Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86

kkaktri ~ Pencarian Google Search : Jawaban Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86 atau pertanyaan di Brainly yaitu Jawaban soal no 1 Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86 , berikut kkaktri kasih kunci jawaban soal Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86 tersebut yaitu soal Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86, Bahasa Indonesia kelas 9 itu merupakan cuplikan yang berada di soal aktivitas di buku paket bahasa Indonesia kelas 9 Semester 1 Bab 3  yang topik bahasan tentang Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86. adapun jawaban yang ada di blog ini adalah jawaban kaka yang digunakan untuk evaluasi adik-adik setelah adik-adik menjawab soal tersebut.
Cerpen apakah yang menarik buatmu, Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 86

Sekilan Info :
Cerpen merupakan cerita yang ditulis dengan kurang dari 10.000 kata, menggunakan alur tunggal, dan memakai satu tokoh atau peristiwa sebagai fokus cerita. Meski begitu, cerpen masih dapat memperoleh tempat di hati para penikmat sastra Indonesia, terlebih karena kemampuan cerita ini dalam menyajikan cerita dengan sangat menarik.

Selain bentuk Laporan, sertakan jawaban dari pertanyaan berikut :

1.cerpen apakah yg menarik buatmu,mengapa?

Jawaban:

Bagi saya, cerpen yang cukup menarik adalah Pohon Keramat karya Yus R. Ismail yang versi desa Kalidoso. Cerpen ini cukup menarik bagi saya karena mengusung topik kondisi masyarakat yang cukup aktual yakni masyarakat yang masih percaya hal takhayul, korupsi pembangunan, serta keengganan pemerintah kala itu untuk melakukan pembangunan di daerah sebelum warganya bergabung dengan partai penguasa.

2.tokoh mana yg kamu sukai,mengapa kamu menyukainya?siapa pula tokoh yg tidak suka,mengapa?

Jawaban:

Saya menyukai tokoh Pak Lurah dan Pak Camat. Meskipun keduanya hanya disebutkan satu kali, namun mereka cukup mengesankan. Hal ini karena mereka mendukung pembangunan di desa itu. Ini adalah ciri pemimpin yang berorientasi pada rakyat.

Adapun tokoh yang tidak saya suka adalah Pak Thohir yang tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan fasilitas umum yang baru berumur satu tahun di desa tersebut, meskipun ia dan para pemborongnya yang membangun fasilitas tersebut.

3.adakah kalimat atau ungkpan cerpen yang mengesankan buatmu,apa itu?apa makna bagimu?

Jawaban:

Bagi saya, kalimat ini cukup mengesankan: Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu.

Hal ini karena kalimat ini memberikan gambaran yang tepat tentang keindahan desa di Indonesia. Keindahan inilah yang harus kita lestarikan.

4.tulis rekomendasi kepada temanmu:teman,harus kamu menbaca cerpen ini.bagus sekali karna

Jawaban:

Saya merekomendasikan cerpen ini kepada teman sekalian karena cerpen ini bisa membantu kita untuk memahami keadaan masyarakat yang terjadi di masa lalu ketika tak semua masyarakat bisa mendapat pelayanan dan pembangunan yang adil dan setara dari pemerintah. Banyak daerah yang diabaikan sehingga tak sedikit masyarakat yang beralih mempercayai hal takhayul. Keadaan masyarakat kala itu begitu sulit. Jika ingin mendapat layanan dan pembangunan dari masyarakat, penulis menggambarkan bahwa masyarakat harus bergabung dengan partai pemerintah.

0 Comments

Posting Komentar