Widget HTML Atas

Jawaban Ayo Kita Diskusikan Mengapa zat sisa dalam tubuh perlu untuk dikeluarkan

Jawaban Ayo Kita Diskusikan Mengapa zat sisa dalam tubuh perlu untuk dikeluarkan ~ kkaktrichannel.info berikut ini adalah kunci jawaban dari pembahasan soal Ayo Kita Diskusikan IPA kelas 8 yang ada di Bab 9 Sistem Ekskresi Manusia di buku paket IPA kurtilas ( kurikulum 2013 ) halaman 80. berikut ini secara lengkap soal dan jawaban atau pembahasanya.
Mengapa zat sisa dalam tubuh perlu untuk dikeluarkan

Soal dan Jawaban Ayo Kita Diskusikan IPA Kelas 8

1. Apakah tubuh kita mengeluarkan zat sisa? Coba identifikasilah zat sisa yang dikeluarkan oleh tubuhmu!
Jawaban :
Iya, tubuh Kita mengeluarkan zat sisa berupa keringat, urine, empedu (berupa pewarna urine dan feses), gas CO2 (karbon dioksida) dan H2O (air).

2. Mengapa zat sisa yang ada di dalam tubuhmu harus dikeluarkan?
Jawaban : 
Zat-zat sisa metabolisme tersebut harus dikeluarkan tubuh kita karena jika tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh dan merusak fungsi atau kerja organ tubuh lainnya.

3. Bagaimana dampaknya jika zat sisa dalam tubuhmu tidak dikeluarkan?
Jawaban : 
Jika zat sisa tidak dikeluarkan, tubuh kita menjadi tidak sehat atau terjadi gangguan pada tubuh, selain itu juga akan memicu timbulnya penyakit dalam tubuh.

Ringkasan Materi Sistem Ekskresi Manusia

Tubuh manusia juga menghasilkan berbagai zat sisa yang sudah tidak diperlukan tubuh seperti urine, keringat, gas karbondioksida, uap air, urea, asam urat, dan bilirubin. Berbagai zat tersebut perlu dikeluarkan karena apabila menumpuk dalam tubuh akan menimbulkan penyakit, bahkan dapat menyebabkan kematian. Misalnya saja zat sisa urine, apabila kita sering menahan pengeluaran urine (menahan kencing) akan memicu terkena penyakit batu ginjal.
Agar tubuh sehat dan seimbang harus ada pengaturan zat-zat yang diperlukan tubuh serta pengaturan pengeluaran zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh.
Tuhan telah melengkapi manusia dengan sistem pengeluaran zat sisa tersebut. Organ yang terlibat dalam proses pengeluaran zat sisa dalam tubuh manusia antara lain adalah :
1.   Ginjal
2.   Kulit
3.   Paru-paru
4.   Hati
Proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh disebut ekskresi. Ekskresi diperlukan tubuh agar zat sisa tersebut tidak meracuni tubuh karena dapat merusak berbagai organ dalam tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

Seluruh sel penyusun tubuh melakukan proses respirasi seluler untuk mendapatkan energi dalam rangka melangsungkan kehidupannya. Proses respirasi seluler tersebut menghasilkan zat sisa berupa air dan karbon dioksida. Di dalam hati protein yang telah usang dipecah dan dihasilkan urea, asam nukleat dipecah dan dihasilkan asam urat, serta hemoglobin yang telah usang dipecah sehingga dihasilkan bilirubin. Urea, asam urat, bilirubin, dan air dapat dikeluarkan melalui ginjal dalam bentuk urine. Selain dikeluarkan melalui ginjal, air dapat dikeluarkan melalui kulit dalam bentuk keringat. Karbon dioksida dikeluarkan melalui paru-paru dalam bentuk udara pernapasan.

Berlangganan via Email