Ads 720 x 90

Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari

kkaktrichannel.info ~ Pertanyaan dan Jawaban soal BDR (Belajar dari Rumah) di TVRI untuk jenjang SMP dengan tema Pembangkit Listrik Tenaga Matahari. BDR ditayangkan pada hari Rabu tanggal 3 juni 2020 dengan pertanyaan awal seperti ini " Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi? " dan untuk referensi jawaban admin telah menjawab soal tersebut di bawah ini :
Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari

Pertanyaan dan Jawaban BDR tentang Pembangkit Listrik Tenaga Matahari 

Pertanyaan di akhir segmen 1 (0:00-6:58): 
Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi? 
Referensi Jawaban :
Matahari adalah sumber cahaya bagi dunia ini dan merupakan sumber energi bagi kehidupan baik bagi manusia,hewan maupun tumbuhan.Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang. Vitamin D dari sinar matahari bisa membuat tulang kita kuat dan sehat. Panas yang dipancarkan dari cahaya matahari memberikan suhu yang pas untuk keberlangsungan hidup organisme di muka bumi ini.Bumi ini menerima sinar matahari yang pas,sehingga dapat menjaga air tetap berbentuk cair,sehingga makluk yang ada di muka bumi dapat memanfaatkan air untuk kehidupannya. Cahaya matahari dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan yang berklorofil untuk froses fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pernapasan bagi hewan dan manusia

Pertanyaan di akhir segmen 2 (8:28 – 14:31): 
Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari? 
Referensi jawaban :
Matahari dimanfaatkan untuk Pembangkit listrik tenaga matahari contohnya Panel surya yang  dipasang di atap bangunan dan rumah di daerah perkotaan untuk mendapatkan listrik dengan gratis.

Pertanyaan di akhir segmen 3 (16:11 – 23:31): 
Sebutkan tiga hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat penggunaan listrik! Berikan alasanmu! 
Referensi Jawaban :
1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. 
2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. 
3. Hemat Pemakaian Lampu Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter