Penjelasan kegiatan masing-masing a-rus yang ditunjukkan oleh gambar:
1    = Impor barang-barang dari luar ne-geri ke dalam negeri.
2    = Pembayaran atas impor barang dari luar negeri.
3    = Balas jasa berupa pembayaran a-tas kegiatan ekspor sumber da¬ya a-lam.
4    = Ekspor sumber daya alam dari dalam negeri ke luar negeri.
5    = Pembayaran pajak dari para pro¬¬¬¬dusen kepada pemerintah.
Jadi, jawaban yang sesuai dengan arus nomor 4 adalah terjadinya kegiatan ekspor sumber daya alam dari dalam negeri ke luar negeri.
----------------------------------Jawaban:  B

Demikian Kunci Jawban Prediksi Soal TKD SBMPTN Soshum 2018. semoga bermanfaat
Lihat Content Blog ini di Aplikasi KeceApps
klik gambar diatas untuk download App atau ketik KeceApps di Play store

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Prediksi Soal TKD SBMPTN SOSHUM 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel