Widget HTML Atas

Uji Kompetensi 7 Wawasan Nusantara PPKN Kelas 10

Uji Kompetensi 7 Wawasan Nusantara PPKN Kelas 10 ~ kkaktrichannel.info. berikut ini kkaktri postingkan jawban uji kompetensi mata pelajaran PPKN kelas 10 soal kk ambil dari buku paket kurtilas halaman 228. Soal uji kompetensi ini terdiri dari 5 soal esai atau uraian, berikut secara lengkap soal dan jawaban dari soal tersebut.

Uji Kompetensi 7 Wawasan Nusantara PPKN Kelas 10

Soal dan jawaban Uji Kompetensi 7 wawasan Nusantara PPKN Kelas 10 halaman 228

1. Jelaskan bagaimana pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI?
Jawab : 
Wawasan Nusantara dinilai sangat penting, sebab Wawasan Nusantara sendiri sebagai Wawasan Nasional bangsa Indonesia dan merupakan perwujudan dari kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan (HANKAM). Wawasan Nusantara sendiri juga dinilai sangat penting sebab wawasan ini merupakan pencerminan dari kepentingan yang sama, tujuan yang sama untuk terpeliharanya kesatuan dan persatuan wilayah NKRI. Sehingga Wawasan Nusantara berguna sebagai pola yang mendasar dalam cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan dari konsepsi Wawasan Nusantara bagi bangsa Indonesia! 
Jawab : 
Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa, maksudnya bahwa Visi bangsa Indonesia selaras dengan konsep wawasan Nusantara dimana Indonesia harus menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh. Wawasan Nusantara berfungsi sebagai landasan visional yang diyakini kebenaranya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan Nasional. Wawasan Nusantara bertujuan untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, suku bangsa atau daerah

3. Jelaskan  aspek trigatra dalam Wawasan Nusantara! 
Jawab : 
Aspek Trigatra dalam Wawasan Nusantara, adalah : 
A. Letak dan Bentuk Geografis.   
Indonesia terletak pada 6 LU – 11 LS, 95 BT – 141 BT, dilalui garis khatulistiwa yang ditengah-tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau. 
B. Keadaan dan Kemampuan Penduduk.
Kemampuan penduduk yang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman-ancaman terhadap pertahanan nasional.
C. Keadaan dan Kekayaan Alam
Sifat unik kekayaan alam yaitu jumlahnya yang terbatas dan penyebarannya tidak merata, sehingga dapat menimbulkan ketergantungan dari dan oleh negara dan bangsa lain.

4. Jelaskan aspek pancagatra dalam Wawasan Nusantara! 
Jawab : 
Aspek Pancagatra ada 5, yaitu Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, serta Pertahanan dan Keamanan. Berikut penjelasannya :
A. Ideologi,  merupakan konsep yang mendalam mengenai kehidupan yang dicita-citakan serta yang ingin diiperjuangkan dalam kehidupan nyata.
B. Politik, merupakan asas, haluan, maupun kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan guna kepentingan masyarakat dan bangsa.
C. Ekonomi, merupakan seluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat. 
D. Sosial Budaya, merupakan kondisi dinamis budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG, baik dari dalam maupun luar, baik yang langsung maupun yang tidak langsung, yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
E. Pertahanan dan Keamanan, merupakan ketangguhan suatu bangsa dalam upaya bela negara, di mana seluruh IPOLEKSOSBUD-HANKAM disusun, dikerahkan secara terpimpin, terintegrasi, terorganisasi untuk menjamin terselenggaranya sistem ketahanan nasional prinsipprinsip sistem ketahanan nasional antara lain bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan.

5.   Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara dalam bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM bagi bangsa Indonesia!
Jawab : 
A. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. 
B. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.
C. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan sosial budaya akan menciptakan  sikap  batiniah  dan  lahiriah  yang  mengakui,  menerima, dan menghormati segala bentuk perbedaan atau kebhinnekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus karunia Sang Pencipta.
D. Implementasi Wawasan Nusantara dalam kehidupan Hankam akan menumbuhkembangkan  kesadaran  cinta  tanah  air  dan  bangsa,  yang lebih lanjut akan membentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia

Berlangganan via Email