Ads 720 x 90

Asesment Fisika SMA Latihan (US) Program IPA (Bagian 3)

kkaktrichannel~ Asesment Fisika SMA Latihan (US) Program IPA (Bagian 3). sengaja admin buat judul tersebut untuk menarik kalian yang ingin mengetahui contoh asesment Fisika untuk SMA, Namun untuk kali ini sebenarnya admin postingan tentang Latihan untuk UJian Nasional (UN) SMA tahun 2020 yang katanya adalah Ujian Nasional Fisika Terakhir dan akan digantikan sebuah asesmen, berikut ini adalah judul postingan yang lainnya dari admin tentang selamat tinggal Ujian Nasional(UN) yang diganti Asesmen. Tetapi menurut admin Ujian Nasional juga bisa addmin katakan sebgai asesment namun skalanya Nasional dan ddiujikan diakhir pembelajaran setelah menempuh hampir 3 tahun di SMA, pengertian asesment sebenarnya merupakan tolak ukur dari penilaian seorang guru atas berhasil atau tidaknya seorang guru dalam mengajar.
Asesment Fisika SMA Latihan (UN) Program IPA (Bagian 1)

Asesment Fisika bagian 3 Ujian Sekolah 2020
Asesment sendiri secara pengertiannya dapat kalian baca dipostingan sebelumnya dari admin yang berjudul " Mengenal Asesment Fisika Pengganti UN Fisika ", silahkan kalian baca disitu. untuk postingan kali ini sebenarnya admin ingin membuat contoh beberapa asesment Fisika, agar kalian juga sedikitnya mendapatkan gambaran dari asesment itu sendiri, Namun dikarenakan untuk ksi-kisi asesmen belum dibuat oleh pemerintah , maka untuk saat ini admin berbagi dulu untuk Latihan Ujian Nasional Fisika SMA Tahun 2020, berikut soal Latihannya. semoga bermanfaat

Assesment Fisika SMA Bagian 3 terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan materi disesuaikan dengan kisi-kisi Ujian Nasional 2020. UN Fisika Program IPA , untuk soal selanjutnya dapat kalian kerjakan setelah kalian lulus dalam asesment pertama ini. untuk itu silahkan kalain coba atau kerjakan soal berikut ini, semoga sukses

Petunjuk: Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin


1. Perhatikan tabel konduktivitas di bawah ini!
Pak Oji berniat membuat setrika listrik menggunakan salah satu bahan di atas. Untuk menghasilkan setrika yang menghasilkan daya hantar panas paling besar (anggaplah luas penghantar kelima logam di atas sama), maka bahan yang akan dipilih pak Oji adalah ….
  Seng
  Tembaga
  Alumunium
 Nikel
  Besi

2. Perhatikan proses gas yang disebut siklus Carnot di bawah ini!

Pernyataan yang benar terkait proses gas di atas adalah ....
  Pada gambar di atas jika proses gas mulai dari a – b, lalu b – c merupakan dua proses gas dengan suhu tetap
  Proses c ke d disebut proses isotermal, pada proses ini besar usaha sama dengan nol
 Besar$ Q_1 $ sama dengan usaha gas W dikurangi kalor $Q_2 $
 Usaha gas persiklus bernilai negatif dengan besar sama dengan luas daerah di dalam luasan a-b-c-d-a
  Efisiensi mesin semakin tinggi jika semakin banyak kalor $Q_1$ yang diubah menjadi usaha mekanik W, menyisakan sedikit mungkin kalor $Q_2$

3. Tali yang panjangnya 8 m bermassa 1,04 gram digetarkan salah satu ujungnya sehingga terjadi rambatan gelombang yang memenuhi persamaan simpangan y = 0,03 sin (x + 30t) dengan x dalam satuan m dan t dalam satuan sekon. Besar cepat rambat gelombang adalah ….
  7,5 m $s^{-1}$
  12,5 m $s^{-1}$
  15,0  m $s^{-1}$
  24,0 m $s^{-1}$
  30,0 m $s^{-1}$

4. Dua pipa organa A dan B dibunyikan serempak. Pipa A merupakan pipa organa tertutup yang panjangnya 45 cm serta menghasilkan bunyi dengan frekuensi nada atas pertama. Pipa B merupakan pipa organa terbuka yang beresonansi dengan pipa A pada frekuensi nada dasar. Panjang pipa B adalah ….
  15 cm
  30 cm
  45 cm
  60 cm
  90 cm

5. Pada gambar di atas S adalah sumber bunyi yang memancar ke segala arah. Titik A, B dan C masing-masing adalah posisi pengamat yang mendengarkan bunyi yang berasal dari S.

Jika intensitas bunyi di titik A =100 W $m^{-2}$ B = 25 W $m^{-2}$ dan C = 16 W$m^{-2}$, maka jarak Ra dan Rb berturut-turut adalah ….
  1 m  dan 2 m
  2 m  dan 4 m
 2 m dan 8 m
  4 m dan 8 m
  8 m dan 4 m

6. Kereta A bergerak dengan kelajuan 72 km jam-1 dan kereta B dengan kelajuan 54 km jam-1 bergerak saling mendekati. Masinis kereta A membunyikan peluit dengan frekuensi 640 Hz. Jika kecepatan rambat bunyi di udara 340 m s-1, maka perbandingan frekuensi peluit yang didengar masinis kereta B saat kereta A  mendekat dan menjauhinya adalah ….
  5 : 6
  6 : 5
  10 : 11
  50 : 61
  61 : 50

7. Sebuah teropong sederhana terdiri dari lensa obyektif (fob = 24 cm) dan lensa okuler (fok = 6 cm) digunakan untuk mengamati benda dari kejauhan dengan tanpa akomodasi. Dapat disimpulkan:
(1) Panjang teropong minimal 18 cm
(2) Perbesaran bayangan 4 kali dari bendanya
(3) Agar perbesarannya menjadi 8 kali bendanya, maka lensa okulernya diganti dengan lensa sejenis yang jarak fokusnya ½  jarak fokus lensa semula
(4) Jika jarak fokus lensa okulernya 2 kali semula, maka panjang teropong akan berkurang setengh kali panjang semula
Kesimpulan yang benar adalah ….
  (1) dan (2)
 (1) dan (3)
  (2) dan (3)
  (2) dan (4)
  (3) dan (4)

8. Perhatikan gambar spektrum elektromagnetik berikut!

Pernyataan yang tepat untuk X dan Y adalah ….
 Sinar-X dan gelombang mikro
 Infra merah dan ultra ungu
 Gelombang radio dan Sinar-X
 Ultra ungu dan infra merah
 Sinar-X dan infra merah

9. Tabel di bawah ini merupakan data percobaan interferensi celah ganda untuk dua percobaan yang berbeda.
Perbandingan lebar pita terang pada dua percobaan itu adalah ….
  1 : 7
  2 : 21
 5 : 21
 11 : 2
 21 : 2

10. Pada gambar di bawah arus listrik yang terbaca pada ampere meter $A_3$ = 1 A.

Jika besar hambatan P = 10$\Omega$ dan tegangan baterai E = 20
  A
  B
  C
  D
  E


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter