Widget HTML Atas

Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik, IPA Kelas 8

Jawaban Kegiatan : Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik, IPA Kelas 8
halaman : 16 - 17
Sumber : Buku Paket Siswa IPA kelas 8 Kurtilas
Alternative jawaban : Admin kkaktrichannel.info.

Note Disclaimer: jawaban aktivitas 7.4 yang ada di blog ini tidak diperkenankan untuk hanya sebagai contekan saja, tapi jadikan jawaban ini sebagai bahan reverensi sumber belajar dan sebagai pembanding hasil setelah kalian melakukan percobaan yang ada dalam aktivitas 7.4 tersebut, sehingga kalian dapat mengevaluasi bahkan bisa menyanggah jawaban yang ada di blog ini jika tidak sependapat dengan jawaban atau hasil percobaan yang dilakukan admin. terima kasih
Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik, IPA Kelas 8

Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik

Apa yang kamu perlukan?

1. Selang plastik kecil sekitar 50 cm
2. 2 buah alat suntik, 1 ukuran besar, 1 ukuran kecil
3. Papan tripleks atau karton ukuran 25 × 35 cm
4. Air
5. Pewarna makanan
6. Beban

Apa yang harus kamu lakukan?

1. Buatlah   alat   sederhana   yang  memiliki  prinsip  kerja  seperti pompa hidrolik dengan  merangkaikan selang plastik pada dua alat suntik tersebut, seperti Gambar 7.13!
Percobaan prinsip kerja Pompa hidrolik

2. Rancanglah alat tersebut sebaik mungkin!
3. Isilah selang plastik dengan air sampai penuh, kemudian berilah pewarna makanan pada air yang ada dalam selang tersebut!
4. Doronglah pengisap alat suntik kecil, lalu amati yang terjadi pada pengisap alat suntik besar.
5. Amati pula aliran air berpewarna makanan yang ada dalam selang!
6. Letakkan beban pada pengisap alat suntik besar, lalu doronglah pengisap alat suntik kecil. Apakah yang akan terjadi?
7. Ulangi kegiatan tersebut  dengan  cara  menempatkan  beban  di pengisap kecil dan dengan memberikan dorongan pada pengisap besar.
8. Bandingkan besar dorongan (gaya) yang kamu berikan, ketika mendorong pengisap alat suntik kecil dan pengisap alat suntik besar.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

Bagaimanakah dorongan (gaya) yang kamu berikan ketika beban diletakkan pada pengisap besar dan ketika beban diletakkan pada pengisap kecil? Mana yang memerlukan dorongan lebih mudah? Mengapa?
Jawaban :
Setelah percobaan dilakukan, saya mendapatkan bahwa bila kita mendorong beban yang ada pada pengisap besar dengan pengisap alat suntik kecil akan terasa ringan atau dengan gaya kecil sebaliknya jika kita mendorong beban yang ada di pengisap kecil dengan mendorong pengisap alat suntik besar jauh lebih terasa berat atau dengan gaya yang besar. jadi yang memerlukan dorongan lebih mudah adalah di alat pesuntik yang lebih kecil , alasannya bahwa tekanan pada pengisap kecil akan sama dengan tekanan pada pengisap besar sehingga ketika kita mendorong suntikan kecil dengan luas penampang yang kecil akan menggunakan gaya yang kecil dan menghasilkan tekanan yang sama pada suntikan yang besar dengan luas penampang yang besar maka akan menimbulkan gaya yang besar yang mendorong beban yang ada di suntikan besar tersebut.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Kesimpulan :
kesimpulan saya bahwa sesuai prinsip hukum pascal bahwa pada percobaan kerja pompa hidrolik sederhana ini kita telah membuktikan bahwa tekanan pada suntikan kecil akan sama dengan yang diterima pada suntikan besar sehingga ketika suntikan kecil yang luas penampangnya kecil akan menggunakan gaya yang kecil ketika mendorong beban yang ada pada suntikan besar dengan luas penampang yang lebih besar sehingga akan menghasilkan dorongan gaya yang lebih besar pada beban yang terdapat pada suntikan besar tersebut.

Teori belajar prinsip hukum pascal

mengapa gaya yang lebih kecil dapat mengangkat gaya berat beban yang lebih besar?
Menurut Hukum Pascal, tekanan zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata.
Lihatlah Gambar di bawah ini :
Rumus Pascal

Ketika pengisap kecil kamu dorong maka pengisap tersebut diberikan gaya sebesar F1 terhadap luas bidang A1 , akibatnya timbul tekanan sebesar p1.
Menurut Pascal, tekanan ini akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata sehingga tekanan akan diteruskan ke pengisap besar dengan sama besar. Dengan demikian, pada pengisap yang besar pun terjadi tekanan yang besarnya sama dengan p1.
Tekanan ini menimbulkan gaya pada luas bidang tekan pengisap kedua ($A_2$) sebesar $F_2$ sehingga kamu dapat menuliskan persamaan sebagai berikut.
 $p_1= p_2$
 $\frac{F_1}{A_1}$ = $\frac{F_2}{A_2}$
Jadi, gaya yang ditimbulkan pada pengisap besar
adalah:
$F_2$ = $F_1\frac{A_2}{A_1}$
Dari Persamaan diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan efek gaya yang besar dari gaya yang kecil, maka luas penampangnya harus diperbesar. Inilah prinsip kerja sederhana dari alat teknik pengangkat mobil yang disebut pompa hidrolik.

Posting Komentar untuk "Aktivitas 7.4 Simulasi Prinsip Kerja Pompa Hidrolik, IPA Kelas 8"