Widget HTML Atas


Selamat Datang di Kkaktri Channel, Tapi sebelumnya Mohon bantuan untuk Subscribe channel Admin ya di:

Agar Kkaktri Semangat untuk berbagi Ilmunya. Terima Kasih

Aktivitas 8.2 Mengidentifikasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut, IPA Kelas 8

Aktivitas 8.2 Mengidentifikasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut. ~ kkaktrichannel.info, Salamm jupa kembali adik-adik, berikut ini kkaktri postingkan lagi jawaban dari aktivitas atau kegiatan belajar IPA kelas 8 untuk kali ini kkatri postingkan tentang jawaban untuk halaman 55 buku paket IPA kelas 8 tentang sistem pernapasan tepatnya adalah materi tentang mengidentifikasi pernapasan dada dan pernapasn perut berikut materi dan jawaaban soal tersebut :

Aktivitas 8.2 Mengidentifikasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut, IPA Kelas 8

Apa yang harus kamu lakukan?

1.Letakkan tanganmu di dada.
2.Hiruplah udara dalam-dalam dengan mengembangkan dada, kemudian embuskan. Pernapasan ini disebut dengan pernapasan dada.
3.Amati bagaimana pergerakan dadamu saat kamu menghirup udara dan saat mengembuskan udara.
4.Letakkan tangan di perut.
5.Hiruplah udara dalam-dalam dengan mengembangkan perut, lalu embuskan. Pernapasan ini disebut dengan pernapasan perut.
6.Amati bagaimana pergerakan perutmu saat kamu menghirup udara dan saat mengembuskan udara.

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Pada saat kamu melakukan pernapasan dada, apa yang terjadi pada  dadamu  ketika  kamu  menghirup  udara  (inspirasi)  dan ketika kamu mengembuskan udara (ekspirasi)?
2. Pada saat kamu melakukan pernapasan perut, apa yang terjadi pada perutmu ketika kamu menghirup udara (inspirasi) dan ketika kamu mengembuskan udara (ekspirasi)?
3.Adakah perbedaan proses yang terjadi pada pernapasan dada dan pernapasan perut? Jelaskan!

Jawaban :
1. Pada saat kita melakukan pernapasan inspirasi dada, maka tulang rusuk kita kan terangkat volume rongga dada membesar sehingga tekanan di rongga dada kita mengecil dan udara masuk ke paru paru, sedangkan saat ekspirasi dada tulang rusuk akan merelaksasi serta tekanan rongga dada akan kembali ke semula sehingga udara keluar dari paru-paru.
2. Pada saat inspirasi perut otot diagfragma kita berkontraksi sehingga rongga dada kita memmbesar dan udara masuk ke paru-paru, sedangkan saat ekspirasi otot diagfragma merelkasasi sehingga rongga dada mengecil dan udara keluar dari paru-paru.
3. Terdapat perbedaan proses pernapasan dada dan perut. Perbedaan tersebut terletak pada organ serta otot yang mengalami kontraksi serta relaksasi. Pada pernapasan dada, otot yang berperan adalah otot interkostalis atau otot antar tulang rusuk, sedangkan pada pernapasan perut otot yang berperan adalah otot diafragma.

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Berdasarkan hasil percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa saja yang dapat kamu simpulkan?

Saat bernafas menggunakan dada maka dada akan menggembung dan saat bernafas menggunakan perut maka perut akan menggembung. Organ yang digunakan menggembung karena menampung oksigen.

Materi tentang mengidentifikasi pernapasan dada dan perut

Pernapasan pada manusia dapat terjadi melalui pernapasan dada (menggunakan tulang rusuk) dan pernapasan perut (menggunakan otot diafragma). Dalam keduanya, volume paru-paru berubah sehingga terjadi perubahan tekanan udara agar udara keluar dan masuk.

Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antar tulang rusuk. Mekanismenya adalah sebagai berikut:

1. Fase inspirasi (menghirup udara):

Pada fase ini otot pada bagian antar tulang rusuk mengalami kontraksi atau menegang. Akibatnya, tulang bagian rusuk akan terangkat ke atas dan volume bagian rongga dada akan membesar. Tekanan pada udara terjadi di bagian rongga dada sehingga mengecil. Ini membuat udara yang berasal dari luar masuk ke dalam paru-paru.

2. Fase ekspirasi (menghembuskan napas):

Pada fase ini otot pada bagian antar tulang rusuk mengalami relaksasi atau mengendur. Akibatnya, bagian tulang rusuk mengalami penurunan dan volume pada rongga dada mengalami pengecilan. Tekanan udara pada rongga dada membesar. Ini membuat udara pada bagian paru – paru kemudian keluar dari bagian tubuh.

Sebaliknya, pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma

Diafragma adalah otot yang berada di bagian antara rongga dada dengan rongga perut yang berperan dalam proses pernapasan. Diafragma digunakan terutama dalam pernapasan perut.  

Mekanisme pernapasan perut adalah sebagai berikut:

1. Fase inspirasi (menghirup udara):

Pada fase ini otot diafragma mengalami kontraksi atau menjadi tegang. Akibatnya, diafragma akan berbentuk datar dan volume bagian rongga dada akan membesar. Tekanan pada udara terjadi di bagian rongga dada sehingga mengecil. Ini membuat udara yang berasal dari luar masuk ke dalam paru-paru.

2. Fase ekspirasi (menghembuskan napas):

Pada fase ini otot diafragma mengalami relaksasi atau mengendur. Akibatnya, diafragma akan kembali ke bentuk semula (melengkung) dan volume pada rongga dada mengalami pengecilan. Tekanan udara pada rongga dada membesar. Ini membuat udara pada bagian paru – paru kemudian keluar dari bagian tubuh. 

Demmikianlah jawaban serta materi tentang Aktivitas 8.2 Mengidentifikasi Mekanisme Pernapasan Dada dan Pernapasan Perut, IPA Kelas 8, semoga bermanfaat

Berlangganan via Email