Widget HTML Atas

Tugas Refleksi diri Tentang Wawasan Nusantara dalam NKRI

Tugas Refleksi diri Tentang Wawasan Nusantara dalam NKRI ~ halo adik-adik semua kali ini kkaktri sebagai admin dari kkatrichannel.info ingin berbagi kembali tentang pembahasan tugas PPKN, kali ini kkaktri akan bahas tugas PPKN kelas 10 kurikulum 2013 mengenai tugas Refleksi yang kkaktri ammmbil soalnya dari buku Paket PPKN kelas 10 halaman 225 mmengenai wawasan nusantara. adapun jawaban adalah jawaban kkatri yang dapat adik-adik jadikan sebgai bahan referensi jawaban atau evaluasi setelah adik-adik mencoba mmmengerjakannya terlebih dahulu. berikut jawaban dan soal tersebut :
Tugas Refleksi diri Tentang Wawasan Nusantara dalam NKRI


Setelah kalian mempelajari materi Wawasan Nusantara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI), tentunya kalian semakin paham akan pentingnya Wawasan Nusantara bagi kehidupan. Oleh karena itu, kesadaran tersebut harus senantiasa dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Coba kalian renungkan perjalanan para pejuang pahlawan sebelum kemerdekaan, seperti Pangeran Diponegoro, Sultan Hasanuddin, Sultan Ageng Tirtayasa, Cut Nyak Dien, Teuku
Umar, Ibu Dewi Sartika, Ibu RA. Kartini, dan masih banyak lagi. Kemudian, jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini.
1. Bagaimanakah keadaan negara Indonesia pada saat zaman kerajaan?
Jawab :
Keadaan Indonesia pada zaman kerajaan masih bersifat kedaerahan dan ingin saling menguasai wilayah sebanyak-sebanyaknya untuk dijadikan daerah kekuasaan kerajaan tersebut. Kondisi perekenomiannya pun masih terfokus pada sektor perdagangan, pertanian, dan peternakan.

2. Mengapa semua raja atau tokoh masyarakat menolak dan melawan untuk dijajah, padahal belum ada alat komunikasi untuk bersama-sama melawan penjajah?
Jawab :
Karena setiap raja dari masing-masing kerajaan ingin melindungi dan menyejaterahkan rakyatnya. Mereka ingin rakyatnya hidup damai di bawah pimpinan mereka dan tidak ingin dikuasai/dijajah oleh pihak lain karena mereka merasa berhak untuk memimpin kerajaannya masing-masing.

3. Nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam perjuangan para pahlawan tersebut yang dapat kalian contoh dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab :
Nilai-nilainya yaitu :
- saling menolong satu sama lain.
- tidak saling menghakimi.
- mampu bersikap bijak, tegas, dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan.
- tidak melakukan tindakan diskriminasi

4. Apa saja yang telah kalian perbuat sebagai wujud kesadaran kalian sebagai warga negara Indonesia?
Jawab :
- belajar dengan giat
 - mencintai produk dalam negeri
- merawat berbagai peninggalan bersejarah bangsa Indonesia

5. Apa manfaat dan hal-hal yang patut dicontoh tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dari para pahlawan nasional?
Jawab :
Manfaatnya adalah agar kita lebih menghargai dan mencintai bangsa sendiri.


Kumpulan Jawaban PPKN Kelas 10 wawasan Nusantara
demikianlah jawaban dari Tugas Refleksi diri Tentang Wawasan Nusantara dalam NKRI, semmoga bermanfaat

Berlangganan via Email