Widget HTML Atas

Tugas Mandiri 5.1 PPKn Kelas X halaman 147 peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia

Tugas Mandiri 5.1 PPKn Kelas X halaman 147 peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia ~ berikut ini adalah soal beserta jawaban PPKn Tugas Mandiri 5.1 Kelas X dari buku Paket PPkn kurikulum 2013. Jaawban dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menambah ilmu dan belajar.
Tugas Mandiri 5.1 PPKn Kelas X halaman 147

Soal Tugas Mandiri 5.1 PPKn Kelas X halaman 147

Carilah berita di media cetak, elektronik, atau sumber lain dengan jujur dancermat tentang peristiwa yang dapat menimbulkan pecahnya persatuan bangsa Indonesia. Kemudian, berikanlah komentar atau pendapat kalian.

Jawaban Tugas Mandiri 5.1 PPKn Kelas X halaman 147

Nama Peristiwa : 
Kelompok Separatis Bersenjata di Papua. ( sumber berita Kompas.com (23/11/2017) dengan judul ini 3 tuntutan kelompok kriminal seperatis bersenjata di papua)

Penyebab Peristiwa :
Terbentuknya gerakan kelompok separatis bersenjata yang terjadi di Papua, memiliki beberapa penyebab, diantaranya

1.PT Freeport yang tidak kunjung ditutup oleh Indonesia, yang justru malah mengizinkan PT Freeport guna memperpanjang kontrak di Indonesia.
2.Perekonomian dan keadaan infrastruktur yang tidak merata antara Indonesia bagian Timur dengan Indonesia bagian tengah dan barat.
3.Lunturnya kepercayaan terhadap pemerintah, sehingga menjadikan kelompok separatis ini menginginkan TNI ditarik keluar dari Papua dan kemudian diganti dengan Pasukan Keamanan PBB.
4.Banyaknya pejabat yang menyelewengkan dana pembangunan Papua untuk kepentingan Individu, hal ini menjadikan masyarakat Papua semakin menderita.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :
Sangat disayangkan bahwa kelompok separatis kembali muncul di Indonesia. Sudah seharusnya pemerintah meningkatkan kualitas tindakan preventif, salah satunya dengan pemerataan perekonomian dan infrastruktur, sehingga benih-benih kelompok separatis di Indonesia dapat diminimalisir. Selain itu kakak juga sangat mengapresiasi akan kesigapan TNI sehingga para sandera dapat dibebaskan dan adanya kelompok separatis dapat diatasi.

Jawaban Alternatif Lain Tugas Mandiri 5.1 PPkn Kelas X

1. Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka
Nama Peristiwa : Pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka

Penyebab peristiwa : Terdapat Oknum yang ada di Provinsi Aceh yang menginginkan Aceh menjadi negara yang berdiri sendiri.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Menurut saya, Gerakan ini sangat berbahaya bagi kesatuan NKRI, dan gerakan gerakan semacam ini harus cepat dibasmi agar tidak ada potensi provinsi lain ikut memberontak.

Cara Mengatasi : Melakukan Musyawarah mufakat antara pemerintah dengan masyarakat Aceh atau melalui Jalur Militer.

2. Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Nama peristiwa : Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Penyebab peristiwa : OPM merasa bahwa mereka tidak memiliki hubungan sejarah bagian Indonesia maupun negara-negara Asia lainnya. Penyatuan wilayah ini ke dalam NKRI sejak tahun 1969 merupakan buah perjanjian antara Belanda dengan Indonesia, dimana pihak Belanda menyerahkan wilayah tersebut yang selama ini dikuasainya kepada bekas jajahannya yang merdeka, Indonesia.

Perjanjian tersebut oleh OPM dianggap sebagai penyerahan dari tangan satu penjajah kepada yang lain. Bisa saja penyebab adanya pemberontakan adalah ketidakpuasan masyarakat daerah Papua atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Untuk mengatasinya pemerintah bisa untuk lebih memperhatikan daerah daerah yang mungkin terabaikan selama ini baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

3. Tawuran anntar Pelajar

Nama peristiwa : Tawuran Antar Pelajar

Penyebab peristiwa : Ada yang memprovokasi pelajar untuk melakukan tawuran dengan cara mengadu domba atau masalah kecil yang dibesar-besarkan.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Pendapat saya sesama pelajar seharusnya saling menghormati dan cara mengatasinya adalah tidak mudah terpancing emosi dan menyelesaikan masalah dengan cara yang damai.

4. Konflik Rembang

Nama peristiwa :Konflik Rembang

Penyebab peristiwa : Adanya pro dan kontra antara PT Semen Indoneesia dengan masyaraakat ada di Rembang, Jawa Tengah.

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :

Pendapat saya sebaiknya permasalahan bisa diselesaikan dengan musyawarah dan berkepala dingin agar tidak terjadi konflik. 

5. Peristiwa Wamena

Nama Peristiwa: Peristiwa Wamena

Penyebab Peristiwa: kemarahan warga Papua di Wamena yang tersinggung atas perlakuan warga Surabaya terhadap warga Papua di Surabaya

Bagaimana pendapat kalian untuk mencegah dan mengatasinya :
Pendapat saya: Perlu tindakan yang hati-hati dari pemerintah untuk mengatasi kerusuhan rasialis yang bisa memecah belah bangsa. Secara perlahan-lahan, tanamkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan hanya suku semata. Anjukan masyarakat untuk menghindari ujaran-ujaran yang berpotensi penghinaan terhadap suku-suku bangsa di Indonesia.