Ads 720 x 90

Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun 2020 Bagian 5

kkaktrichannel~ Tes Daring Ujian Sekolah Kelas 9 ( Soal dan Jawaban Lengkap) Kurikulum 2013 Tahun 2020 Bagian 5. sengaja admin buat judul tersebut untuk menarik kalian yang ingin mengetahui contoh Tes Daring Bahasa Indonesia untuk SMP, Namun untuk kali ini sebenarnya admin postingan tentang Latihan untuk UJian Sekolah (US) SMP tahun 2020 yang katanya adalah Ujian Sekolah yang dilakukan pertama kali secara Daring atau lewat internet jarak jauh.  Ujian Sekolah buat tahun 2020 ini dilakukan secara Daring karena adanya Wabah Corona yang Melanda Indonesia Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia yang akan admin postingkan ini merupakan simulasi buat adik-adik dalam menjawab soal Ujian Sekolah yang akan adik-adik lakukan besok pada hari Senin tanggal 13 April 2020. Soal US Bahasa Indonesia ini semoga dapat membantu adikadik dalam belajar Ujian Sekolah Secara daring.
Tes Daring Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 ( Soal dan Jawaban Lengkap) Kurikulum 2013 Tahun 2020 Bagian 5


Test Daring Bagian 5 Bahasa Indonesia Ujian sekolah SMP Kelas IX
test daring Bahasa Indonesia Ujian Sekolah tahun 2020 ini merupakan ujian sekolah yang pertama kali dilakukan di Indonesia karena adanya wabah COVID, Para siswa-siswi mengerjakan soal Ujian secara Daring dari rumah masing-masing. Ujian Sekolah akan dilakukan secara bersama mulai tanggal 13 April 2020. Ujian Sekolah Daring merupakan Ujian yang menentukan untuk kelulusan para siswa-siswi kelas 9 , namun juga memeprtimbangkan nilai-nilai lainnya seperti nilai raport dari semester pertama hingga semester akhir.

Berikut adalah simulasi Tes daring Ujian Sekolah Bahasa Indonesia dengan terbagi menjadi beberapa bagian simulasi untuk dijadikan sebgai bahan latihan adik-adik dalam menyambut pekan ujian sekolah tahun 2020. selamat mengerjakan

Soal Ujian Sekolah Daring Bahasa Indonesia Kelas IX (Bagian 5)

Soal Esai atau UraianUjian sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9
II. URAIAN
Jawablah dengan singkat dan jelas!

41.Cermati teks berikut!
Hingga suatu hari, Mang Doir pergi ke ladangnya. Celananya robek terkena pohon berduri. Lalu, Mang Doir mencabut tanaman berduri itu. Hal itu dilakukannya agar duri di pohon itu tak mengenai orang lain yang lewat. Saat Mang Doir mencabut tanaman itu, ia melihat sebuah kendi berisi uang perak yang tertanam di hawah tanaman tersebut. Alangkah senang hatinya.
Ubahlah kutipan cerpen tersebut menjadi sudut pandang orang pertama!
42. Cermati teks berikut!
Ribuan massa dari berbagai elemen turut serta dalam kegiatan Bersih-bersih Sungai Cimanuk. Dengan menggunakan peralatan kebersihan seperti sapu, sekop, karung, dan lain sebagainya, para peserta mengumpulkan sampah yang berserakan di sekitar Sungai Cimanuk, Kabupaten Indramayu, Sabtu (22/2). Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat lebih peduli pada sampah dan kelestarian lingkungan.
(https://www.republika.co.id/ dengan pengubahan)

Tentukan unsur adik simba (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) sesuai dengan kutipan teks berita tersebut!
43. Cermati teks cerita inspiratif berikut!
Kisah Putri dan Semangkuk Baso
Hari ini Putri berulang tahun yang ke-14. Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.
Tapi, hari itu ternyata adik Putri sedang sakit. Otomatis, sirnalah harapan Putri untuk makan makanan kesukaannya. Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah. Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar. Saat itu hanya ada tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas, tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis. Sambil memakan semangkuk bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes. 
Abang tukang bakso pun bertanya, “Kenapa nangis, Neng?”
“Sebenarnya ini hari ulang tahunku,. Aku terharu, Abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri, “orang tuaku malah ngga peduli.”
“Ya, kalo Abang yang baru kasih Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng, nanti nyesel loh!” kata abang tukang bakso.
Putri pun tersadar setelah mendengarkan nasihat abang bakso itu dan ia lalu segera pulang. Sampai di rumah ia meminta maaf pada ibunya.
[…]
(https://www.kepogaul.com/ruangpena, dengan pengubahan)

Tulislah bagian koda atau pesan moral teks cerita inspiratif tersebut! 
44. Cermatilah teks berikut!
terlepas dari beberapa kekurangan kekurangan yang ada buku karya juaningsih ini layak digunakan untuk mengajari semua anak anak tentang konsep ilmu bahasa secara sangat menyenangkan sekali
Tulislah kembali tersebut sehingga menjadi kalimat yang efektif dengan memperhatikan penulisan huruf dan tanda baca!
45. Cermatilah teks berikut! 
“Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan ke sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” 
“Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” 
Nada terdiam. 
Tulislah teks dialog drama berdasarkan teks cerpen di atas dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antar dialog, ejaan, dan tanda baca!

Kerjakan terlebih dahulu, kemudian kalian bisa mendownload soal serta jawaban dari Ujian Sekolah Bahasa Indonesia di Link berikut :
1. Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Sistem daring ( DOWNLOAD )
2. Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Sistem daring ( DOWNLOAD)

Demikianlah soal  Tes Daring Ujian Sekolah Bahasa Indonesia Kelas 9 ( Soal dan Jawaban Lengkap) Kurikulum 2013 Tahun 2020 Bagian 5, Semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter