Ads 720 x 90

Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 9 halaman 165 Soal Uraian Teknologi Ramah Lingkungan

kkaktrichannel.info ~Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 9 halaman 165 Soal Uraian Teknologi Ramah Lingkungan, soal berada di buku paket kelas 9 bab 9 tentang Teknologi Ramah Lingkungan. pembahasan soal IPA dilakukan oleh admin kkatrichannel.info sebagai bahan evaluasi setelah kalian mengerjakan soal tersebut.
Uji Kompetensi Bab 9 IPA Kelas 9 halaman 163 Soal PG Teknologi Ramah Lingkungan


B . Soal Uraian

Soal No 1
Biopori dapat dilakukan di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat diterapkan biopori di lingkungan dan apa dampaknya jika biopori tidak dilakukan?

Jawaban No 1:
Biopori dapat menjaga keseimbangan lingkungan, mencegah banjir di musim hujan, menjaga ketersediaan air pada musim kemarau, membantu pencegahan peyebaran penyakit yang disebabkan oleh adanya genangan air, seperti demam berdarah, malaria, dan kaki gajah serta mem bantu menjaga kesuburan dan kelestaraian organisme tanah.

Soal No 2
Kegiatan apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan seharihari!

Jawaban No 2:
Mematikan lampu saat tidak digunakan
Mematikan kendaraan bermotor saat tidak digunakan
Menghemat Air dengan cara gunakan seperlunya

Soal No 3
Sebagai penerus bangsa Indonesia teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolahan minyak bumi atau batubara dan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik? Jelaskan.

Jawaban No 3:
Lebih baik dikembangkan teknologi pengubahan energi angin atau air, karena teknologi ini lebih ramah lingkungan, selain itu cadangan minyak bumi akan semakin habis sehingga di tahun-tahun mendatang kita harus mengembangkan teknologi energi alternatif.

Soal No 4
Bagaimana teknik pemurnian air sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!

Jawaban No 4:
Teknik pemurnian air secara sederhana dapat menggunakan saringan yang berlapis-lapis yang terbuat dari beberapa bahan seperti pasir,kerikil, batu, arang, ijuk atau sabut kelapa, dan dapat juga ditambah de ngan kapas atau kain katun. Air kotor dapat dituangkan ke dalam tabung melalui bagian atas kemudian akan mengalir pada bagian bawah sehingga diperoleh air yang sudah bersih.

Soal No 5
Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!

Jawaban No 5:
Potensi energi alternatif yang dapat diterapkan di Indonesia diantaranya adalah dengan memanfaatkan energi matahari, energy listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air serta pembangkit listrik tenaga nuklir.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter