Widget HTML Atas

Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat

Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat ~ assalamualaikum wr wb , salam sejahtera buat kita semua . berikut ini saya postingkan jawaban soal dari soal salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat. adalah soal bahasa indonesia kelas 8. kurikulum 2013 bab teks bacaan.

Soal :

Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat ....
a. teks bacaan
b. kesimpulan
c. peta pikiran
d. naskah drama
Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat KESIMPULAN

Jawaban : 

Kunci Jawaban : B
Pembahasan
Kesimpulan adalah sebuah hasil penalaran yang dilalkukan oleh pembaca terhadap seluruh informasi yang terdapat dalam sebuah bacaan. Kesimpulan biasanya harus ditarik secara manual oleh pembaca, namun ada beberapa teks, seperti teks eksplanasi, yang memasukkan unsur simpulan sebagai salah satu struktur pembangun karya tersebut.

Penarikan kesimpulan sendiri dapat dilakukan melalui beberapa cara. Salah satunya adalah sebab akibat atau kausalitas. Pada teknik ini, kesimpulan dari sebuah bacaan atau informasi diperoleh dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang menjadi penyebab dan kemudian mengakibatkan sesuatu dalam bacaan tersebut. Salah satu teks yang menggunakan pola penalaran ini adalah teks eksplanasi sebagai sebuah teks yang menjabarkan sebuah peristiwa.

Teks bacaan merupakan media komunikasi antara penulis dan pembaca, akan tetapi komunikasi tersebut hanya akan berlangsung dengan baik apabila pembaca dapat mengartikan kosakata sesuai dengan maksud penulis. Artinya, siswa harus memahami makna kosakata sebelum mereka bisa membangun pemahaman tentang isi teks.

Peta pikiran
adalah diagram yang menggambarkan secara visual tentang ide, konsep, informasi, atau hal-hal lain. Setiap ide, konsep, atau informasi tersebut berada dalam sebuah kotak peta pikiran yang saling terhubung secara terorganisir dengan garis (link).

Naskah drama merupakan sebuah teks yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah lalu (akting) yang dipentaskan. Jadi, drama juga dapat diartikan sebagai karya seni yang dipentaskan

Demikianlah jawaban soal  Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat, semoga bermanfaat.