Ads 720 x 90

Uji Kompetensi Bab 8 IPA Kelas 8 halaman 78 Soal Esai Sistem pernapasan

kkaktrichannel.info ~Uji Kompetensi Bab 8 IPA Kelas 8 halaman 78 Soal Esai Sistem pernapasan, soal berada di buku paket kelas 8 bab 8 tentang sistem pernapasan. pembahasan soal IPA dilakukan oleh admin kkatrichannel.info sebagai bahan evaluasi setelah kalian mengerjakan soal tersebut.
Uji Kompetensi Bab 8 IPA Kelas 8 halaman 78 Soal Esai Sistem pernapasan


B. Jawablah dengan pertanyaan berikut dengan benar!

Soal 1
Jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya!

Jawaban Soal 1:
Organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Hidung
Hidung adalah organ sistem pernafasan yang berada di bagian luar tubuh. Udara pertama masuk ke sistem pernafasan melalui hidung. Di hidung, udara akan disaring dari debu dan kotoran oleh bulu hidung dan cairan hidung. Udara juga akan disesuaikan suhunya, misalnya akan dihangatkan bila suhu udara terlalu dingin. Selain untuk pernafasan, hidung juga memiliki syaraf yang peka terhadap bau, sebagai bagian dari sistem penginderaan pada manusia.

2. Faring
Faring adalah bagian tenggorokan yang berhubungan langsung dengan hidung, dan terletak di depan tulang leher. Fungsi faring adalah sebagai saluran bagi udara yang keluar dan masuk di hidung.

3. Laring
Laring adalah saluran pernafasan yang terletak dibawah faring. Fungsi laring adalah untuk melindungi saluran pernapasan dibawahnya dengan cara menutup secara cepat, untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran napas. Laring juga mengandung pita suara yang digunakan oleh manusia untuk berbicara.

4. Trakea
Trakea adalah tabung pernafasan di bawah laring, dengan diameter sekitar 20-25 mm dan panjang sekitar 10-16 cm. Trakhea berfungsi sebagai jalan masuknya udara ke paru-paru.

5. Bronkus
Bronkus adalah percabangan dari trakea menuju ke kedua paru-paru. bronkus berfungsi untukmembawa udara ke paru-paru.

6. Paru-paru
Paru-paru manusia terdiri dari dua bagian di sisi kiri dan kanan bronkus. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran udara dengan sistem peredaran darah. Pertukaran ini terjadi di gelambil-gelambilkecil paru-paru yang disebut alveolus. Alveolus dikelingi oleh pembuluh darah kapiler, tempat pertukaran gas ini terjadi. Di paru-paru, oksigen dari udara akan masuk ke sel darah merah dan diikat oleh hemoglobi, sementara karbon dioksida dari darah dikeluarkan ke paru-paru untuk dihembuskan saat mengembuskan nafas.

Soal 2
Jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia!

Jawaban Soal 2 :
Mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia adalah sebagai berikut:

Proses pernafasan merupakan suatu mekanisme menghirup oksigen dari udara serta melepaskan karbondioksida dan uap air yang berasal dari paru-paru melalui saluran pernafasan. Tidak hanya bagi manusia, pernafasan memiliki peranan yang penting untuk menyediakan kebutuhan oksigen bagi metabolisme sel (untuk menghasilkan energi) dan membuang zat racun (CO2 dari dalam tubuh.

Proses pernafasan pada manusia, juga pada setiap makhluk hidup, melibatkan 2 proses yaitu ekspirasi dan inspirasi. Berikut mekanisme kedua proses tersebut.

Inspirasi
Inspirasi merupakan proses memasukkan oksigen dari udara ke dalam tubuh. Proses ini disebut juga sebagai menarik nafas. Proses ini seluruhnya dikontrol oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak kdi medula oblongata. Ketika bagian ini diaktifkan, terjadi kontraksi diafragma beserta otot-otot intercostal yang menyebabkan pembesaran rongga dada. hal ini berujuang pada menurunnya tekanan rongga pleura.

Berikut mekanisme inspirasi:
- Otot-otot antartulang rusuk bagian luar mengalami kontraksi
- Tulang rusuk terdorong naik, menyebabkan rongga dada dan volume paru-paru membesar
- Tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara untuk masuk ke dalam paru-paru.

Ekspirasi
Ekspirasi merupakan kebalikan dari inspirasi, yaitu proses menghembuskan nafas. Ekspirasi memainkan peranan yang penting karena membantu tubuh untuk mengeluarkan zat beracun berupa karbondioksida dan uap air sebagai produk samping dari metabolisme. Ekspirasi juga diatur oleh pusat kontrol pernafasan yang terletak di medula oblongata.

Berikut mekanisme ekspirasi:
- Otot-otot antartulang rusuk sebelah luar dan diafragma mengalami pengenduran
- Rongga dada menurun yang mengakibatkan volume paru-paru mengecil
- Tekanan udara di paru-paru lebih tinggi dari tekanan udara di luar sehingga mendorong udara di dalam paru-paru untuk keluar

Soal 3
Sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya!

Jawaban Soal 3 :
gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan manusia beserta penyebabnya adalah sebagai berikut :

1. Hipoksia
Merupakan gangguan pernapasan dimana kondisi pada jaringan tubuh mengalamikekurangan oksigen.Penyebab : Kelainan pada fungsi dan struktur pernapasan serta sirkulasi darah akibatpengaruh perbedaan ketinggian

2. Asfiksi
Merupakan gangguan dalam pengangkutan oksigen (O2) ke jaringan tubuh yangdisebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringantubuh.Penyebab : Alveolus yang terisi air akibat tenggelam, pneumonia yangmengakibatkan alveolus terisi cairan lendir dan cairan limfa, keracunan CO danHCN, atau gangguan sitem sitokrom.

3. Tonsilitis

Merupakan gangguan pernafasan berupa peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil.Penyebab : Infeksi bakteri maupun Infeksi Virus.

4. Laringitis
Merupakan gejala inflamasi (panas, bengkak, dan nyeri) pada laring.Penyebab : Infeksi, terlalu banyak merokok, minum alkohol, dan terlalu banyakserak.

5. Dipteri
Merupakan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.Penyebab : Disebabkan oleh Corynebacterium diphterial

6. Pneumonia atau Logensteking
Merupakan penyakit radang paru – paru.Penyebab : Disebabkan oleh Diplococcus pneumoniae

7. Tuberculosis (TBC)
Merupakan penyakit menular paru-paru yang cukup berpotensimenyebabkan kematian.Penyebab : Disebabkan bakteri Mycobacteriumtuberculosis.

8. Influenza (Flu)
Merupakan suatu penyakit infeksi akut saluran pernafasan.Penyebab : Disebabkan oleh virus Influenza.

9. Asma.
Merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasanPenyebab : Banyak penyebab terjadinya asma, seperti faktor genetik, faktorlingkungan, stress, olahraga berlebihan, alergi seperti debu, bulu, ataupunrambut, dsb.

10. Faringitis
Merupakan radang pada faring sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika menelanmakanan.Penyebab : Dapat disebabkan oleh bakteri Streptococcuspharyngitis maupun karena kebanyakan merokok.

Soal 4
Jelaskan upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat!

Jawaban Soal 4 :
upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem pernapasan kamu tetap sehat adalah sebagai berikut:

1. Sering berolahraga
Olahraga akan membuat otot-otot pernafasan saat melakukan kontaksi dan relaksasi dengan lebih baik, sehingga membuat pernafasan menjadi lebih lancar. Olahraga juga membantu kesehatan sistem organ lain yang mendukung sistem pernafasan, seperti sistem peredaran darah. Olah raga juga akan menjaga suplai kebutuhan oksigen yang cukup bagi tubuh, terutama organ pernafasan. 

2. Sering melakukan liburan ke tempat yang udaranya bersih
Wilayah perkotaan tempat banyak orang kerja dan tinggal memiliki polusi udara yang tinggi. Karena itu, dianjurkan bagi para penduduk kota untuk sering berlibur ke tempat yang lebih segar dan bersih udaranya, seperti ke pegunungan.

3. Menjaga berat badan
Bila berat badan terlalu tinggi, apalagi pada keadaan obesitas, lemak di tubuh kita akan menekan otot pernafasan, dan membuat kita sulit bernafas. karena itu berat badan harus dijaga. Berat badan dapat dijaga dengan mengatur asupan makanan sehari-hari, dan menghindari makanan yang mengandung banyak kalori seperti lemak pada daging. 

4. Tidak merokok
Rokok mengandung banyak zat berbahaya sepertinikotin dan tar. Zat berbahaya ini dapat menyebabkan kanker dan kerusakan pada organ pernafasan.

5. Menggunakan masker
pada situasi dengan polusi udara tinggi Pada kondisi dimana udara kotor, misalnya saat kebakaran, pada pabrik, atau di jalan raya, dianjurkan menggunakan masker untuk mengurangi zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam paru-paru. 

6. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh
Beberapa zat penting seperti vitamin B dan asam folat sangat penting bagi organ pernafasan. Karena itu kita harus menjaga asupan nutrisi, misalnya dengan memakan sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup.

Soal 5
Beny adalah anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderita demam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya dalam bernyanyi. Struktur apa yang terganggu pada tubuh Beny? Bagaimana demam dapat memengaruhi struktur tersebut?

Jawaban Soal 5
Jawaban pendek:
Beny adalah anak yang suka menyanyi. Suatu ketika Beny menderitademam dengan gejala pilek dan sakit tenggorokan, sehingga mengganggunya dalambernyanyi. 
Struktur apa yang terganggupada tubuh Beny? 
Pita suara pada laring tenggorokan.

Bagaimana demam dapatmemengaruhi struktur tersebut? 
Demam menyebabkan inflamasi (peradangan pita suara) menjadilebih tebal sehingga merubah nada suara kita.

Jawaban panjang:
Suara pada manusia dihasilkan oleh pita suara, yang terletak dibagian laring pada tenggorokan kita.
Rentang nada suara kita ditentukan oleh panjang dan ketebalanpita suara kita. Pita suara yang lebih pendek dan tipis akanbergetar lebihcepat, dan menghasilkan suara yang lebih tinggi. Ini ditemukan pada anak kecilatau wanita. 
Sementara, pita suara yang lebih tebal bergetar lebih lambat dan membuat suara lebih rendah, seperti pada pita suara pria dewasa. Suara anaklaki-laki semakin rendah saat pubertas, karena pita suaranya menjadi semakinpanjang dan tebal.
Pada saat kita terserang demam, terjadi perubahan suara. Demammenyebabkan terjadi inflamasi (peradangan) pada struktur di sekitar pita suara.Dengan adanya peradangan ini, terjadi pembengkakan struktur tersebut. Pembengkakanlaring ini disebut dengan “laringitis”.
Akibatnya, pita suara menjadi lebih tebal bergetar lebih lambatdan membuat nada suara yang lebih rendah dari biasanya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter