Diskusikanlah Jenis teks Deskripsi ditinjau dari bentuknya ! Bahasa Kelas 7

Blog : kkatrichannel.info
Ringkasan Pertanyaan : Diskusikanlah Jenis teks Deskripsi ditinjau dari bentuknya !
Judul materi : Mengindentifikasi Jenis Teks Deskripsi
Materi Kelas : 7 (Tujuh) semester 1
Tema Materi : Belajar Mendeskripsi

Jawaban soal  Mengindentifikasi Jenis Teks Deskripsi Kelas 7

Ringkasan Materi :
Soal dan Jawaban Soal Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi ada di dalam buku paket Bahasa Indonesia  kurikulum 2013. soal ada di halaman 8. untuk jawaban diambil dari olah pikir admin yang dapat digunakan sebagai reverensi belajar adik-adik dalam belajar materi teks deskripsi di kelas 7 .

2. Mengidentifikasi Jenis Teks Deskripsi
diskusikan hal-hal berikut
a. jenis teks deskripsi ditinjau dari bentuknya
b. Tulis dengan bahasamu sendiri jenis teks deskripsi ditinjau dari kemandiriannya sebagai sebuah jenis teks !

Jawaban :
a. Ditinjau dari bentuknya teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan teks deskripsi yang menjadi bagian teks lain (cerpen, novel, lagu, iklan, dan lain-lain). Teks deskripsi menggunakan sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek, permai)

b. Teks deskripsi adalah sebuah teks yang memiliki gagasan utama yang disampaikan dengan mendeskripsikan secara terperinci mengenai sebuah tempat, objek, atau peristiwa untuk membuat para pembacanya seakan mengalami atau merasakan apa yang menjadi topik dalam teks tersebut.

Contoh Teks Deskripsi
Ayah, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaanya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Si Bagas, Kelinciku

Kelinciku bernama Bagas. Kunamakan Bagas karena saya berharap kelinci kesayanganku itu selalu sehat dan bugar. Bagas memiliki bulu yang lebat dan putih bersih. Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang. Bibir mungilnya yang merah muda sungguh menggemaskan. Telinganya panjang dan melambai-lambai kalau dia berlari.

Bagas sangatlah manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. Sebelum kuelus-elus dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperi orang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu.

Bagas memiliki perilaku unik. Kalau marah, Bagas melakukan atraksi yang menarik. Dia menggunakan kaki belakangnya dan melompat dalam jangkauan yang begitu jauh. Buk! Sering terdengar dia menjatuhkan diri. Kadang dia melompat sampai sejauh tiga meter. Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan. Dengan menggunakan kaki belakangnya pula, dia berdiri sangat tinggi seperti sedang menunjukkan bahwa dia bisa menarik perhatian kita.

0 Comments

Posting Komentar