Ads 720 x 90

Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 8 halaman 112 Soal Uraian Sistem Ekskresi Manusia

kkaktrichannel.info ~Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 8 halaman 112 Soal Uraian Sistem Ekskresi Manusia, soal berada di buku paket kelas 8 bab 9 tentang Sistem Ekskresi Manusia. pembahasan soal IPA dilakukan oleh admin kkatrichannel.info sebagai bahan evaluasi setelah kalian mengerjakan soal tersebut.
Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 8 halaman 112 Soal Uraian Sistem Ekskresi Manusia

A. Soal Pilihan Uraian

Soal No 1
Sebutkan macam-macam organ yang berperan sebagai alat ekskresi pada manusia dan zat yang dikeluarkan!

Jawaban No 1:
Macam-macam organ yang berperan sebagai alat ekskresi pada manusia dan zat yang dikeluarkan adalah sebagai berikut:

Ginjal = urin Hati = urea, empedu Paru-paru = CO2 dan H2O, Kulit = Keringat

Soal No 2
Pembentukan urin terjadi di dalam ginjal. Isilah tabel di bawah ini untuk menjelaskan proses pembentukan urin yang terjadi di dalam ginjal!

(tabel halaman 51)

Jawaban No 2:

Soal No 3
Mengapa bila kita berada pada tempat yang panas, tubuh mengeluarkan banyak keringat, sedangkan ketika berada pada tempat dengan suhu dingin tidak berkeringat tetapi lebih banyak buang air kecil?

Jawaban No 3:
Alasan atau sebab kenapa kita berada pada tempat yang panas, tubuh mengeluarkan banyak keringat, sedangkan ketika berada pada tempat dengan suhu dingin tidak berkeringat tetapi lebih banyak buang air kecil :

Pada otak dibagian hipotalamus, akan mengatur jumlah air di dalam darah. Ketika otak mendeteksi bahwa di dalam darah terlalu banyak air, maka hipotalamus akan melepaskan sejumlah hormon yang mendorong ginjal untuk mengurangi jumlah air yang ada didalam darah sehingga ginjal akan meningkatkan jumlah urin yang dikeluarkan. Begitu pula ketika pada suhu udara panas di siang hari, ketika jumalah cairan didalam darah tinggi hipotalamus akan mengeluarkan hormon, dan memberikan signal pada kelenjar keringat yang ada didalam kulit untuk memproduksi keringat yang lebih banyak.

Soal No 4
Pada saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium, urin seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict ternyata menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator biuret menunjukkan reaksi warna ungu. Berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang dialami oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

Jawaban No 4 :
Pasien menderita albuminaria (di dalam urin terdapat protein) kerusakan pada glumerolus dan menderita diabetes melitus (di dalam urin terdapat glukosa) kerusakan pada TKP

Soal No 5
Sebutkan 3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi! 

Jawaban No 5:
3 macam pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi adalah sebagai berikut:

1. mengatur pola makan
2. aktif bergerak
3. jauhi alkohol dan hindari rokok
4. minum air putih 8 gelas sehari
5. hindari stress
6. rajin berolahraga
7. hindari obat antibiotik atau obat nyeri

8. menjaga berat badan

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter