Widget HTML Atas

Bagaimana pendapat kalian tentang program Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara

Bagaimana pendapat kalian tentang program Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara ~ berikut ini adalah contoh soal dan jawaban mengenai Bagaimana pendapat kalian tentang program Bela negara, soal ini berada di buku paket kelas X kurikulum 2013 bab 5 halaman 167-168. berikut secara lengkap pembahasan soalnya.
Bagaimana pendapat kalian tentang program Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara

Bacaan soal halaman 167 PPKN kelas X

Ratusan Siswa SMA Ikuti Latihan Bela Negara
Ratusan siswa-siswi kelas 1 SMAN 70 Bulungan, Jakarta Selatan sudah bersiap di halaman sekolahnya pagi tadi. Mereka terjadwal mengikuti acara pramuka yang digabungkan dengan latihan bela negara di Batalyon Infantri (Yonif) 203 Arya Kamuning. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (13/11/2015), satu per satu siswa pun naik ke truk tronton TNI Angkatan Darat. Mereka ikut pelatihan bela negara hingga 2 hari ke depan.
“Sebenarnya secara detailnya enggak tahu ya, cuma sepintas kita dengar bahwa bela negara itu untuk melatih kedisiplinan, kemandirian untuk membela negara,” ucap salah seorang orangtua siswa. Dimulai dengan menumpang truk tronton tentara mungkin jadi hal baru bagi para siswa yang sekolahnya dikenal sering terlibat tawuran ini. Setibanya di markas Yonif 203 Arya Kamuning, Tangerang, Banten, para siswa langsung mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin Komandan Batalyon. Ada sejumlah atraksi khas TNI Angkatan Darat yang dipertunjukkan kepada mereka. “Untuk meningkatkan kerja sama, jiwa korsa, jadi ada psikologi lapangan. Ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan oleh kerja sama tim yang baik, kemudian ada juga yang sifatnya teori. Akan saya sampaikan juga masalah kebangsaan dan juga prinsip-prinsip dasar kepemimpinan lapangan,” ungkap Komandan Yonif Inf Agus Yudhoyono. Agus Yudhoyono menegaskan, acara ini berbeda dengan program bela negara yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan, namun punya tujuan yang serupa yaitu cinta tanah air. (Vra/Mvi).
Sumber: www.tv.liputan6.com

Soal dan Jawaban soal Halam 167-168 Buku Paket kelas X

1. Bagaimana pendapat kalian tentang program bela negara? 
Jawab
Program bela Negara adalah program yang seharusnya mendapatkan dukungan dari segenap warga Negara Indonesia karena program ini meyangkut kepentingan dan keamanan Negara.

2. Apa yang akan dilakukan jika kalian termasuk dalam program bela negara?
Jawab
Sebagai warga Negara yang menginginkan ketentraman dan keamanan, saya akan sangat mendukung dan akan berpartisipasi dengan sadar dan ikhlas jika saya termasuk dalam program ini.

3. Setujukah kalian dengan program bela negara?
Jawab
Tentu saja, saya setuju. Kerena keberhasilan program ini akan bermanfaat bagi diri saya sebagai warga Negara dan penduduk Indonesia seluruhnya.

4. Apakah kesediaan untuk mengikuti program bela negara ini menunjukan sikap cinta tanah air? Sebutkan alasannya?
Jawab
Mengikuti dengan sadar dan ikhlas akan program ini merupakan bentuk perwujudan dari rasa cinta tanah air, karena program ini adalah program yang diselenggarakan untuk mengantisipasi bahaya dari dalam maupun luar negeri, peran serta dan dukungan rakyat akanmenunjukkan kekuatan Negara kita di mata dunia.

5. Bagaimana nempertahankan jiwa dan semangat bela negara?
Jawab
semangat bela negara dengan cara terus menerus menekankan bahaya dari ancaman dan rongrongan dari dalam maupun luar negeri sehingga kita lebih waspada, terus menerus memupuk rasa cinta terhadap tanah air.