Widget HTML Atas

Secara Bahasa Muallaq Artinya

Secara Bahasa Muallaq Artinya~ Assalamualaikum wr wb. Selamat berjumpa kembali bersama kkaktri saya akan membahas mengenai peljaran PAI yang berkaitan dengan kata Muallaq dan Takdir. yang meliputi tankdir Muallaq dan Takdir Mubrom. dan juga berkaitan dengan Qada dan Qadar Allah. 
secara bahasa muallaq artinya ? 
a.sesuatu yang digantunglan 
b.sesuatu yang dinyatakan 
c.sesuatu yang pasti
d. sesuatu yang di minta
Secara bahasa, Muallaq artinya A. Sesuatu yang digantungkan.

Pembahasan
Menurut bahasa Qadar adalah kepastian, peraturan dan ukuran. Menurut istilah Qadar adalah suatu ketetapan (qada) terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk-Nya yang telah tertulis sejak zaman Azali dan pastinya sesuai dengan iradah-Nya. Qadar disebut juga sebagai takdir allah atas semua makhluknya.

Qadar terbagi menjadi 2 yakni Takdir Muallaq dan takdir Mubram :
Takdir Mubram (Takdir Allah swt. Yang mesti terjadi dan tidak bisa diubah). Contoh nya :
A. Kematian setiap mahluk.
B. Kelahiran bayi berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.
C. Kejadian seseorang terlahir di dunia ini.

Takdir mubram tertulis dalam Quran surat An Nisa ayat 78
اَيْنَمَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ ۗ وَاِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۚ وَاِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَّقُوْلُوْا هٰذِهٖ مِنْ عِنْدِكَ ۗ قُلْ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ فَمَالِ هٰٓؤُلَاۤءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُوْنَ يَفْقَهُوْنَ حَدِيْثًا
Artinya: Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, "Ini dari sisi Allah," dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, "Ini dari engkau (Muham-mad)." Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah." Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?"

Takdir muallaq (Takdir Allah swt. Yang mungkin bisa diubah dengan jalan ikhtiar dan berdoa).  
Contohnya :  
a. Orang yang bodoh dapat pandai jika giat belajar dan berdoa kepada Allah swt.
b. Orang miskin yang berikhtiar dengan sungguh-sungguh disertai dengan doa dapat menjadi orang kaya.

Takdir muallaq tertulis dalam surat Ar Rad ayat 11
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Artinya: Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Demikianlah pembahasan dengan pertanyaan Secara Bahasa Muallaq Artinya, semoga bermanfaat