Widget HTML Atas

Organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan adalah

Organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan adalah ~ m4thguru.info, Assalamualaikum wr wb, salam sejahtera buat kita semua. kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban mengenai IPA terpadu kelas 9 tepatnya mata pelajaran biologi bab ekosistem dan lingkungan mengenai rantai makanan dan siklus energi.

Soal :
Organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan adalah organisme yang berperan sebagai
a. produsen
b. konsumen primer
c. konsumen sekunder
d. konsumen tersier
e. konsumen kuartener
e. konsumen kuartener

Jawaban :
Organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan adalah organisme yang berperan sebagai  konsumen kuartener

Pembahasan:
Aliran energi dalam rantai makanan merupakan sebuah perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lain. Energi pertama kali didapatkan dari sinar matahari yang jatuh ke pada tanaman untuk melakukan proses fotosintesis. Energi tersebut nantinya akan di teruskan kepada organisme pemangsa tumbuhan seperti kelinci, dan diteruskan ke tingkat lainnya.
Pada proses perpindahan energi selalu terjadi pengurangan jumlah energi setiap melalui tingkat trofik makan-memakan. Hal ini dikarenakan dalam proses transfer energi, tidak semua dapat dimanfaatkan karena energi yang ditransfer bisa berubah menjadi bentuk lain, seperti energi kimia, energi mekanik, energi listrik, dan energi panas. Perubahan bentuk energi menjadi bentuk lain ini dinamakan transformasi energi.
Hal ini menyebabkan, konsumen tingkat 4 atau kuartener adalah organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan. Berikut adalah tingkat rantai makanan:
Produsen > Konsumen primer > Konsumen sekunder > Konsumen tersier > Konsumen kuartener