Ads 720 x 90

Soal dan Jawaban Pertanyaan metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu, belajar dari Rumah di TVRI

Soal dan jawaban Pertanyaan SMA/SMK Rabu 29/4, Bisnis Produktif Mainan Edukatif. metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu,
Kompetensi Literasi: 
(1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi; 
(2) Merepresentasikan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan lain dalam bentuk tulisan
Soal dan Jawaban Pertanyaan metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu, belajar dari Rumah di TVRI

Soal dan Jawaban Pertanyaan metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu, belajar dari Rumah di TVRI

Teman-teman, ternyata mainan edukatif sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk belajar. Peluang bisnisnya pun masih sangat luas. Jika teman-teman berminat untuk berbisnis mainan edukatif, catat dahulu pertanyaan ini. Lakukan diskusi dengan orang tua atau saudara.

Pertanyaan 1
Manfaat apa yang bisa didapatkan anak dari mainan edukatif?
Jawaban :
5 Manfaat Mainan Edukatif :
1. Melatih konsentrasi. Mainan anak edukatif dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun puzzle misalnya, si anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya. Anak tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.

2. Melatih kemampuan motorik. Mainan anak edukatif akan merangsang motorik halus dan kasar anak. Motorik halus diperoleh ketika anak menjumput mainan, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.

3. Mengenalkan konsep sebab akibat. Contohnya, dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat mendasar.

4. Melatih bahasa dan wawasan. Mainan anak edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya.

5. Mengenalkan warna dan bentuk. Dengan mainan anak edukatif, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, persegi empat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya.

Pada tayangan ini dijelaskan proses pembuatan mainan edukatif yang aman dan dekat dengan anak. Jawab pertanyaan berikut dengan kalimat yang mudah dipahami.

Pertanyaan 2 
Ada rambu-rambu yang harus dipertimbangkan saat akan memproduksi mainan edukatif. Berdasarkan karakter anak balita, menurutmu, mainan seperti apa yang dapat melatih kreativitas anak? Gunakan berbagaisumber untuk mendapatkan inspirasi.
Jawaban :
Menurut saya permainan yang dapat meningkatkan kreatifitas anak, seperti kegiatan eksperimen sederhana, dimana kegiatan eksperimen ini tidak akan jauh dari unsur bermain bagi anak, karena anak secara langsung berinteraksi sendiri dengan objeknya dan sesuai dengan kemauan anak.
Contoh mainan itu adalah Balok Kayu
Balok kayu adalah mainan edukatif anak yang terbuat dari potongan-potongan kayu, terdiri dari berbagai jenis bentuk geometri. Permainan balok kayu merupakan permainan yang membentuk dan menggabungkan objek, permainan ini sering disebut permainan konstruktif, dimana anak secara aktif membangun sesuatu dengan menggunakan bahan atau material yang sudah tersedia dengan pengetahuan yang dimilikinya. Anak menyusun serta merangkai balok-balok kayu menjadi sebuah bangunan menara, gedung, rumah, jalan, dan sebagainya.

Beberapa keunggulan dari permainan balok di antaranya:
1) Manfaat Fisik
Mainan balok memperkuat genggaman jari dan tangan anak, meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Mainan balok juga mendidik anak mempelajari perbedaan bentuk geometri.

2) Manfaat Sosial
Mainan balok mendorong anak untuk berteman dan bekerja sama. Mainan balok bermanfaat bagi anak, karena dengan bermain balok mendorong berinteraksi dan berimajinasi. Imajinasi anak dapat segera diwujudkan dengan berrmain balok. Kreatifitas yang dikombinasikan dengan kegiatan sangat penting dalam kehidupan sosial anak.

3) Manfaat Intelektual
Anak dapat mengembangkan kemampuan kata-kata saat mereka mencoba menggambarkan ukuran, bentuk dan posisi. Anak mengembangkan kemampuan matematik melalui pengelompokan, penambahan, pengurangan. Dua buah segitiga sama sisi jika digabung akan menjadi persegi empat. Pada saat bermain balok, anak akan mengetahui bahwa balok jika tidak seimbang akan jatuh, anak belajar tentang keseimbangan dan gravitasi. Belajar geometri dari mainan balok akan meningkatkan stimulasi intelektual. Penelitian yang dilakukan di Universitas Washington juga menunjukkan hasil, bahwa anak yang bermain menggunakan balok-balok, kemampuan bahasanya lebih tinggi dari teman-temannya.

4)  Manfaat Kreatif
Mainan balok merupakan pemicu stimulus kreatifitas, karena anak akan membuat desain mereka sendiri dengan balok.

Semua anak akan melalui tahapan dalam bermain menggunakan balok di antaranya:
a) Anak akan membawa balok-balok berkeliling, dengan demikian mereka belajar tentang balok misalnya berapa berat balok tersebut, bagaimana rasanya dan berapa banyak bisa diangkat sekali jalan.
b) Anak memajang balok atau menidurkannya di lantai, karena anak masih belajar karakter balok. Bagaimana meletakkan yang satu di atas lainnya untuk membuat menara.
c) Cara baru menyambung balok: memagar, jembatan, pola-pola dekoratif dan kejelian membanding. Awalnya anak akan senang memagar dengan teknik baru, membuat pagar merupakan suatu pengalaman yang menyenangkan, kemudian pagar dapat digunakan untuk permainan dramatik. Memagar mengarahkan anak-anak untuk mengenal bentuk-bentuk geometrik dan lapangan. Membuat jembatan dengan dua balok ditancapkan dalam posisi antara satu dan lainnya diberi jarak lalu jarak ini dihubungkan dengan satu balok lagi di bagian atasnya.
d) memberi nama bangunan, menggunakan dan mengembangkan bangunan, begitu mereka memiliki pengalaman, untuk umur 4 sampai 6 tahun, anak-anak mulai memberi nama bangunan yang mereka buat.

Pertanyaan 3
Jika kamu membuat mainan edukatif sendiri, metode pemasaran seperti apa yang paling sesuai untuk mainan edukatif buatanmu? Apa pertimbangannya?
Jawaban ;
Di era digital seperti ini, para orang tua kebanyakan sudah melek dengan teknologi.Maka dari itu, pemasaran secara online sangat berpengaruh dengan tingkat penjualan. Tak hanya itu, para orang tua muda atau yang baru saja memiliki anak juga menjadi pasar yang menguntungkan. Pemasaran secara online bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media maupun marketplace yang kini telah tersedia.

Meskipun memasarkan secara online, namun kita juga harus membuat toko offline. Hal tersebut dilakukan untuk tetap menjaga konsumen yang ingin memilih atau bertemu langsung dengan penjual. Tak ketinggalan, melakukan iklan dan endorse di akun sosial media parenting atau bertema anak juga penting dilakukan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter