Ads 720 x 90

Serba Serbi Dalgona Coffee yang Viral dari Asal Muasal, Cara pembuatan Dalgona Coffee dan berita artis Dunia yang Buat Dalgona Coffee

kkaktrichannel.info ~ Assalamualaikum Wr Wb. Untuk kali ini Admin kktrichannel ingin berbagi info tentang Serba Serbi Dalgona Coffe yang tiba-tiba Viral. Untuk kali ini admin akan kumpulkan beberapa artikel yang sengaja admin amil dan rangkum dari berbagai surat kabar mengenai Dalgona Coffe. Dalgona Coffee adalah sejanis Minuman yang terbuat dari campuran kopi dan susu yang katanya sangat segar. Berikut ini info seputar tentang Dalgona Coffe
Serba Serbi Dalgona Coffee yang Viral dari Asal Muasal, Cara pembuatan Dalgona Coffee dan berita artis Dunia yang Buat Dalgona Coffee

Sedikit Info : Cara buat Dalgona Coffe Ala Kkaktrichannel
Bahan-Bahan : 
Satu sachet kopi instan atau kopi bubuk. 
Dua sendok makan gula. 
Dua sendok makan air panas. 
400 ml susu. 

Cara pembuatan : 
Campurkan kopi instan, gula, dan air panas ke dalam wadah yang telah disediakan. 
Kocok dengan menggunakan mixer. 
Pastikan semua bahan teraduk merata, dan tunggu hingga warnanya kecoklatan. 
Panaskan susu (jika diinginkan). 
Tuang susu ke dalam gelas. 
Tambahkan campuran kopi yang telah diaduk di atasnya. 
Kopi Dalgona siap dinikmati.

Berita Pertama : Dalgona Coffe dikisahkan sebagai minuman atau jajanan saat masa Perang kini menjadi Minuman yang Viral

Jakarta, CNBC Indonesia- Belakangan di sosial media manapun, baik instagram maupun tiktok, banyak berlalu lalang foto dalgona coffee.
Selama pandemi corona berlangsung, hampir semua orang yang kita kenal tampaknya sedang gandrung membuat kopi dalgona ini. Bahannya cukup mudah; susu, kopi sachet, dan gula. Tapi mengocoknya yang butuh waktu lama, terutama jika Anda tak punya mixer.
Hasilnya sih katanya enak, susu dengan topping krim kopi yang manis.

Tapi sebenarnya dari mana sih dalgona ini berasal?

Dari namanya sudah ketahuan sih, minuman ini berasal dari Korea Selatan. Nama lain dalgona adalah ppopgi atau "honeycomb toffee". Bagi warga Korea minuman ini adalah jajanan jalanan yang membangkitkan kenangan masa kecil mereka.

"Waktu saya kecil, saya inget ada bapak-bapak tua yang dagang cemilan ini," ujar Kenny Soo Hong Kyung, pemilik Cafe Cha di Seoul, sebagaimana dilansir dari South China Morning Post. "Saya jajan ini tiap hari, soalnya murah banget cuma air dan gula dan punya rasa manis, lalu ada pahit-pahit dikit abis itu."

Jajanan ini populer di Korea era 1970-1980an, Hong mengatakan jajanan ini lahir usai Perang Korea pada 1950-1953 di mana para tentara Amerika yang menduduki negeri tersebut suka memberikan cemilan pada anak-anak Korea. Tapi, cemilan para tentara itu sangat mahal dan tidak ada di sana.

Sehingga, para orang tua di Korea membuat cemilan sendiri dengan cara mereka.

Dalgona sendiri dibuat dengan mencampur air dan gula, direbus sedemikian rupa sampai menguning. Lalu ditambah baking soda sampai miksturnya berubah, gulanya akan mengeras dan menjadi renyah.

Dalgona bisa dibilang seperti lollipop versi murah, sebenarnya di Indonesia jajanan ini juga sempat hadir di tahun 80-90an di mana kita sering lihat abang-abang membuat permen gula dengan bentuk macam-macam. Bisa berupa hati, bintang, bahkan binatang.

"Setiap orang Korea punya kenangan yang sama soal ini, lalu kita ingin kenalkan Dalgona ke warga Korea saat ini dan lainnya lewat minuman," ujar Hong yang membuka kafenya September lalu, dan minumannya kini jadi viral di mana-mana.

Dalgona bukan seperti karamel yang cuma manis, tapi dia manis di awal namun punya sensasi pahit di ujung. sangat cocok untuk dibuat teh susu.

"Setiap kultur punya karakter milk teanya sendiri, Inggris pakai blok gula merah, Taiwan pakai sirup, dan kami Korea pakai dalgona."

Butuh waktu setahun sampai ia menemukan dalgona milk tea dan dalgona coffee. Tapi dalgona yang dia punya agak beda, bentuknya agak keras, sehingga pelanggannya menungu 5 sampai 10 menit untuk dalgonanya meleleh dan melarut dengan susu.

Dalgona Coffee kemudian jadi viral sejak Januari lalu, saat aktor Jung Il Woo membuat minuman ini dengan sedikit modifikasi di sebuah show di televisi Korea.

"Kalian bisa temukan resepnya di Youtube, tapi dia membuatnya dengan kopi instan dicampur air dan gula dan diaduk sampai jadi busa," kata Hong.

"Kami sangat gembira orang mulai tahu kopi dalgona, tapi orang di luar Korea tidak tahu bagaimana dalgona dibuat sebenarnya."

Sumber berita : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200415101714-33-152013/kisah-dalgona-coffee-jajanan-masa-perang-kini-minuman-viral

Berita Kedua : Cara Buat Dalgona Coffee Tanpa Mixer ala Rachel Venya dan Chef Devina, Yuk Coba Bikin!


TRIBUNJABAR.ID - Pandemi virus corona membuat masyarakat melakukan social distancing dan berdiam diri di rumah.
Diam di rumah bisa jadi membuat Anda bosan. Terlebih jangka waktu social distancing yang panjang.
Ini kesempatan Anda untuk mencoba hobi yang baru. Salah satunya memasak. Bila tiddak percaya diri, mulailah membuat masakan yang sederhana. Saat ini ada minuman yang sedang hits yakni Dalgona Coffee. Tak sedikit yang membagikan hasil racikan Dalgona Coffee mereka di media sosial.
Dalgona Coffee terlihat cantik bila disajikan di gelas kaca bening. Ada dua layer. Bagian bawahnya susu cair sedangkan bagian atasnya kopi yang dibuat super kental. Dalgona Coffee populer setelah muncul di sebuah acara di TV Korea pada Januari 2020.
Melansir pemberitaan Spot, 20 Maret 2020, dalam acara TV Korea aktor Jung Il-Woo pergi ke Makau, lalu mencoba minuman tersebut. Dia memberinya julukan dalgona karena mirip dengan permen spons tradisional Korea.
Sejak saat itu pengguna TikTok, Youtube, dan Instagram dari seluruh dunia tertarik membuatnya. Dalgona Coffee cukup mudah dibuat. Kopi dibuat kental hingga berbusa. Umumnya mereka menggunakan mixer untuk mengaduk kopi. Namun, ada resep yang tidak mengharuskan menggunakan mixer.

Berikut dua resep Dalgona Coffee dari Devina jebolan MasterChef Indonesia dan influencer Rachel Venya. Ala Devina Master Chef Indonesia. Devina membagikan resep Dalgona Coffee di Youtube-nya.

Bahan Dalgona:
2 sdm kopi bubuk instan tanpa ampas
2 sdm white/brown sugar
2-3 sdm air hangat

Bahan lain:
Susu sapi
Evaporated milk/santan
Es batu
Devina mengatakan, tidak masalah memakai sedikit air untuk membuat dalgona dari kedua bahan lain.
Sebab, jika takaran air lebih banyak, maka busa/forma semakin kasar.
"Tapi kalau takarannya 1:1:1, foam-nya bakal smooth banget atau lembut," ujar dia.

Cara membuat dalgona coffee ala Devina Hermawan:

1. Buat foam: Campurkan kopi, gula, dan air hangat di mangkuk ceper.
Aduk menggunakan saringan kecil hingga berubah warna menjadi pucat selama 3,5 menit.
2. Masukkan es batu, susu sapi, dan evaporated milk ke dalam gelas. Letakkan foam di atasnya.
3. Brown Sugar Dalgona Coffee siap disajikan.

"Kalau misalkan dia nggak larut, nanti nggak enak, nggak smooth, kasar," tambah dia.

Selain itu, alasannya menggunakan mangkuk ceper agar saringan mudah terkena dasar mangkuk sehingga lebih merata saat mengaduk.

Setelah berubah warna cokelat pucat dan kaku, maka foam dalgona siap disajikan.

Sementara itu, penggunaan evaporated milk atau santan dalam resep dalgona coffee-nya agar bisa menambah rasa gurih.

"Tujuannya agar lebih gurih lagi, tapi ini nggak wajib," ujar dia.

Menurut Devina, foam dalgona lebih cokelat karena ia menggunakan brown sugar.

Ala Rachel Venya

Rachel membagikan resep Dalgona Coffee bikinannya di Instagram.
Ia menunjukkan resep rahasianya memakai merk kopi tertentu.

Resep yang Vennya gunakan yaitu 2 sendok makan bubuk kopi, 2 sendok makan gula aren, 2 sendok makan air hangat.

Tuang semua bahan ke mangkuk, lalu aduk menggunakan mixer agar kopi lebih cepat menjadi kental.

Alih-alih menggunakan mixer yang lebih praktis dan cepat, Rachel Vennya justru memakai whisk dengan risiko tangan pegal.

"Aduh.. Bentar kita urut (tangan) dulu. Sebenernya aku bisa aja pake mixer, tapi kayak.. gue tuh ribet, gue tuh maunya ribet guys," Vennya berkelakar sambil mengurut tangannya yang tadi mengaduk campuran kopi dan gula.

Setelah mengaduk hingga kental, Rachel menuangkannya pada gelas yang telah berisi susu.

"AKHIRNYA AKU BERHASIL!!! aku mau share cara asik buat nikmatin waktu di rumah aja! Ku persembahkan Dalgona Coffee buatanku," tulis Vennya dalam unggahannya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Cara Buat Dalgona Coffee Tanpa Mixer ala Rachel Venya dan Chef Devina, Yuk Coba Bikin!, https://jabar.tribunnews.com/2020/04/15/cara-buat-dalgona-coffee-tanpa-mixer-ala-rachel-venya-dan-chef-devina-yuk-coba-bikin.

Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi

Berita Ketiga : Buat Dalgona Coffee, Jimin dan RM BTS Jadi Trending Topik Dunia

Member grup BTS, Jimin dan RM ikut meramaikan tantangan membuat dalgona coffee. Mereka melakukan siaran langsung di aplikasi VLive, Selasa (14/4/2020) kemarin. Jimin mengejutkan pemirsa dengan rambut hitam barunya dan memperkenalkan RM sebagai tamu hari itu. Baca juga: BTS Beri Semangat dan Imbauan untuk Indonesia yang Hadapi Virus Corona   Mereka lalu membuat dalgona coffee, Jimin dan RM membicarakan banyak topik. Resep dalgona coffee adalah gula, kopi instan, dan air hangat. Meskipun bahan dan cara membuat dalgona coffee cukup mudah, prosesnya membutuhkan energi lebih. Baca juga: Pakai Bahasa Indonesia Ingatkan soal Covid-19, V BTS: Jaga Jarak Dulu Untuk mendapatkan konsistensi yang bagus, bahan kopi, gula, dan air hangat dikocok dalam waktu yang cukup lama jika tidak menggunakan mikser. Jimin dan RM melakukannya tanpa mikser. Meskipun tertawa-tawa, ada kalanya Jimin terlihat putus asa dan capek mengocok adonan. Selama membuat dalgona coffee, Jimin memutar lagu mereka yang berjudul “Coffee”. Baca juga: BTS Semangati Indonesia Lawan Pandemi Virus Corona Jimin dan RM kehilangan energi setelah kopi trendi mereka jadi. “Tanganmu terlihat gemetar,” kata RM saat Jimin mencicipi dalgona coffee-nya. “Akhir-akhir ini energiku turun. Saya jadi lebih lemah,” jawab Jimin. Baca juga: BTS Luncurkan Lightstick Baru Edisi Map Of The Soul Selama dan setelah siaran langsung itu, beberapa kata kunci terutama "MiniMoni" dan "?? ??" menjadi tren di seluruh dunia. Mini dari Jimin, sedangkan Moni dari nama panggung lama RM, Rap Monster. Dari situlah MiniMoni terbentuk. Selain itu, Jimin Jimin tercatat memiliki 77 tren di 68 negara dan wilayah dengan 12 kata kunci berbeda. Baca juga: Album Terjual 20 Juta Kopi, BTS Jadi Artis Korea Terlaris Sepanjang Masa Tantangan membuat dalgona coffee merupakan tantangan selama masa karantina saat ini yang sedang tren di Instagram karena virus corona. Dalgona coffee mulai terkenal Januari 2020 ketika aktor Korea, Jung Il Woo menunjukkan cara membuat minuman itu. Tidak lama setelah itu semua warganet mulai berpartisipasi dalam tantangan unik itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bikin Dalgona Coffee, Jimin dan RM BTS Jadi Trending Dunia", https://www.kompas.com/hype/read/2020/04/15/112422666/bikin-dalgona-coffee-jimin-dan-rm-bts-jadi-trending-dunia?page=all.
Penulis : Melvina Tionardus
Editor : Kistyarini

Demikianlah Serba Serbi Dalgona Coffee yang Viral

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter