Tabel 1.1 Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Tugas PKN

Kkaktrichannel~Berikut Contoh Soal dan jawaban soal PKN yang diambil dari buku paket PKN kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 yang cuplikannya seperti ini Tabel 1.1 Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Tugas PKN kelas 7, soal itu berada dihalaman 12 buku paket pkn kelas 7, adapun jawaban yg tertera di blog ini adalah jawaban admin yg di share sebagai bahan Evaluasi adik adik setelah menjawab soal yang ada di buku paket, jangan dijadikan jawaban ini sebgai bahan sekedar contekan namun jadikan jawaban ini sebagai kunci jawaban evaluasi adik adik dalam mengerjakan soal berikut ini : 


Tabel 1.1 Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Tugas PKN


Tabel 1.1 Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
No.
Aspek
Informasi
Uraian

1

Pendiri negara
Perumus dasar negara
1.    Mr. Muh Yamin
2.    Prof. Dr. Mr. Soepomo
3.    Ir. Soekarno

2

Perbedaan dan
Persamaan usulan
Rumusan dasar negara
Perbedaan : Pada Piagam Jakarta yang pertama mencantumkan tulisan: “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.”(lebih mengkhususkan terhadap agama Islam saja) Sedangkan rumusan Pancasila dipembukaan UUD 1945 alinea ke-4, sila ke 1tertulis:”Ketuhanan Yang Maha Esa”. (Lebih bersifat universal dengan saling menghormati antar umat beragama).
Persamaan : Pada tiap rumusan selalu dicantumkan kata Ketuhanan.4. Masing-masing rumusan mencantumkan kata-kata berkebangsaan Internasional (Sebagai subjek hukum Internasional)

3

Pembentukan
Panitia Sembilan
Panitia sembilan dibentuk sebelum masa sidang ke-2 BPUPKI dengan tujuan untuk merumuskan Piagam Jakarta(Jakarta Charter)

4

Keanggotaan
Panitia Sembilan
Panitia Sembilan adalah panitia yang beranggotakan 9 orang yang bertugas untuk merumuskan dasar negaraIndonesia yang tercantum dalam UUD 1945. Panitia Sembilan dibentuk pada 1 Juni 1945. Adapun anggota Panitia Sembilan adalah sebagai berikut:
  1. Ir. Soekarno (ketua)
  2. Drs. Moh. Hatta (wakil ketua)
  3. Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
  4. Mr. Muhammad Yamin (anggota)
  5. KH. Wachid Hasyim (anggota)
  6. Abdul Kahar Muzakir (anggota)
  7. Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota)
  8. H. Agus Salim (anggota)
  9. Mr. A.A. Maramis (anggota)

5

Piagam Jakarta
Piagam Jakarta adalah dokumen historis berupa kompromi antara pihak Islam dan pihak kebangsaan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) untuk menjembatani perbedaan dalam agama dan negara. Disebut juga "Jakarta Charter". Merupakan piagam atau naskah yang disusun dalam rapat Panitia Sembilan atau 9 tokoh Indonesia pada tanggal 22 Juni1945. Piagam ini disusun karena wilayah Jakarta yang besar, meliputi 5 kota dan satu kabupaten, yaituJakarta PusatJakarta BaratJakarta TimurJakarta UtaraJakarta Selatan, dan Kepulauan Seribu. Oleh karena itu, provinsi DKI Jakarta dibentuk dengan piagam tersebut dan menetapkan Soewirjo sebagai gubernur DKI Jakarta yang pertama sampai 1947.


Demikian Jawaban Tabel 1.1 Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara, semoga bermanfaat

0 Comments

Posting Komentar