Ads 720 x 90

Asesment Fisika SMA Latihan (US) Program IPA (Bagian 1)

kkaktrichannel~ Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1). sengaja admin buat judul tersebut untuk menarik kalian yang ingin mengetahui contoh asesment Fisika untuk SMA, Namun untuk kali ini sebenarnya admin postingan tentang Latihan untuk UJian Nasional (UN) SMA tahun 2020 yang katanya adalah Ujian Nasional Fisika Terakhir dan akan digantikan sebuah asesmen, berikut ini adalah judul postingan yang lainnya dari admin tentang selamat tinggal Ujian Nasional(UN) yang diganti Asesmen. Tetapi menurut admin Ujian Nasional juga bisa addmin katakan sebgai asesment namun skalanya Nasional dan ddiujikan diakhir pembelajaran setelah menempuh hampir 3 tahun di SMA, pengertian asesment sebenarnya merupakan tolak ukur dari penilaian seorang guru atas berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar.
Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Asesment Fisika bagian 1 Ujian Nasional 2020
Asesment sendiri secara pengertiannya dapat kalian baca dipostingan sebelumnya dari admin yang berjudul " Mengenal Asesment Fisika Pengganti UN Fisika ", silahkan kalian baca disitu. untuk postingan kali ini sebenarnya admin ingin membuat contoh beberapa asesment Fisika, agar kalian juga sedikitnya mendapatkan gambaran dari asesment itu sendiri, Namun dikarenakan untuk ksi-kisi asesmen belum dibuat oleh pemerintah , maka untuk saat ini admin berbagi dulu untuk Latihan Ujian Nasional Fisika SMA Tahun 2020, berikut soal Latihannya. semoga bermanfaat

Assesment Fisika SMA Bagian 1 terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan materi disesuaikan dengan kisi-kisi Ujian Nasional 2020. UN Fisika Program IPA , untuk soal selanjutnya dapat kalian kerjakan setelah kalian lulus dalam asesment pertama ini. untuk itu silahkan kalain coba atau kerjakan soal berikut ini, semoga sukses

Petunjuk: Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin


1. Naila mengukur panjang benda A dan B menggunakan Jangka sorong. Hasil pengukuran oleh Naila sebagai berikut:
no 1 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)
Selisih panjang benda A dan B berdasarkan aturan angka penting adalah ….
  1,3  cm
  1,356  cm
  1,37  cm
  1,4 cm
  1,40 cm

2. Sebuah partikel mula-mula berada di titik A (0 ; 0) bergerak menuju titik B (3 ; 4) selama 2 sekon, kemudian bergerak lagi selama 3 sekon ke titik C (12 ; -5). Jika sumbu X dan Y dalam satuan meter, besar perpindahan gerak partikel tersebut adalah ....
  5,0 m 
  9,0 m
  10,0 m 
 11,0  m
  13,0 m

3. Sebuah benda bergerak lurus memenuhi grafik v-t di bawah!
no 3 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Berdasarkan data grafik di atas perbandingan jarak yang ditempuh saat benda bergerak dengan percepatan tetap dan kecepatan tetap adalah ….
  1 : 2
  1 : 3
  1 : 4
  1 : 6
  2 : 3

4. Sebuah bola golf dipukul dengan sudut elevasi tertentu memenuhi persamaan gerak parabola v = 6 i + (8 – 10t) j dengan v dalam satuan meter persekon dan t dalam sekon. Dari persamaan ini dapat disimpulkan bahwa ….
 Kecepatan benda di titik tertinggi sama dengan nol
  Kecepatan awal bola adalah $14 m.s^{-1}$
  Waktu bola mencapai titik tertinggi adalah 1,6 s
 Ketinggian bola pada saat t  = 1 s adalah 9 m
  Persamaan posisi bola di titik tertinggi adalah r = 4,8 i + (3,2) j

5. Perhatikan gambar eksperimen gaya sentripetal berikut!
no 5 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Saat panjang tali diubah dari R menjadi ¾ R dengan kecepatan putar dijaga tetap, maka besar tegangan tali yang semula T akan menjadi ….
  5T/4
  3T/4
  T/3
  T/4
  T/5

6. Lift barang di pusat perbelanjaan hanya mampu mengangkut beban maksimum sebesar 208 kg  dengan percepatan awal = 0,4 m s-2  (g = 10 m s-2). Pak Obe (62 kg) pegawai di pusat perbelanjaan itu hendak memindahkan barang-barang dari lantai dasar ke lantai 4 dengan cara meletakkan barang-barang tersebut di atas kereta barang (20 kg) lalu naik lif ke lantai yang dituju.   Ada lima kotak barang dengan massa yang berbeda-beda seperti diperlihatkan tabel di bawah.
no 6 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Agar lift dapat mengangkut kotak barang dengan berat maksimum untuk sekali jalan, namun tetap memperhatikan kemampuan lif dan faktor keamanan, maka kotak yang dapat diangkut oleh Pak Obe adalah …
  Kotak 1, 2 dan 3 
  Kotak 1, 2 dan 4
  Kotak 1, 3 dan 4
  Kotak 2, 3 dan 5
  Kotak 3, 4 dan 5

7. Massa planet X dua kali massa planet Y, sedangkan jari-jari planet X setengah kali jari-jari planet Y, maka perbandingan percepatan gravitasi di permukaan planet X dan Y adalah ….
  1 : 1
 1 : 4
  1 : 8
  4 : 1
  8 : 1

8. Sebuah bola bermassa 100 gram jatuh bebas dari ketinggian tertentu di atas tanah (percepatan gravitasi bumi g = 10 m $s^{-2}$). Tabel di bawah merekam ketinggian (h), energi kinetik (Ek) dan energi potensial (Ep) bola pada saat tertentu dalam perisiwa tersebut.
no 8 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)
Dari tabel di atas dapat ditentukan tinggi bola (h) pada baris nomor 1, energi kinetik bola (Ek) pada baris nomor 2 dan energi potensial bola (Ep) pada baris nomor 3 berturut-turut adalah ….
  15 m, 5 J dan 2 J
  15 m, 13 J dan 5 J
  15 m, 20 J dan 13 J
  15 m, 50 J dan 5 J
  18 m, 5 J dan 13 J

9. Sebuah balok ditarik oleh gaya F sehingga bergerak sejauh S seperti diperlihatkan 4 gambar di bawah!
no 9 Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Dari 4 gambar di atas, gambar-gambar manakah yang besar usahanya sama ? ($cos 53^0 = 56 , cos 60^0 = 0,5$ )
  (1) dan (2)
  (1) dan (3)
  (1) dan (4)
 (2) dan (3)
  (3) dan (4)

10. Sebuah mobil dengan massa total 1000 kg dipacu dari keadaan diam di jalan lurus dan panjang dengan percepatan 2 m.$s^{-2}$. Setelah bergerak selama 10 s, mobil tiba-tiba direm dan berhenti setelah menempuh jarak 100 m sejak pengereman. Jika dari keadaan awal yang sama, diinginkan mobil berhenti pada jarak 200 m sejak pengereman, maka besar usaha oleh gaya rem adalah ….
  2 kJ
 10 kJ
  20 kJ
 100 kJ
  200 kJ


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter