Aktivitas 2.2 PKN kelas 7 halaman 40

Kkaktri channel ~ Berikut Contoh Soal dan jawaban soal PKN yang diambil dari buku paket PKN kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 yang cuplikannya seperti ini Aktivitas 2.2 PKN kelas 7 halaman 40 soal itu berada dihalaman 40 buku paket pkn kelas 7 pada Bab 2 Norma dan keadilan , adapun jawaban yg tertera di blog ini adalah jawaban admin yg di share sebagai bahan Evaluasi adik adik setelah menjawab soal yang ada di buku paket, jangan dijadikan jawaban ini sebagai bahan sekedar contekan namun jadikan jawaban ini sebagai kunci jawaban evaluasi adik adik dalam mengerjakan soal berikut ini :

Aktivitas 2.2 PKN kelas 7 halaman 40


Aktivitas 2.2

1. Amatilah berbagai norma kesopanan, termasuk kebiasaan dan adat  istiadat yang berlaku di sekitar kalian, baik di lingkungan sekolah, pergaulan, dan masyarakat. Seperti norma kesopanan dalam tata 
cara berpakaian, tata cara berbicara, tata cara berperilaku (bertamu, ijin keluar kelas). Kebiasaan pulang kampung, saat petani akan memetik hasil bumi, dan yang lain. Sedangkan adat istiadat seperti tata cara membagi warisan, tata cara pemberian nama marga, tata cara menyelesaikan sengketa dalam masyarakat, upacara kelahiran, upacara perkawinan, dan upacara kematian.

2. Cari informasi dari berbagai sumber dengan membaca, mengamati, dan mewawancarai tokoh masyarakat/adat tentang apa tingkah laku yang diatur dalam (isi) norma, bagaimana tata cara melaksanakan norma, apa sanksi terhadap pelanggaran norma tersebut.

3. Susun laporan hasil pengamatan dalam bentuk displai atau bahan tayang lain. Lengkapi dengan gambar atau video agar lebih jelas. Kembangkan kreativitas bahan tayang agar menarik. 

4. Sajikan hasil pengamatan kalian dalam pameran kelas atau di depan kelas.

5. Bandingkan hasil tugas kalian dengan teman di kelas. Seandainya hasil tugas teman kalian lebih bagus, maka menjadi bahan masukan untuk tugas berikutnya.


Bantuan Perkiraan Jawaban Aktivitas 2.2

1. untuk melihat aktivitas yang berkaitan dengan norma kesopanan kita dapat mengamatinya di lingkungan kita masing-masing, yang sederhana adalah cara berpakaian, umumnya kita melihat untuk orang Indonesia Khususnya Wanita Muslim wajib menjaga kesopannnya dengan cara menutup semua auratnya seperti mengenakan jilbab atau hijab, pada umumnya sebagian wanita muslim maupun non muslim di sekitar lingkungan kita sudah mengenakan pakaian yang Sopan tetapi ada juga sebagian kecil yg mengenakan pakaian yang agak minim dan itu bukanlah budaya kita sebagai orang Timur namun mereka meniru budaya Barat dan hal tersebut dikatakan dapat melenggar norma kesopanan di daerah kita atau di budaya Indonesia. kemudian contoh lainnya yang sederhana adalah cara kita dalam makan, biasanya kita makan dengan cara duduk dan makan menggunakan tangan kanan , hal tersebut sesuai dengan norma kesopanan yang kita anut, namun dapat kita amati ada sebagian dari kita juga melakukan pelanggaran norma kesopan dalam makan seperti makan berdiri dan sambil jalan, makan menggunakan tangan kiri, bersendawa yang terlalu. lain hal nya juga dalam bertamu biasanya kita harus mengucapkan salam terlebih dahulu atau mengetuk pintu dan hal tersebut memang merupakan norma kesopanan yah harus kita patuhi , namun dari sebagian kita juga ada yg melanggar hal tersebut seperti tidak permisi dalam bertamu atau langsung masuk rumah orang lain saja.tidak permisi melewati jalan ketika ada orang banyak yang ada di sekitar jalan tersebut.

sedangkan untuk melihat aturan norma Adat Istiadat kita harus datang ke pedesaan karena norma adat istiadat itu masih kental di daerah pelosok atau desa, sedangkan di daerah perkotaan biasanya norma adat sudah pudar atau tidak terpakai lagi, banyak sekali aturan adat istiadat yang ada di Indonesia, hal tersebut tergantung dengan wilayah tertentu, karena setiap desa atau wilayah memiliki aturan adat istiadat yang berbeda beda seperti halnya adalah perbedaan tata cara pemberian marga atau keturunan di daerah tertentu akan berbeda dengan daerah lainnya , contohnya di daerah sumatera utara garis keturunan diturunkan dari sang Ayah atau disebut Patrilineal sedangkan di daerah sumatera barat menganut sistem matrilineal atau dari keturunan sang Ibu. Banyak contoh lain untuk norma adat istiadat contohnya tentang upacara kematian, pada tradisi di bali kita megenal Upacara Ngaben yaitu adat istiadat tentang tata cara pembakaran mayat.

2. untuk menjawab nomor 2 ini kkatri akan memeberikan sedikit iformasi atu cuplikan berita yang dapat menjadi referensi dalam menjawab soal ini, berikut artikel beritanya :

Dengan asal muasal leluhur dari suku Dayak Ma'anyan, membuat mayoritas penduduk di Desa Warukin, Kabupaten Tabalong adalah suku Dayak Ma'anyan.
Tak heran hingga saat ini disamping hukum positif yang berlaku di negara kita, di desa ini aturan dan sanksi berdasarkan hukum adat juga masih diterapkan. Hukum adat bisa terjaga dengan adanya Lembaga Adat Dayak Ma'anyan Warukin yang kiblat adatnya Banua Lima atau mencakup wilayah Kalteng.
"Kitab hukum adatnya pakai hukum adat Banua Lima Tamiyang Layang Kalteng," kata Kades Warukin, Dedy Unjang. Dengam keberadaan lembaga adat dan kitab hukum adat itulah diatur apa saja yang dilarang beserta sanksi yang bisa diberikan.
Baca: Parang dan Sumpit Peninggalan Leluhur yang Tersimpan, Hanya Dibuka Ketika Aruh Besar Disampaikan Dedy, salah satu perbuatan yang terlarang adalah melakukan perbuatan asusila. Apabila terbukti melakukan perbuatan asusila sanksinya akan dikenakan pembayaran denda adat. "Denda adat bisa berupa babi satu ekor, ayam dan beras serta sejumlah uang yang sudah ditentukan dalam kitab adat," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)
Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Hukum dan Sanksi Adat Masih Diberlakukan Hingga Sekarang di Tempat Ini,
https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/05/10/hukum-dan-sanksi-adat-masih-diberlakukan-hingga-sekarang-di-tempat-ini.
Penulis: Dony Usman Editor: Didik Trio

untuk no 3, 4, 5 adalah aktivitas adik adik untuk mempresentasikan hasil laporan, ya kka sarankan adik-adik harus benar-benar prepare dalam mengajukan laporan yang adik-adik buat jangan asal-asalan.

Demikian postingan kali ini untuk Aktivitas 2.2 PKN kelas 7 halaman 40. semoga bermanfaat.

1 komentar


EmoticonEmoticon