Widget HTML Atas


Selamat Datang di Kkaktri Channel, Tapi sebelumnya Mohon bantuan untuk Subscribe channel Admin ya di:

Agar Kkaktri Semangat untuk berbagi Ilmunya. Terima Kasih

Contoh Komentar, defenisi ,perbedaan, manfaat ringkasan dan ikhtisar dalam membaca buku nonfiksi

Contoh Komentar, defenisi ,perbedaan, manfaat ringkasan dan ikhtisar dalam membaca buku nonfiksi ~ kkaktrichannel.info, berikut ini kkaktri beri contoh soal tersebut : 

Identitas Buku

Judul Buku: Panduan Praktis Main Rubik untuk Pemula
Penulis Buku: Wicaksono Adi
Penerbit Buku: Gradien Mediatama
Cetakan: I
Tebal Buku: 184 Halaman
Tahun Terbit: 2009
Gambar sampul :
Contoh Komentar, defenisi ,perbedaan, manfaat ringkasan dan ikhtisar dalam membaca buku nonfiksi

Sinopsis :

Rubik adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö Rubik, seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan segera, rubik menciptakan sensasi internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk diselesaikan.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di antaranya American Rubik's Cube Championship (November 1981), United Kingdom Rubik's Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik's Cube Championship (Maret 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik's Cube World Championship di Budapest, di mana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh rubik. Kejuaraan ini dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan catatan waktu 22,95 detik. Ketertarikan publik pada rubik mulai memudar menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual (belum termasuk merk-merk tiruannya!), menjadikannya diakui sebagai permainan puzzle terlaris di dunia. Bahkan rubik juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan dengan boneka Barbie.

Dengan kemuncurjan internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun 2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Komentar saya :

Menurut saya buku ini sangat menarik karena kitad apat mengetahui banyak hal tentang permmainan rubik, dan di buku ini kita juga diajarkan bagaimana caranya bermain rubik bagi kita yang baru atau pemula untuk bermain permainan tersebut hingga jago dalam bermain rubik. Dan buku ini juga disertai dengan gambar-gambar yang menarik

Ikhtisar :

Speedsolving adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Para pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi mereka, menyelesaikan rubik adalah sebuah olahraga ketangkasan. Mereka tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan juga membuktikan diri dan meraih prestasi

Defenisi Ringkasan dan ikhtisar :

Ringkasan adalah Bentuk ringkas dari karangan yang masih memperlihatkan sosok dasar dari aslinya. Inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. Dengan kata lain memangkas hal-hal yang lebih kecil yang meliputi gagasan utama bacaan, kerangka dasar masih tampak jelas.

Ikhtisar adalah Pada dasarnya sama dengan ringkasan dilihat dari tujuannya, keduanya mengambil betuk kecil dari suatu karangan panjang. Perbedaannya ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar. Untuk mengambil inti dia bebas mengambil kata-kata, asal tetap menunjukan inti dari bacaan tersebut.

Perbedaan ringkasan dan Ikhtisar

Ringkasan

- Membuat betuk kecil karangan
- Mereproduksikan kata pengarang
- Mempertahankan urutan gagsan karangan yang membangun sosok/ bahan karangan.
- Penyusunan terikat penataan, isi, dan sudut pandang.
- Bersifat objektif, menyusun tidak boleh mengubah susunan maupun sudut pandang.
- Kalimat pendek dan senada dengan kalimat bacaan, Mengambil intinya

Ikhtisar
- Mereproduksikan kembali secara kreatif kata dari pengarang.
- Urutan gagasan yang diungkap kembali tidak seperti urutan gagasan karangan.
- Penyusunan bebas, mengungkapkan apa yang menurutnya mewakili inti bacaan.
- Subjektif, penyusunan boleh mengubah menurutnya yang mewakili inti
- Kalimat cenderung sesuai dengan keinginan penyusunnya.

Manfaat menyusun ikhtisar :

1.Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata.
2.Memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan.
3.Membimbing dan menuntun seseorang agar dapat memahami bacaan atau isi buku yang terlalu panjang.

Berlangganan via Email