Widget HTML Atas

Penilaian diri Bab 5 Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Penilaian diri Bab 5 Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika ~ kkaktrichannel.info , kali ini admin akan berbagi soal dan jawaban alternatif Penilai diri bab 5 tentang Integrasi Nasional . soal ini saya ambil dari buku paket PPKN ( Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) kelas X halaman  174 - 175. adapun jawaban merupakan jawaban admin yang dapat dijadikan sebgai bahan referensi belajar kalian setelah kalian mencoba menjawab soal tersebut terlebih dahulu.
Penilaian diri Bab 5 Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Soal dan Jawaban Penilaian Diri Bab 5 halaman 174-175

Penilaian Diri
Ketika memasuki musim penghujan, wilayah Indonesia selalu dilanda bencana alam. Bencana alam yang selalu menjadi perhatian pemerintah di antaranya adalah bencana tanah longsor dan banjir. Bencana alam ini mungkin terjadi akibat perilaku masyarakat yang tidak menjaga lingkungannya sehingga bencana tersebut terjadi. Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama mencari solusi, bagaimana agar tidak terjadi bencana alam yang dapat mengancam jiwa manusia. Selain banjir dan tanah longsor, Indonesia juga merupakan negara yang rawan akan gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Bencana-bencana tersebut dapat diantisipasi jika masyarakat diberikan pemahaman mengenai bagaimana menghadapi bencana alam tersebut.
(Disarikan dari berbagai sumber)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Apa yang kalian rasakan ketika melihat saudara kita setanah air tertimpa bencana alam?
Jawaban :yang saya rasakan ketika saudara kita mengalami bencana korban adalah rasa simpati dan empati yang mendalam ikut sedih dan berduka atas bencana tersebut

2. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membantu saudara kalian? Berikan contohnya!
Jawaban : ikut meringankan penderitaan atas bencana tersebut dengan memberikan sumbangan semampunya baik itu harta maupun jasa, contoh memberikan bantuan makanan,minuman, kebutuhan saat di tempat evakuasi. atau juga memberikan bantuan jasa membantu mencari korban bencana alam tersebut atau membatu masak di dapur umum.

3. Nilai-nilai apa saja yang dapat kalian teladani untuk membantu saudara kalian? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban : nilai kemanusiaan, tolong menolong, gotong royong, kebersamaan, kesatuan dan persatuan. 

4. Mengapa masyarakat Indonesia kurang menyadari bahwa mereka hidup di negara yang rawan bencana alam?
Jawaban : karena masih banyak oknum atau orang yang tidak peduli dengan lingkungan alam , seperti contoh menebang hutan sembarangan, membuat tambang ilegal, dan kurangnya penelitian tentang alam di indonesia.

5. Bagaimana membangun kesadaran masyarakat Indonesia akan bencana alam?
Jawaban : Pemerintah harus membuat aturan yang jelas tentang lingkungan hidup dan untuk mencegah bencana alam, serta peran aktif masyarakat untuk disiplin dan hidup sesuai aturan yang ada dan mencintai lingkungan alam seperti tidak merusak alam.