Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan oleh sidang nomor

Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan oleh sidang nomor ~ kkaktrichannel.info. berikut ini jawaban dari soal tersebut. soal ini adalah soal PPKn kelas 7 mengenai penetapan pancasila sebagai dasar negara. admin sengaja memberikan jawaban soal tersebut untuk dijadikan bahan belajar para siswa kelas VII Mata pelajar PPkn Kurikulum 2013.  silahkan siak dan pelajari jawaban soal tersebut di bawah ini:
Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan oleh sidang nomor

Soal dan Jawaban

Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan oleh sidang nomor....
I. sidang BUPKI 1
II. sidang panitia delapan
III. sidang panitia sembilan
IV. sidang PPKI 1
pilihan
a. I b.II c. III d. IV
jawaban : D

Pembahasan Jawaban :

Proses penyusunan dan penetapan Pancasila

Lahirnya pancasila dimulai dari pemberian janji kemerdekaan oleh perdana menteri Jepang yaitu Kuniaki koiso, sebagai salah satu realisasi dari janji tersebut dibentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Pesiapan Kemerdekaan Indonesia), BPUPKI diketuai oleh Dr.K.R.T Radjiman Widyoningrat dan wakilnya RP. Soeroso dan Ichibangase, BPUPKI dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 dan baru diresmikan pada tanggal 29 April 1945.

BPUPKI mengadakan sidang sebanyak 2 kali, Sidang pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 yang membahas tentang dasar negara, ada 3 tiga tokoh yang mengemukakaj pendapatnya tentang dasar negara, yaitu:

1. Mr Muh Yamin

Ada 5 asas yang dikemukakan oleh Muh Yamin, yaitu:

Peri Kebangsaan
Peri kemanusiaan
Peri Ketuhanan
Peri kerakyatan
Kesejahteraan rakyat

2. Mr. Soepomo

Ada 5 asas yang dikemukakan oleh Mr. Soepomo, yaitu:

Persatuan
Kekeluargaan
Mufakat atau demokrasi
Musyawarah
Keadilan Sosial

3. Ir.Soekarno

Ada 5 asas yang dikemukakan oleh Ir.Soekarno, Kelima asas tersebut diberi nama pancasila, inilah awal terbentuknya pancasila dan pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahir pancasila, adapun asas yang dikemukakannya yaitu:

Kebangsaan Indonesia
Internasionalisme
Mufakat atau demokrasi
Kesejahteraan Sosial
Ketuhanan yang Maha Esa

Setelah sidang I BPUPKI berakhir, terjadilah masa reses, pada masa reses terbentuklah panitia sembilan yang bertugas untuk menindaklanjuti hasil sidang I. Panitia sembilan berhasil merumuskan naskah yang oleh Mr. Muh Yamin disebut sebagai Piagam Jakarta, ada perbedaan isi pancasila dalam piagam Jakarta dengan Pancasila yang sekarang, yaitu terletak pada sila 1, yaitu Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.

Pada tanggal 7 Agustus BPUPKI dibubarkan dan digantikan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yang diketuai oleh Ir. Soekarno dan Muh.Hatta. Pada Sidang I PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 inilah ditetapkannya Pancasila, Muh Hatta mengusulkan perubahan pancasila pada sila 1, yang semula Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Jadi Pancasila, yaitu:

Ketuhanan yang Maha Esa
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Pemusyawaratan Perwakilan
Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Berlangganan via Email