Ads 720 x 90

Uji Kompetensi 5 PKN Kelas 8 Halaman 125

Judul : Uji Kompetensi 5 PKN Kelas 8 Halaman 125
Materi : PKN Kelas 8 Bab 5 Halaman 125
Sumber Soal : Buku Paket PKN Kelas 8 Semester 2  Kurikulum 2013
halaman : 125
Jawaban : Alternatif jawaban dari admin kkatricahannel.info
Note : Bukan sekedar Contekan tetapi sebagai bahan evaluasi adik adik dalam mengerjakan soal tentang Pertanyaan PKN Kelas 8 Halaman 125 dari buku paket kelas 8 tersebut
Berikut adalah Uji Kompetensi 5 PKN Kelas 8 Halaman 125
Uji Kompetensi 5 PKN Kelas 8 Halaman 125

Uji Kompetensi 5
Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 bukan hanya menggerakan para pemuda untuk meraih kemerdekaan, namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara. Sumpah Pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita, yang kemudian di bungkus dengan komitmen untuk senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air yang pertama-tama ditandai dengan disepakatinya bahasa universal antarbangsa, bahasa Indonesia.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia para Pemuda telah mampu memanfaatkan fase gejolak kepemudaan untuk diarahkan menjadi daya dorong dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sejarah mencatat organisasi pergerakan nasional pertama, yaitu Boedi Oetomo didirikan oleh mahasiswa Stovia di Batavia, mahasiswa tentunya termasuk dalam golongan Pemuda. Gelora untuk berjuang juga diwujudkan dalam bentuk organisasi pemuda lainnya seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Sumateranen Bond, dan lain-lain.

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana perasaanmu ketika sejarah mencatat begitu banyak peran pemuda dalam memerdekakan dan membangun bangsa?
2. Jika diperhatikan dalam wacana di atas, berikanlah karakteristik pemuda yang dapat disebut tulang punggung bangsa!
3. Jika kalian berada pada zaman yang sama saat Sumpah Pemuda Tahun 1928, hal-hal apa yang akan dilakukan untuk menunjukkan jiwa kepemudaan?
4. Pada masa perjuangan sebelum kemerdekaan, dengan keterbatasan yang dimiliki para pejuang sanggup menciptakan persatuan bangsa, apa yang dapat dilakukan pemuda sekarang dengan berbagai kemudahan seperti saat ini?
5. Lanjutkan wacana di atas dengan pernyataan, ”sebagai pemuda masa kini saya akan ....”

Jawaban soal Uji kompetensi 5 PKN Kelas 8
Jawaban No 1 :
Sangat bangga karena untuk melakukan perubahan itu sendiri harus memiliki potensi dan kompetensi pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perubahan. Pemuda memiliki potensi itu karena pemuda memiliki keinginan kuat untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik. Karakter pemuda, yaitu berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif. Karakter itu semua ada dalam pemuda yang berani melakukan perubahan

Jawaban No 2 :
Karakteristik Pemuda sebagai tulang punggung bangsa:

1. Menurut KBBI, pemuda adalah orang muda lakilaki; remaja; teruna. Pemuda adalah mereka yang memiliki keinginan kuat, semangat tinggi, cita-cita yang digantungkan di bintang, memiliki semangat yang terus berkobar.
2. Pemuda adalah mereka yang berjuang dengan semangat menggapai nilai-nilai luhur bangsa dan agamanya. Pemuda adalah mereka yang mempunyai cita-cita dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya.
3. Pemuda adalah mereka yang terus melakukan perubahan, mulai dari perubahan diri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara dan agama.
4. Pemuda merupakan generasi penerus, generasi pengganti dan generasi pembaharu pendahulu mereka, pemudalah yang akan menjadi tonggak perubahan suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa dapat dilihat dari pemudanya.
5. Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang No 40 th 2009 Tentang Kepemudaan mendefinisakan Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.
6. Kemudian Pasal 1 (2) menyebutkan Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan citacita pemuda.

Untuk jawaban no 3 dan seterusnya dapat dilihat di link berikut ini :
Jawaban Lengkap PKN Kelas 8 Uji Kompetensi 5 halaman 125 (Baca/Lihat Selengkapnya )

Demikianlah Uji Kompetensi 5 PKN Kelas 8 Halaman 125, semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter