Ads 720 x 90

Jawaban Soal Uraian Biologi Sistem Respirasi Kelas 11 SMA

kkaktrichannel.info ~ Kunci Jawaban Soal Uraian Biologi Sistem Respirasi Kelas 11 SMA

Soal Uraian Sistem Respirasi
1. Jelaskan perbedaan pengertian antara bernafas dengan Respirasi
2. Jelaskan peran alveolus dalam Sistem pernapasan
3. Jelaskan bahaya rokok bagi sistem pernapasan
4. jelaskan lima jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan
5. Bagaiaman proses inspirasi dan ekspirasi pada ikan? Jelaskan
Jawaban Soal Uraian Biologi Sistem Respirasi Kelas 11 SMA


Jawaban
No 1. 
Bernafas
Secara pengertian bernapas adalah proses pengambilan oksigen dari udara bebas serta melepaskan karbon dioksida dan uap air

Respirasi
Respirasi adalah proses pemecahan senyawa komplek (C6H12O6) menjadi energi dalam bentuk ATP oleh oksigen (O2).

No 2.
peran alveolus yang utama adalah menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Kemudian, oksigen akan dialirkan ke dalam aliran darah. Sementara itu, karbon dioksida, yang masuk ke alveolus melalui aliran darah, akan dikirim alveolus ke luar tubuh.

No3.
Bahaya merokok bagi kesehatan yang paling utama datang dari racun karsinogen (penyebab kanker) dan karbon monoksida pada asap rokok. Kedua zat tersebut akan terhirup saluran pernapasan, yang pada akhirnya dapat memicu kerusakan organ dan menurunnya fungsi dari sistem organ pernapasan

No 4.
Asma
Asma disebabkan oleh penyempitan saluran napas. Sesak napas menjadi tanda umum dari penyakit ini. Biasanya sesak napas dibarengi oleh mengi (wheezing) yang merupakan suara khas bernada tinggi saat pasien mengeluarkan napas.
Bronkitis
Bronkitis adalah peradangan pada bronkus, yang merupakan saluran udara dari dan ke paru-paru. Bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.
Emfisema
Emfisema menyerang kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema tidak selalu menunjukkan gejala yang khas. Namun seiring perjalanan penyakitnya, biasanya penderita kondisi ini lambat laun akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
Pneumonia
Pneumonia, atau yang biasa disebut dengan radang paru-paru, merupakan peradangan akibat infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sesak napas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.
Kanker paru-paru
Merupakan salah satu jenis kanker paling berbahaya dengan angka kematian yang tinggi. Terjadinya kanker paru-paru pada seseorang berkaitan erat dengan merokok baik aktif maupun pasif, riwayat kanker paru-paru di keluarga, riwayat paparan zat kimia dan gas beracun seperti asbestos dan radon, atau menghirup udara berpolusi dalam jangka panjang.

No 5.
Pada fase inspirasi, O2dari air masuk ke dalam insang kemudian O2diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan-jaringan yang membutuhkan. Sebaliknya pada fase ekspirasi, CO2yang dibawa oleh darah dari jaringan akan bermuara ke insangdan dari insang diekskresikan keluar tubuh

Demikianlah Jawaban Soal Uraian Biologi Sistem Respirasi Kelas 11 SMA, semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter