JADWAL SNMPTN DAN SBMPTN 2018

Minggu, Januari 28, 2018
INFORMASI PENTING JADWAL SNMPTN DAN SBMPTN 2018
Jadwal pelaksanaan SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinngi Negeri ) dan SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ). Bagi adik-adik yang duduk di kelas 12 yang ingin melaksanakan UN (Ujian Nasional) 2018 dan kemudian akan dilanjutkan dengan SNMPTN dan SBMPTN perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN karena bila adik-adik ketinggalan informasi bahkan tak mengetahui jadwal pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN maka adik-adik pastinya akan ketinggalan informasi bagaimana cara pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN, kapan pendaftaran SBMPTN dan SNMPTN dimana tempat pendaftaran onlinenya, serta apa syarat untuk dapat mengikuti SBMPTN dan SNMPTN.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018

PENTINGNYA MENGETAHUI JADWAL SNMPTN dan SBMPTN
Oleh karena pentingnya mengetahui jadwal SNMPTN dan SBMPTN, maka dari itu admin kkaktri channel  akan berbagi informasi tentang jadwal snmptn dan sbmptn. tetapi sebelum kkaktri Channel berrbagi informasi tentang jadwal update SNMPTN dan SBMPTN 2018, sekiranya adik-adik perlu ketahui apa itu SNMPTN dan SBMPTN. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinngi sedangkan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, lalu apa bedanya SNMPTN dan SBMPTN itu.

PERBEDAAN SNMPTN dan SBMPTN
1. Proses Seleksi

Proses seleksi SNMPTN dan SBMPTN berbeda. Untuk jalur SNMPTN proses seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA sederajat dan semester 1-7 untuk SMK program 4 tahun. Untuk Tahun ini (2018) SNMPTN tidak lagi  mempertimbangkan nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, jadi murni hanya menggunakan nilai rapor dan prestasi lain yang pernah diraih.

Sedangkan SBMPTN menggunakan ujian tertulis. Untuk tahun ini, ujian tertulis dibagi menjadi 2 (dua) yakni UTBC dan UTBK). UTBC (Ujian Tertulis Berbasis Cetak) hampir sama dengan ujian masuk pada umumnya, yakni menggunakan LJK dan pensil 2B. Sedangkan UTBK (Ujian Tertulis Berbasais Komputer). Kedua ujian ini pada dasarnya sama dengan ujian PBT dan CBT hanya berbeda pada penamaan saja.

Selain itu, dalam ujian SBMPTN menggunakan 2 tipe tes yaitu TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar). Ujian masuk ini masih harus dibedakan menurut jurusan yang diinginkan yakni Saintek, Soshum dan Campuran buat kamu yang berusaha pindah jurusan. Kedua tes ini harus dikerjakan langsung dalam waktu satu hari. Selain itu masih ada UK atau Ujian Keterampilan khusus buat kamu yang memilih jurusan seni dan olahraga. Agak Ribet ya??, tapi kamu harus melewatinya! Semoga Sukses ya!

2. Biaya Seleksi

Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti SNMPTN. Namun untuk SBMPTN, tahun 2018 ini kamu harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,-. Pembayarannya harus melalui bank-bank yang telah ditunjuk. 

3. Peserta yang diijinkan mengikuti seleksi

Peserta SNMPTN harus berasal siswa kelas 12 pada tahun diadakannya seleksi. Jadi bagi siswa yang lulus pada tahun sebelumnya, tidak diperkenankan untuk mendaftar. Untuk tahun ini, panitia penyelenggara memberikan kuota khusus bagi sekolah untuk mendaftarkan siswa-siswinya ke jalur masuk SNMPTN. Peraturan dan kuota setiap sekolah berbeda-beda, tergantung dari akreditasi sekolah tersebut. Kuota tersebut dibagi menjadi 4 yaitu:

     a. Sekolah akreditasi A : 50% siswa terbaik di sekolahnya
     b. Sekolah akreditasi B : 30% siswa terbaik di sekolahnya
     c. Sekolah akreditasi C : 10% siswa terbaik di sekolahnya
     d. Sekolah yang belum terakreditasi : 5% siswa terbaik di sekolahnya

Sedangkan untuk SBMPTN, semua siswa boleh mendaftar dan tidak tergantung kuota. Namun panitia juga memberikan batasan alumni yang boleh mengikuti seleksi ini. Untuk tahun 2018, alumni yang diperbolehkan mendaftar hanya mereka yang telah lulus pada tahun 2016 dan 2017.
Itulah perbedaan jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN yang perlu kalian ketahui. Banyak jalan menuju PTN. Jika tidak diterima pun, masih banyak Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh tiap universitas. Jadi jangan mudah nyerah ya... Btw, untuk jadwal SNMPTN dan SBMPTN kita lanjutkan pembicaraannya, berikut adalah informasi tentang Jadwal SNMPTN dan SBMPTN :

Waktu atau Jadwal Pelaksanan

 A. Jadwal SNMPTN 2018

    Pengisian dan Verifikasi PDSS pada 13 Januari – 10 Februari 2018
    Pendaftaran SNMPTN pada 21 Februari – 6 Maret 2018
    Pengumuman Hasil Seleksi pada 17 April 2018, 
    Pendaftaran Ulang dilakukan di masing-masing PTN bagi yang lulus SNMPTN

Baca Juga : INFORMASI PENTING SNMPTN 2018 TERBARU

B. Jadwal Pelaksanaan SBMPTN 2018

    Pendaftaran Online 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB
    Pelaksanaan Ujian Tulis (UTBC dan UTBK) pada tanggal 8 Mei
    Pelaksanaan Ujian Keterampilan tanggal 9 dan/atau 11 Mei
    Pengumuman SBMPTN pada 3 Juli mulai pukul 17.00 WIB 

Demikianlah informasi lengkap tentang Jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2018. semoga bermanfaat

tag : jadwal snmptn dan sbmptn, jadwal sbmptn 2018, jadawal snmptn 2018, jadwal lengkap snmptn dan sbmptn 2018, daftar universitas snmptn, syarat snmptn, snmptn 2018, hasil snmptn 2017, snmptn.ac.id 2018, jurusan snmptn, hasil snmptn 2016, jadwal snmptn 2018, snmptn.ac.id 2018, pengumuman snmptn 2017, pengumuman.snmptn.ac.id 2017, jadwal snmptn 2018, informasi snmptn 2018, jadwal pendaftaran snmptn 2018, syarat snmptn, daftar universitas snmptn, jadwal snmptn 2018, snmptn.ac.id 2018, daftar universitas snmptn, jadwal pendaftaran snmptn 2018, snmptn 2018 kuota, syarat snmptn, hasil snmptn 2017, pdss 2018

Artikel Terkait

Previous
Next Post »