Ads 720 x 90

Tabel 5.3 daftar Pertanyaan Bentuk Perjuangan PKN Kelas 8

Judul : Tabel 5.3 daftar Pertanyaan bentuk Perjuangan PKN Kelas 8
Materi : PKN Kelas 8 Bab 5 Halaman 110
Sumber Soal : Buku Paket PKN Kelas 8 Semester 2  Kurikulum 2013
halaman : 110
Jawaban : Alternatif jawaban dari admin kkatricahannel.info
Note : Bukan sekedar Contekan tetapi sebagai bahan evaluasi adik adik dalam mengerjakan soal tentang Pertanyaan PKN Kelas 8 Halaman 110 dari buku paket kelas 8 tersebut
Berikut adalah Tabel 5.3 daftar Pertanyaan bentuk Perjuangan PKN Kelas 8
Tabel 5.3 daftar Pertanyaan Bentuk Perjuangan PKN Kelas 8

Memaknai Semangat Kejuangan Pemuda dalam PerjuanganKemerdekaan Republik Indonesia
Sebelum kita mengkaji lebih jauh tentang semangat kejuangan pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, silakan kalian secara berkelompok mengkaji bagaimana sepak terjang atau peran para pemuda khususnya yang menjadi Panitia Kongres Pemuda tahun 1928. Kalian setidaknya dapat memilih minimal tiga nama dari Panitia Kongres Pemuda 1928. Silakan gali informasi tentang apa peran dan keterlibatan nama tersebut dalam sejarah perjuangan kemerdekaan. Peserta dan Panitia Kongres Pemuda II di antaranya: Soegondo Djojopoespito (PPPI), R.M. Djoko Marsaid (Jong Java), Moehammad Yamin (Jong Sumateranen Bond), Amir Sjarifuddin (Jong Bataks Bond), Djohan Mohammad Tjai (Jong Islamieten Bond), R. Katja Soengkana (Pemoeda Indonesia), Senduk (Jong Celebes), Johanes Leimena (Jong Ambon), dan Rochjani Soe’oed (Pemoeda Kaoem Betawi).

Dalam kamus bahasa Indonesia, pemuda adalah orang muda laki-laki. Pemuda dikaitkan dengan Sumpah Pemuda tentunya menyangkut pemuda dan pemudi.Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dalam Pasal 1 dinyatakan bahwa pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun. Dilihat dari definisi tersebut, definisi tersebut hanya menunjukkan pada definisi pemuda dengan ukuran biologis semata. Pemuda bukanlah kategori universal biologis, melainkan suatu keadaan sosial yang berubah yang muncul pada waktu tertentu dan pada kondisi yang jelas. Anak muda mendapatkan lebih banyak tanggung jawab dibandingkan anak-anak, namun masih terikat kontrol orang dewasa.

Pada fase dari anak-anak menuju dewasa biasanya melibatkan fase pemberontakan. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, para pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo, didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia. Mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

Untuk dapat memahami tentang perjuangan para Pahlawan kalian dapat membuat pertanyaan dalam hal Bentuk Perjuangan Para Pahlawan ditabel di bawah ini :

Tabel 5.3 daftar Pertanyaan Bentuk Perjuangan PKN Kelas 8

1) Martha Christia Tiahahu

-Tahun lahir = 1800.

-Tahun perjuangan = 1800-1818

-bentuk perjuangan = membantu ayahnya Kapitan Pattimura dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda di Maluku.

2) RA Kartini

-Tahun lahir = 1879

-Tahun perjuangan = 1879-1904


-Bentuk perjuangan = Mewujudkan cita-citanya akan persamaan hak perempuan dengan laki-laki sehingga perempuan dapat menuntut ilmu dan bersekolah tinggi.

jawaban selengkapnya dapat dilihat di link berikut :
Jawaban lengkap Tabel 5.3 Daftar Pertanyaan Bentuk Perjuangan (Baca/Lihat Selengkapnya)

Demikianlah info jawaban Tabel 5.3 daftar Pertanyaan Bentuk Perjuangan PKN Kelas 8. semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter