Ads 720 x 90

Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8

Judul : Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8
Materi : PKN Kelas 8 Bab 5 Halaman 117
Sumber Soal : Buku Paket PKN Kelas 8 Semester 2  Kurikulum 2013
halaman : 117
Jawaban : Alternatif jawaban dari admin kkatricahannel.info
Note : Bukan sekedar Contekan tetapi sebagai bahan evaluasi adik adik dalam mengerjakan soal tentang Pertanyaan PKN Kelas 8 Halaman 117 dari buku paket kelas 8 tersebut
Berikut adalah Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8
Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8


Terjadinya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 itu sendirimenunjukkan bahwa pemuda Indonesia memiliki hal-hal berikut.
a. Potensi
Pemuda merupakan bagian terpenting dari masyarakat yang memiliki potensi untuk melakukan perubahan karena pemuda memiliki keinginan kuat untuk belajar dan berubah menjadi lebih baik.

b. Tanggung Jawab
Tanggung jawab muncul dari kesadaran, dan pendorong untuk melakukan perubahan adalah keberanian. Apabila pemuda memiliki kesadaran dan keberanian, perubahan akan dilakukan dan ini terbukti dalam masa penjajahan di mana peran pemuda pemuda sebagai penanggung jawab perubahan dilaksanakan.

c. Hak
Sebagai warga negara, pemuda juga memiliki hak. Hak itu sendiri diikuti dengan kewajiban. Bahkan tidaklah baik apabila menuntut hak sedangkan kewajibannya dikesampingkan. Pemuda di tahun 1928 lebih mendahulukan kewajiban berjuang demi bangsa dan negara daripada menuntut hak pribadinya.

d. Karakter
Pemuda yang melakukan perubahan adalah pemuda yang memiliki karakter berani, menyukai tantangan, kreatif, pekerja keras, dan inovatif.

e. Aktualisasi Diri
Aktualisasi diri adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Pemuda di tahun 1928 telah mampu mengaktualisasikan dirinya dengan baik. Aktualisasi diri tersebut bukan untuk hasrat dan kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan bangsa dan negara

f. Cita-Cita
Pemuda haruslah memiliki cita-cita yang besar. Cita-citalah yang akan melangkah seseorang meraih masa depan yang lebih baik. Pemuda akan memiliki cita-cita yang tinggi karena memang pemuda hidup di dunia gagasan. Jangan takut bermimpi. Takutlah kalau tidak punya mimpi.

dari rangkuman singkat diatas, selanjutnya kalian dapat membuat sebuah daftar Nilai Kepemudaan yang kalian miliki di tabel dibawah ini :

Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8

Jawaban tabel 5.4
1. Ciri Pemuda : Potensi

Keadaan/Pernyataan dirimu :
Pemuda memiliki potensi yang tinggi, terutama dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. Pemuda sendiri memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan berbagai tindakan dalam rangka mengharumkan nama bangsa. Pemuda memiliki banyak potensi, baik dari dalam diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar.

2. Ciri Pemuda : Tanggung Jawab

Keadaan/Pernyataan dirimu :

Tanggung jawab adalah suatu hal yang harus dilaksanakan individu atau kelompok masing masing. Pemuda memiliki tanggung jawab yang besar, terutama dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan. Pemuda mengemban tanggung jawab yang besar. Karena, merekalah yang nantinya akan memimpin bangsa ini. Sehingga, pemuda harus melaksanakan tanggung jawab itu dengan baik sedari dini. Caranya dengan menuntut ilmu dengansungguh sungguh, tidak membatasi perbedaan, dan menjadi masyarakat yang berguna bagi orang lain.

untuk Jawaban lengkapnya kalian dapat lanjut melihatnya di link berikut :
Jawaban Lengkap Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan (Baca/Lihat Selengkapnya)

Demikianlah info tentang Tabel 5.4 Nilai Kepemudaan PKN Kelas 8, semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter