Latihan Perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan pada kolom kiri, Bahasa Indonesia kelas 7

Blog : kkaktrichannel.info
Ringkasan Pertanyaan : Latihan Perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan pada kolom kiri
Judul materi : Menggunakan Kata Penghubung, Pelesapan, Kata Acuan
Materi Kelas : 7 (Tujuh)
Tema Materi : Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
KJ Buku Paket Bahasa Indonesia kelas 7
Ringkasan Materi :
Menggunakan Kata Penghubung, Pelesapan, Kata Acuan, Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 111, Bahasa kelas 7 ini adalah soal yang diambil dari Buku Paket Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk kelas 7 ada di halaman 111. adapun jawabn soal yang tertera adalah hasil olah pikir Admin yang diperuntukan bagi siswa dan pembaca blog sebagai bahan reverensi belajar kalian dalam mempelajari bahasa indonesia kelas 7.
Latihan Perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan pada kolom kiri, Bahasa Indonesia kelas 7


Menggunakan Kata Penghubung, Pelesapan, Kata Acuan
Langkah dalam panduan dapat dihubungkan dengan ungkapan seperti kemudian, sekarang, berikutnya, setelah ini. Kadang-kadang penulis menggunakan suatu penghubung yang diulang terlalu sering. Untuk itu diperlukan pelesapan. Pelesapan adalah penghilangan bagian tertentu yang sama dan sudah disebutkan sebelumnya. Pelesapan biasanya terdapat pada kalimat majemuk rapatan.

Kalimat majemuk rapatan adalah gabungan beberapa kalimat tunggal yang karena subjek, predikat, atau objeknya sama sehingga bagian yang sama disebutkan hanya sekali. Pelesapan juga banyak dilakukan pada teks prosedur.
  1. Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit.
  2. Aduk terus (tepung dan santan yang dimasak) hingga mengental dan berwarna kecoklatan.
  3. Angkat adonan dan setelah dingin cetak (hasil tepung dan santan yang telah mengental) hingga membentuk persegi panjang.
  4. Taburi wijen di atasnya (hasil tepung dicampur santan yang telah mengental dan telah dibentuk menjadi persegi panjang)
  5. Iris (hasil tepung dicampur santan yang telah mengental dan telah dibentuk menjadi persegi panjang serta ditaburi wijen) setebal 2 cm, kemudian bungkus dengan plastik.
  6. Kemas pada kardus kecil

Latihan: perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan pada kolom kiri

Kata KeteranganContoh
Bersihkan sepatu dengan lap basah dan keringkan. Setelah sepatu kering, semir dengan menggunakan kain tebal.Bersihkan sepatu dengan lap basah dan keringkan; kemudian semir dengan menggunakan kain tebal.
Bentuk adonan bulat-bulat lalu panggang adonan sampai adonan berwarna kecoklatanBentuk adonan bulat-bulat lalu panggang sampai berwarna kecoklatan
Masak tepung ketan dan cairan santan selama 30 menit. Selama memasak terus aduk tepung dan santan hingga mengental.Masak tepung ketan beserta cairan santan selama 30 menit, kemudian aduklah hingga benar benar mengental.

Demikianlah Latihan Perbaikilah kalimat yang belum dilesapkan pada kolom kiri, Bahasa Indonesia kelas 7. Semoga bermanfaat

0 Comments

Posting Komentar