Metode Pemisahan Campuran Garam dari Air Laut

Kkaktricahnnel.info kali ini akan menjelaskan bagaimana cara atau metode pemisahan campuran garam dari air laut. banyak pertanyaan yang diajukan kepada admin kktrichannel tentang hal ini , oleh karena itu postingan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menghasilkan Garam dari Air laut atau bagaimna proses pembuatan garam ataupun Bagaimana Metode yang tepat untuk mendapatkan Garam yang berasal dari Air Laut. berikut penjelasan lengakap tentang Metode Pemisahan Campuran Garam dari Air Laut.

Metode Pemisahan Campuran Garam dari Air Laut


Hal yang dipertanyakan : Bagaimana Metode Pemisahan Garam dari Air Laut ?

Berikut jawaban dan penjelasannya : 

Cara yang paling tepat memisahkan garam dari air laut adalah dengan metode destilasi/ penyulingan.  Pembahasan lebih lanjut:

Air laut merupakan zat cair yang terdiri atas campuran air dan garam. Karena wujudnya cair, kita tidak dapat memisahkan garamnya dengan cara disaring biasa/ filtrasi. Cara yang lebih tepat adalah destilasi/ penyulingan. Destilasi/ penyulingan adalah  metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih zat penyusun. Prinsip penyulingan ini sama dengan siklus air. Mula-mula air laut yang dipanaskan oleh radiasi sinar matahari kemudian menguap menjadi butiran-butiran uap yang mengandung air. Uap airtersebut akan naik ke atas langit sebagaimana udara. Pada ketinggian tertentu, uap air mengalami proses pengembunan/ kondensasi oleh hawa dingin disekitarnya. Setelah mengembun, uap air akan menjadi air dan jatuh kembali ke bumi sebagai air hujan.

Nah pada penyulingan air laut ini, digunakan alat destilator. Air laut dalam tabung destilat dipanaskan hingga mendidih pada tekanan rendah sehingga menghasilkan uap air pada temperatur rendah. Pada proses ini, hanya air saja yang mengalami penguapan, sehingga setelah pengumpulan dan pengkondensasian uap, akan dihasilkan air bersih. Sebagai residu, di dalam wadah akan terlihat hasil pengendapan garam hasil penguapan tersebut.

Demikianlah jawaban atau penjelasan tentang Metode Pemisahan Campuran Garam dari Air Laut, semoga bermanfaat
Lihat Content Blog ini di Aplikasi KeceApps
klik gambar diatas untuk download App atau ketik KeceApps di Play store

Belum ada Komentar untuk "Metode Pemisahan Campuran Garam dari Air Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel